Tipe-Tipe Ayah yang Bisa Berikan Dampak Buruk ke Anak

Reporter : Riza Umami
Minggu, 20 Juni 2021 07:17
Tipe-Tipe Ayah yang Bisa Berikan Dampak Buruk ke Anak
Ayah yang seperti apa ya yang berdampak negatif ke anak?

Ayah tentu memegang peranan penting dalam kehidupan anak. Peran ayah ini memanglah penting untuk tumbuh kembang anak baik secara aspek kognitif maupun kesehatan mental. Tipe atau kepribadian ayah yang seperti apa bahkan juga ikut andil dalam pembentukan karakter anak hingga dewasa nanti.

Bukan hanya sekadar ada dan hadir dalam hidup anak, tetapi ayah pun punya perannya dalam mendidik serta membesarkan buah hati menjadi anak dengan kepribadian yang baik dsn terpuji. Lantas, apa saja tipe-tipe ayah yang bisa memberikan dampak buruk kepada anaknya?

1 dari 3 halaman

Dilansir dari aku Instagram @ibupedia_id berikut ini tipe-tipenya. Yang pertama yaitu ayah yang pasif. Tipikal ayah yang satu ini biasanya cenderung menghindari adanya konflik bahkan mungkin ia menghindari komunikasi dengan anaknya dan juga tak mau mendisiplinkan buah hati. Akibatnya, anak pun mungkin akan tumbuh jadi orang yang introvert dan suka melawan.

ilustrasi ayah dan anakilustrasi ayah dan anak © quotemaster.org

2 dari 3 halaman

Yang kedua yaitu tipe ayah yang kasar. Tipikal yang satu ini masih kerap dijumpai di masyarakat. Ayah yang bersikap kasar kepada anak dan juga istrinya seperti ini akan berpengaruh buruk pada kesehatan mental mereka bahkan mungkin menyebabkan trauma.

Yang ketiga adalah tipikal ayah yang kerap absen. Saking sibuknya bekerja, terkadang sejumlah ayah jadi tak punya waktu untuk anaknya. Hidupnya hanya akan disibukkan dengan bekerja sehingga hubungannya dengan sang anak pun jadi jauh. Anak pun jadi kekurangan kasih sayang dari ayahnya dan mungkin ia akan mencari pelampiasan ke tempat lain.

3 dari 3 halaman

Yang keempat yaitu tipe ayah otoriter. Masih banyak ayah yang suka memaksakan kehendaknya kepada anak, tak peduli si anak suka atau tidak dengan hal tersebut. Ayah yang terlalu mendikte seperti ini biasanya akan menyebabkan anaknya tertekan bahkan bukan tak mungkin ia sampai stres dengan berbagai tuntutan ayahnya tersebut.

Nah, itulah beberapa tipikal ayah yang bisa memberikan dampak negatif kepada anak. Jika suami Mom merupakan salah satunya, cobalah berikan pengertian dengan cara baik-baik agar perlahan dia mengubah kepribadiannya tersebut demi kebaikan buah hati.

Beri Komentar