Kapan sih Sebaiknya Minum Susu untuk Ibu Hamil?

Reporter : Mila
Sabtu, 27 Agustus 2022 11:57
Kapan sih Sebaiknya Minum Susu untuk Ibu Hamil?
Susu hamil bisa memenuhi nutrisi Moms selama mengandung buah hati.

Komposisi nutrisi di susu hamil sudah disesuaikan dengan Angka Kecukupan Gizi (AKG) atau Recommended Dietary Allowances (RDA). Kandungan susu hamil sebenarnya hampir sama dengan susu sapi biasa. Tapi, susu hamil pasti mengandung asam folat yang berfungsi untuk mencegah tabung saraf pada janin.

Selain itu, susu hamil juga umumnya mengandung mikronutrien penting untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Salah satunya adalah kandungan zat besi untuk mencegah anemia dan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang.

1 dari 4 halaman

Waktu Minum Susu Hamil

Melansir HaiBunda, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Kedokteran Fetomaternal, dr. Febriansyah Darus, Sp.OG (K) mengatakan bahwa ibu hamil bsa minum susu sejak awal kehamilan. Jadi, tidak ada waktu khusus untuk mulai minum susu hamil.

" Kapan saja bisa mulai minum susu, kapan ibunya suka. Tidak ada aturan harus minum susu di trimester berapa pun. Tapi, pada prinsipnya enggak usah dipaksa harus minum susu," kata dr. Febriansyah.

2 dari 4 halaman

Susu untuk Program Hamil

Sementara, menurut Kepala Departemen obstetri dan ginekologi RSUPN Cipto Mangunkusumo, Dr. dr. Suskhan Djusad, Sp.OG (K), ibu hamil sudah bisa mengonsumsi susu hamil saat program hamil.

" Sebelum hamil, ibu sudah bisa minum susu hamil untuk perencanaan kehamilan karena susu hamil pasti mengandung asam folat untuk mencegah defek pada bayi," ujar dr. Suskhan.

3 dari 4 halaman

Moms boleh-boleh saja minum susu hamil tanpa konsultasi dulu ke dokter. Tapi, wajib paham dulu ya ajuran dan kandungan dalam susu hamil, serta manfaatnya untuk janin.

" Enggak konsultasi juga sebenarnya tidak apa-apa, asalkan ibu sudah tahu ilmunya (kandungan nutrisi di susu hamil), yang penting juga sesuai anjuran," lanjut dr. Suskhan.

Beri Komentar