Dropbox Sampah Kemasan Hadir di Kota Solo, Dukung Masyarakat Untuk Memilah dan Mendaur Ulang Sampah Kemasan

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Jumat, 25 Februari 2022 17:06
Dropbox Sampah Kemasan Hadir di Kota Solo,  Dukung Masyarakat Untuk Memilah dan Mendaur Ulang Sampah Kemasan
Aksi Kolaborasi Super Indo, Nutrifood, Tetra Pak, dan Green Movement Indonesia ini turut didukung oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Surakarta dan Bank Sampah Bina Usaha Mandiri

Jakarta, 25 Februari 2022Dalam rangka memperingatiHari Peduli Sampah Nasional 2022 yang jatuh pada tanggal 21 Februari, Super Indo, Nutrifood, Tetra Pak, dan Komunitas Lingkungan Green Movement Indonesia berkolaborasi meluncurkan ‘Dropbox Sampah Kemasan’ di sejumlah gerai Super Indo di Kota Solo. Didukung oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Solo, aksi kolaborasi ini bertujuan untuk mengajak konsumen dan masyarakat Solo agar lebih sadar dan ikut berkontribusi dalam pengurangan sampah ke TPA, khususnya sampah kemasan di kota Solo melalui pemilahan dan daur ulang sampah kemasan. Program ini juga merupakan bagian dari tanggung jawab perusahaan untuk menarik kembali sampah kemasan yang dihasilkan.

Dropbox Sampah Solo

1 dari 4 halaman

Angelique Dewi, Head of Corporate Communication Nutrifood mengungkapkan ide lahirnya program Dropbox Sampah Kemasan ini berawal dari kepedulian bersama mengenai permasalahan sampah kemasan di Indonesia, Angelique mengatakan, “ Sebagai produsen makanan minuman kesehatan, Nutrifood memiliki komitmen untuk mengelola limbah sampah kemasan kami di seluruh Indonesia secara bertanggung jawab dan ramah lingkungan, salah satunya melalui Dropbox Sampah Kemasan ini. Setelah sukses diluncurkan di Jabodetabek pada 2020 lalu, Solo menjadi kota kedua sebagai tempat diluncurkannya Dropbox Sampah Kemasan. Kami sangat senang memperoleh dukungan dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Surakarta dan Bank Sampah Bina Usaha Mandiri. Kami berharap kolaborasi ini bisa ikut membantu kota Solo untuk menaikkan tingkat daur ulang sampah kemasan sekaligus mendukung UMKM daur ulang sampah di kota Solo.”

Dukungan yang sama juga diutarakan oleh Arya Kusumo, Head of Sustainability Super Indo. Arya mengatakan, “ Super Indo sebagai supermarket memiliki peranan penting karena berada di posisi strategis antara produsen dan konsumen, termasuk dalam hal penanganan sampah. Kami percaya bahwa sampah tidak boleh dilihat sebagai sumber pencemaran lingkungan yang harus dibuang begitu saja ke tempat pembuangan sampah, karena hal tersebut dapat menyebabkan masalah pencemaran lainnya. Sampah ini juga memberi kita kesempatan untuk mencari solusi dengan melibatkan masyarakat, dengan menciptakan inovasi terbaru dalam menangani sampah, dan yang tidak kalah pentingnya, melibatkan perubahan perilaku dan kesadaran masyarakat. Untuk itu, kami mendukung dan senang dapat berkolaborasi dengan Nutrifood, Tetra Pak dan komunitas lingkungan Green Movement Indonesia dalam peluncuran Dropbox Sampah Kemasan ini karena sejalan dengan fokus Super Indo untuk mewujudkan #ZeroToLandifll.”

