Jangan Bingung Moms, Ini Tips Menyusui Bayi Kembar

Reporter : Mila
Rabu, 24 Agustus 2022 10:57
Jangan Bingung Moms, Ini Tips Menyusui Bayi Kembar
Menyusui anak kembar pastinya lebih menantang ya.

Punya bayi kembar menjadi anugerah tersendiri. Walaupun terlihat menggemaskan, Moms yang punya bayi kembar harus memberikan ekstra perhatian dan usaha. Semua hal pasti terasa lebih 'menantang' ya, mulai dari mengandung hingga menyusui.

Bicara soal menyusui, Moms harus punya strategi yang tepat demi memenuhi kebutuhan nutrisi si kembar. Faktanya, memberi ASI pada si kembar adalah hal terpenting untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Berikut tips memberikan ASI untuk bayi kembar!

1 dari 4 halaman

Jangan Khawatir

Penelitian Emmet dan Rogers menunjukkan bahwa Moms tidak perlu khawatir dengan jumlah ASI yang dihasilkan, khususnya untuk bayi kembar. ASI yang dihasilkan Moms akan menyesuaikan dengan jumlah anak yang dikaruniakan kepadanya.

2 dari 4 halaman

Menyusui Secara Simultan

Metode menyusui simultan artinya membiarkan bayi kembar menyusu dengan kedua payudara secara bergantian. Jadi, tidak ada sebutan payudara favorit sehingga si kembar hanya menyusu dari satu payudara itu secara terus-menerus.

Hal ini dilakukan untuk menghemat waktu serta membuat isapan bayi jadi lebih kuat. Kondisi tersebut bisa merangsang refleks aliran ASI untuk kembarannya yang punya daya isap lebih lemah.

3 dari 4 halaman

Menyusui Bayi Kembar © Diadona

Moms bisa mempraktekkan 3 posisi simultan saat menyusui si kembar:

1. Double Football

Bayi dipegang seperti cara memegang bola di sisi kanan dan kiri tubuh Moms. Tangan menopang kepala bayi dengan badan bayi berbaring di bawah tangan. Banyak Moms menggunakan cara ini sampai mereka benar-benar berpengalaman.

2. Double Cradle

Bayi dipegang seperti menyusui bayi tunggal, di mana kedua badan bayi menyilang di atas perut. Posisi ini biasa digunakan Moms yang sudah berpengalaman dan bayi bisa mengontrol kepalanya dengan baik.

3. Kombinasi football dan cradle (posisi sejajar)

Bayi pertama dipegang dengan cara football, sedangkan bayi satunya lagi dipegang dengan posisi cradle. Posisi ini biasa digunakan Moms yang punya bayi triplet atau lebih, sehingga bayi terbiasa dan mendapat asupan ASI yang cukup. 

Beri Komentar