Usia Berapa Bayi Sudah Bisa Dilatih Rutinitas Tidur?

Reporter : Audila Rima Ndani
Selasa, 22 Juni 2021 07:37
Usia Berapa Bayi Sudah Bisa Dilatih Rutinitas Tidur?
Yuk, ketahui usia yang aman untuk melatih bayi rutinitas tidur.

Bayi yang baru lahir menghabiskan banyak waktu mereka untuk tidur. Biasanya mereka akan bangun untuk makan dan terjaga sebentar hingga tidur lagi.

Menjadi orang tua yang baru memiliki bayi adalah sebuah tantangan baru dalam kehidupan kita. Banyak dari kita yang harus menyesuaikan kebiasaan tidur anak yang mungkin belum bisa diprediksi.

Untuk itu banyak yang mengatakan bahwa tahun pertama adalah tahun yang cukup menguras tenaga bagi para orang tua. Kita mungkin akan banyak kehilangan waktu istirahat karena masih berusaha terbiasa dengan anak.

Solusi dari waktu tidur yang berantakan adalah dengan mulai melatih rutinitas tidur pada bayi. Banyak dari kita yang mungkin penasaran, kira-kira usia berapa sih bayi sudah boleh dilatih rutinitas tidur?

Berikut informasi selengkapnya!

1 dari 3 halaman

ilustrasi bayi tidurilustrasi bayi tidur © Shutterstock.com

Dilansir dari Today's Parent, Elizabeth Murray, seorang dokter anak dan juru bicara American Academy of Pediatrics, mengungkapkan bahwa usia delapan minggu terlalu dini untuk melatih bayi dengan rutinitas tidur. Bayi masih membutuhkan kalori dari makan di malam hari dan secara perkembangan mereka belum bisa melakukan hal tersebut di usia itu.

Sebenarnya nggak ada aturan yang mutlak tentang hal ini. Tapi hampir semua penelitian menunjukkan bahwa pelatihan tidur biasanya dimulai saat bayi berusia enam bulan.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Bayi TidurIlustrasi Bayi Tidur © 2020 https://www.Pa&Ma.com

Ada bukti bagus yang menunjukkan bahwa bayi berusia enam bulan yang dilatih dengan sebuah rutinitas nggak menunjukkan masalah di kemudian hari secara kognitif ataupun emosional. Namun belum diketahui secara jelas dampak pelatihan tidur pada bayi di bawah usia enam bulan.

Hal ini juga menjadi masuk akal karena enam bulan merupakan usia di mana bayi sudah bisa menghabiskan malam tanpa makan. Namun mereka belum benar-benar belajar cara menunda tidur.

Selain itu, latihan tidur pada bayi berusia di bawah enam bulan juga besar kemungkinan mengalami kegagalan. Bayi yang lebih muda biasanya akan menangis tanpa henti saat kita berusaha melakukannya.

3 dari 3 halaman

ilustrasi bayi tidurilustrasi bayi tidur © Shutterstock.com

Meski begitu, bukan berarti orang tua yang berjuang di bulan-bulan awal nggak bisa mengatasi masalah tidur yang mereka hadapi. Kita bisa mengatasinya dengan beberapa cara berikut:

1. Pastikan bayi tumbuh dengan baik dan diskusikan dengan dokter tentang kondisi mereka.

2. Mulai berhenti membangunkan bayi untuk menyusu di malam hari.

3. Setelah tiga minggu pertama kita bisa mengalihkan kebiasaan tidur seperti mandi, minum susu, dan membaca buku ke malam hari.

4. Sekitar delapan minggu, kita bisa mencoba membuat bayi tetap terjaga alih-alih membuat mereka tidur dalam pelukan kita untuk membantu mengatur kebiasaan tidur yang baik.

5. Mengganti waktu tidur kita menjadi lebih awal agar sesuai dengan bayi.

Semoga informasi ini bisa membantu ya!

 

Beri Komentar