Hamil tapi Perut Bawah Terasa Lembek? Ternyata Ini Alasannya Moms!

Reporter : Mila I
Kamis, 25 Agustus 2022 10:57
Hamil tapi Perut Bawah Terasa Lembek? Ternyata Ini Alasannya Moms!
Jangan langsung panik ya, Moms.

Setiap perempuan pasti mengalami hal yang berbeda-beda saat masa kehamilan. Bahkan, antara kehamilan pertama dan kedua saja kondisi yang dirasakan belum tentu sama.

Sebagian ibu hamil pasti pernah mengalami perutnya terasa keras. Tapi, tidak sedikit pula yang mengeluhkan perut bawah terasa lembek padahal tengah mengandung si calon buah hati. Meskipun terasa cukup aneh, ternyata kondisi hamil tapi perut bawah lembek itu cukup banyak dialami oleh Moms yang tengah mengandung.

Tapi kenapa ya? Simak penjelasannya di bawah ini ya!

1 dari 6 halaman

Hamil Muda dan Perut Lembek

Banyak yang mengatakan perut Moms akan terasa lebih mengencang saat hamil muda. Tidak heran itu membuat orang bertanya, " kok sedang hamil tapi perut bawah lembek?" .

Tidak perlu bingung dan khawatir ya. Tidak semua ibu hamil muda punya perut yang keras. Justru, di trimester awal harusnya belum ada perubahan fisik yang berarti di tubuh Moms.

Perut yang mengeras di trimester satu kehamilan biasanya terjadi karena gas di dalam perut menumpuk. Penumpukan gas tersebut dipicu oleh hormon kehamilan dan morning sickness yang cukup mengganggu.

2 dari 6 halaman

Hamil Besar dan Perut Lembek

Di trimester kedua, kondisi rahim Moms mulai membesar. Hal ini untuk 'menampung' janin beberapa bulan ke depan. Perubahan itulah yang akhirnya membuat perut Moms jadi terasa lebih besar dan mengencang. 

Meski begitu, Moms masih mungkin mengalami perut bagian bawah terasa lembek sekalipun sedang hamil besar. Melansir Mominformed.com, ini alasannya:

3 dari 6 halaman

Bentuk Tubuh Moms

Bentuk dan postur tubuh Moms sebelum hamil tentu berpengaruh pada bentuk perut semasa kehamilan. Biasanya, ibu hamil yang langsing dan tinggi akan cukup sering mengalami kondisi perut bawah lembek walau sedang hamil.

Pasalnya, postur tubuh ini memungkinkan rahim Moms untuk memanjang ke atas sehingga bisa memberi ruang yang cukup lega bagi si calon bayi berkembang.

4 dari 6 halaman

Posisi Janin

Semakin bertambahnya usia kehamilan, calon buah hati di dalam kandungan pasti akan semaking sering berpindah-pindah posisi. Saat perut bawah terasa lembek padahal sedang hamil, itu bisa terjadi karena bayi sedang berpindah posisi sehingga tonjolannya tidak terasa di bagian perut bawah mama melainkan di tempat lain.

Misalnya, janin sedang berada di posisi melintang dengan tangan dan kaki di bawah.

5 dari 6 halaman

Braxton-Hicks

Kalau Moms merasakan perut lembeknya menjelang persalinan, waspada itu bisa jadi pertanda braxton hicks atau kontraksi palsu. Hal ini bisa membuat perut bagian bawah terasa lembek, tapi tiba-tiba bisa langsung mengeras.

Tidak perlu khawatir kalau Moms mengalaminya. Meski kerap disalahartikan sebagai tanda ingin melahirkan, braxton hicks terjadi untuk membuat tubuh Moms bersiap saat kontraksi sesungguhnya akan tiba.

Beri Komentar