Tips Menabung ala Jang Hansol yang Cocok untuk Semua Kalangan, Pelajar dan Pekerja Semuanya Bisa!

Reporter : Firstyo M.D.
Rabu, 19 Agustus 2020 16:40
Tips Menabung ala Jang Hansol yang Cocok untuk Semua Kalangan, Pelajar dan Pekerja Semuanya Bisa!
Tips irit ala Korea Reomit.

Kalau kita tanya ke orang lain bagaimana tips untuk hidup hemat, kemungkinan besar cara yang mereka sarankan adalah dengan mulai menabung.

Sejak kecil kita juga sudah ditanamkan untuk menyimpang sebagian uang yang dimiliki. Namun seiring berjalannya waktu, kegiatan menabung ternyata nggak bisa dilakukan semudah dulu.

YouTuber Korea Reomit alias Jang Hansol baru-baru ini membagikan tips untuk mulai hidup irit. Poin pertamanya tentu saja menabung. Namun Hansol punya cara yang menarik sehingga bisa dipraktikkan semua kalangan, baik yang masih pelajar dan bergantung pada uang saku maupun pekerja yang sudah berpenghasilan sendiri.

Gimana sih caranya?

1 dari 5 halaman

Membalikkan pola

Pola menabung pada umumnya dilakukan dengan menggunakan terlebih dulu uang bulanan, entah dari uang saku atau penghasilan sendiri, baru kita akan simpan sisanya.

Namun, untuk lebih efektifnya, Hansol menyarankan kita untuk membalik pola tabungan tersebut, yakni dengan melakukan pemotongan dengan jumlah yang kamu sesuaikan untuk tabungan di awal, setelah itu baru gunakan sisa uang yang ada untuk kebutuhan sebulan ke depan.

2 dari 5 halaman

Membuka dua rekening tabungan

Salah satu cara yang akan membantumu dalam memisahkan mana uang untuk tabungan dan mana yang untuk kebutuhan bulanan adalah dengan membuat dua rekening tabungan.

Begitu kamu menerima uang bulanan, langsung transfer sejumlah uang ke rekening keduamu yang berfungsi sebagai tabungan. Sementara uang di rekening asal bisa kamu gunakan.

3 dari 5 halaman

Memakai sistem amplop

Untuk yang masih pelajar dan mungkin belum akrab dengan sistem tabungan di bank, kamu bisa mengganti sistem rekening dengan menggunakan amplop.

Caranya hampir sama dengan transfer ke rekening tabungan, hanya saja di sini kita ganti rekeningnya dengan amplop. Beri label untuk amplop tersebut untuk menandai bahwa itu adalah uang tabunganmu.

4 dari 5 halaman

Jangan nabung berlebihan

Menabung lebih banyak mungkin akan menghasilkan lebih banyak. Namun kamu juga perlu melihat lebih dulu berapa besar jumlah uang bulananmu?

Misal, kamu adalah pelajar dengan uang bulanan Rp 100 ribu, lalu kamu nekat memotong sebesar Rp 70 ribu untuk langsung ditabung dan menggunakan Rp 30 ribu sisanya untuk bertahan hidup sebulan. Hal ini tentu nggak realistis dan malah akan menyusahkanmu.

Hansol menyebut bahwa nggak masalah untuk menabung dengan nominal kecil lebih dulu karena yang penting adalah konsistensinya. Selain itu, menabung dengan nominal yang proporsional juga tidak akan memunculkan ilusi bahwa menabung adalah kegiatan yang menyiksa, namun sebaliknya, malah bermanfaat.

5 dari 5 halaman
Beri Komentar