Tips Memilih Sekolah yang Tepat untuk Buah Hati

Reporter : Riza Umami
Sabtu, 19 Juni 2021 08:17
Tips Memilih Sekolah yang Tepat untuk Buah Hati
Berikut caranya.

Memilih sekolah yang tepat untuk anak mungkin bisa bikin pusing juga ya Mom. Hal ini karena pastinya orang tua menginginkan sekolah yang terbaik untuk pendidikan anaknya sehingga tak mau sampai salah pilih.

Berbagai aspek perlu diperhatikan mulai dari cara pengajaran di sekolah tersebut, lingkungan sekolahnya, biaya pendidikan dan masih banyak lagi. Dilansir dari laman hellosehat.com, berikut ini tips dalam memilih sekolah yang tepat untuk buah hati.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Anak-AnakIlustrasi Anak-Anak © https://www.shutterstock.com/g/tomwang

Yang pertama, ibu perlu mengetahui bagaimana cara pengajaran di sekolah tersebut karena apa-apa yang akan dipelajari anak di sekolah ini akan turut andil dalam pembentukan dirinya hingga dewasa nanti. Pilihlah sekolah yang mempunyai guru-guru profesional dengan metode pembelajaran yang menyenangkan.

Yang kedua, pilihlah sekolah dengan lingkungan yang baik. Hal ini juga sangat penting untuk membuat buah hati merasa nyaman dan betah saat menimba ilmu di sekolah sehingga dia lebih mudah berkonsentrasi untuk memahami materi pembelajarannya.

2 dari 3 halaman

Yang ketiga yaitu mempertimbangkan biaya pendidikan di sekolah tersebut. Tentunya, Mom harus memilihkan sekolah dengan biaya yang memang sesuai kemampuan kita karena membesarkan anak dan menyekolahkannya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jangan memaksakan diri memasukkan anak di sekolah yang terlalu mahal bahkan sampai harus meminjam uang.

Ilustrasi Anak PerempuanIlustrasi Anak Perempuan © https://www.shutterstock.com/g/kenishirotie

Yang keempat yaitu memperhatikan apa saja fasilitas serta ekstrakulikuler yang ada di sekolah tersebut. Selain fokus pada akademik, biasanya anak juga bisa memilih ekstrakulikuler apa yang dia ingin lakukan sesuai dengan minat dan hobinya. Pastikan, di sekolah tersebut memang ada ekstrakulikuler yang mendukung minat anak tersebut misalnya sepak bola, menari, atau yang lain sebagainya.

3 dari 3 halaman

Yang kelima yaitu diskusikan dengan buah hati. Ibu tentunya juga perlu mendiskusikan dengan anak di mana dia ingin sekolah. Jangan melulu memaksakan kehendak kita kepada anak apalagi saat ia sudah bisa memilih dan mempertimbangkan mana sekolah yang ia inginkan. Dengan begini, anak pun akan merasa lebih dihargai oleh orang tuanya dan makin semangat masuk sekolah nanti.

Selain itu, Mom juga perlu mempertimbangkan di mana lokasi sekolah tersebut dan bagaimana anak nanti akan berangkat ke sana. Itulah beberapa tips dalam memilih sekolah untuk anak yang bisa dilakukan orang tua. Udah melakukan yang mana nih Mom?

Beri Komentar