Perkembangan Bayi di Minggu Pertama Setelah Lahir yang Perlu Diketahui

Reporter : Audila Rima Ndani
Sabtu, 19 Juni 2021 08:37
Perkembangan Bayi di Minggu Pertama Setelah Lahir yang Perlu Diketahui
Yuk, ketahui perkembangan bayi di minggu pertama.

Para ibu telah menantikan kelahiran bayi mereka selama kurang lebih sembilan bulan lamanya. Setelah melahirkan bayi, orang tua mendapat kewajiban baru untuk merawat dan membesarkan anak.

Menjadi orang tua merupakan sebuah proses yang membuat kita mau nggak mau harus terus belajar. Untuk itu, akan lebih baik jika kita sudah belajar banyak hal tentang bayi sebelum mereka hadir dalam kehidupan kita.

Bayi yang baru lahir menghabiskan minggu perama mereka untuk beradaptasi dengan lingkungan baru mereka. Dilansir dari Raising Children, ada beberapa hal yang terjadi pada bayi di minggu pertama setelah mereka lahir. Berikut informasi selengkapnya.

1 dari 3 halaman

Penampilan Bayi di Minggu Pertama

Ilustrasi BayiIlustrasi Bayi © raisingchildren.net.au

Penampilan bayi yang baru lahir akan berubah selama minggu pertama. Jika kepala bayi yang baru lahir sedikit berbentuk kerucut setelah melalui jalur lahir, maka seminggu kemudian kepala bayi akan terlihat lebih normal.

Setiap pembengkakan di sekitar wajah dan mata bayi akan hilang dalam beberapa hari. Kita juga harus waspada pada memar pada bayi yang bisa berisiko sebagai tanda penyakit kuning.

Penyakit kuning cukup sering terjadi pada bayi baru lahir. Jika kulit di wajah bayi terlihat kuning, segera beri tahu dokter agar bayi bisa mendapatkan perawatan.

Sementara tali pusar bayi secara bertahap akan mengering, menjadi hitam, dan kemudian lepas dalam 10 hari pertama. Usahakan agar tali pusat tetap bersih dan kering.

2 dari 3 halaman

Makan dan Tidur di Minggu Pertama

ilustrasi bayiilustrasi bayi © bellybelly.com.au

Bayi yang baru lahir akan tidur hampir sepanjang waktu. Mereka mungkin hanya bangun beberapa jam untuk menyusu.

Bayi baru lahir nggak bisa tidur sepanjang malam. Mereka punya perut yang kecil sehingga mereka harus sering bangun dan makan.

Kebanyakan bayi baru lahir menyusu setiap 2-4 jam dalam sehari. Terkadang menyusui bisa berlangsung hingga satu jam sebanyak 8-12 kali setiap 24 jam.

3 dari 3 halaman

Perkembangan di Minggu Pertama

ilustrasi bayi tidurilustrasi bayi tidur © Shutterstock.com

Bayi yang baru lahir belajar banyak saat mereka menghabiskan banyak waktu bersama kita setiap hari. Otak bayi tumbuh dan berkembang saat mereka melihat, mendengar, mencium, dan menyentuh dunia di sekitar mereka.

Bayi yang baru lahir akan menutup tangan mereka tanpa sadar dalam refleks pegang dan akan terkejut dengan suara keras yang tiba-tiba terdengar. Mereka cenderung memiliki gerakan tersentak tiba-tiba saat tidur.

Semoga informasi ini bisa menjawab rasa penasaran kamu ya!

Beri Komentar