2 dari 4 halaman

Dropbox Sampah Solo © Diadona

Reza Andreanto, Sustainability Manager Tetra Pak Indonesia juga menyatakan, “ Tetra Pak sebagai perusahaan global yang bergerak di bidang pemrosesan dan pengemasan makanan dan minuman, memiliki komitmen untuk berkontribusi terhadap lingkungan. Kami berambisi untuk menyediakan kemasan makanan dan minuman paling berkelanjutan, yang semata-mata terbuat dari bahan yang dapat diperbarui dan bersumber secara bertanggung jawab, serta dapat didaur ulang sepenuhnya. Dropbox Sampah Kemasan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan public private partnership bersama pemilik merek dan peritel dalam pengumpulan kemasan paska konsumsi secara terpilah dan mendaur ulang untuk menjadi produk bernilai tambah serta mendukung terwujudnya ekonomi sirkular di Indonesia.”

Sementara itu, Tasya Kamila, Founder Green Movement Indonesia, gerakan bagi anak muda Indonesia untuk lebih peduli isu lingkungan, mengatakan,“ Sampah merupakan salah satu masalah lingkungan utama di Indonesia yang perlu ditindaklanjuti secara serius oleh berbagai pihak, baik pemerintah, swasta, komunitas, maupun masyarakat umum. Hasil survey yang Green Movement Indonesia lakukan akhir 2021 menunjukkan bahwa dari 101 responden kami, 56,4% responden masih belum memulai memilah sampah. Untuk itu, dengan peluncuran Dropbox Sampah Kemasan di Jabodetabek dan kali ini di Kota Solo, kami ingin mengajak anak muda Indonesia untuk semakin sadar untuk mulai peduli dengan sampah yang mereka hasilkan sekaligus mengedukasi dan memfasilitasi masyarakat untuk menyalurkan sampah kemasan ini ke sentra-sentra daur ulang di dekat tempat tinggal mereka. Kami juga akan menjaring relawan muda untuk turut serta dalam menyukseskan sosialisasi Dropbox Sampah Kemasan ini.” 

3 dari 4 halaman

Siti Aminah selaku pendiri dari Bank Sampah Bina Usaha Mandiri Solo menyakatan pentingnya peran bank sampah dalam membangun kepedulian masyarakat agar lebih ‘bersahabat’ dengan sampah, termasuk sampah kemasan. Ia mengatakan, “ Bank Sampah yang juga didukung sentra-sentra daur ulang hadir sebagai mitra masyarakat dalam mengelola sampah, khususnya sampah kemasan menjadi barang-barang yang bernilai guna secara ekonomi serta mengurangi jumlah sampah yang disalurkan di TPA. Pemilahan dari rumah dan penyaluran yang tepat sangat diperlukan agar memastikan sampah yang kami terima dalam kondisi yang baik dan dapat didaur ulang. Di sisi sosial, bank sampah juga berperan dalam pemberdayaan masyarakat dan komunitas dengan memberikan peluang ekonomi melalui aktivitas daur ulang yang kami lakukan. Kami sangat senang dapat terlibat dalam program peluncuran Dropbox Sampah Kemasan di Solo ini dan turut serta mengolah sampah kemasan terutama sachet yang sebelumnya dianggap menjadi residu, dan kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menyalurkan sampah kemasan mereka di gerai-gerai yang ada.”

Kolaborasi program Dropbox Sampah Kemasan ini juga turut mendukung pencapaian target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs), khususnya pada pilar lingkungan yang tertuang pada target 12 (responsible consumption and production), target 13 (climate action), target 14 (life below water), dan target 15 (life on land).

4 dari 4 halaman

Angelique dari Nutrifood menambahkan, “ Dengan hadirnya program Dropbox Sampah Kemasan ini, diharapkan dapat menginspirasi makin banyak pihak untuk melahirkan berbagai inisiatif pengelolaan sampah secara lebih bertanggung jawab, tidak hanya di Jabodetabek dan Solo, namun juga di berbagai wilayah di Indonesia. Kami juga mengajak berbagai mitra industri dan komunitas lainnya untuk turut bergabung dalam kolaborasi Dropbox Sampah Kemasan ini.”

Beri Komentar