Cara Menabung yang Benar dan Efektif di Bank, Bagi Para Pekerja Agar Tidak Boros

Reporter : Novi Hardita Larasati
Selasa, 4 Agustus 2020 11:48
Cara Menabung yang Benar dan Efektif di Bank, Bagi Para Pekerja Agar Tidak Boros
Inilah cara menabung yang benar dan efektif, meski gaji sedikit.

Setiiap orang pastinya memiliki cara menabung yang berbeda-beda, mulai menabung di celengan ayam hingga menabung di bank agar penyimpanannya lebih terjamin.

Namun, sayangnya tidak sedikit yang paham bagaimana cara menabung yang baik, sehingga ada saja pengeluaran yang harus dibayarkan setiap bulannya. Kalau terus-terusan begini, tentu saja gajimu tidak akan menghasilkan investasi yang baik.

Nah supaya kamu tidak terjebak dengan hal-hal seperti itu, berikut cara menabung yang efektif, yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Menabung

Cara Menabung © Diadona

Tak dipungkiri kalau saat ini masih saja banyak orang yang merasa kesulitan untuk membiasakan diri dengan menabung. Bahkan, banyak juga yang beranggapan kalau menabung memiliki beban tersendiri dalam melaksanakannya.

Padahal jangan jadikan menabung itu sebuah beban untukmu, tapi jadikan hal ini sebagai kebiasaan baik yang memiliki manfaat untuk kedepannya. Untuk itu, berikut cara menabung unik dan efektif yang bisa kamu ikuti.

1. The Power of 20.000

Cara menabung yang pertama ialah dengan menabungkan setiap uang Rp20.000. Meski nominalnya terlihat kecil, namun tips menabung yang dipopulerkan oleh seorang motivator bernama Ippho Santoso, ini dianggap sangat unik dan efektif.

Coba kamu bayangkan, dalam sehari kamu bisa mendapatkan uang Rp20.000 sebanyak 3 lembar, jadi dalam seminggu saja kamu sudah mengumpulkan uang sebanyak Rp420.000. Tanpa disadari dalam 30 hari kamu telah mengumpulkan uang sebesar Rp1.800.000, lho! Gimana? Terarik untuk mencoba?

2. Kumpulkan Uang Receh

Kamu pasti pernah mendengar pepatah yang mengatakan bahwa 'sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit'? Yaps, belajar dari pepatah tersebut kamu juga akan belajar tentang cara menabung dengan mengumpulkan uang receh.

3. Menabung Terbalik Tanggal

Ingat menabung bukanlah penyisihan uang sisa, tapi menyisihkan uang sebelum digunakan. Jadi, cobalah menabung dengan konsep terbaik tanggal.

Misalkan, dalam satu bulan ada 30 hari, sehingga setiap tanggal 1 kamu menabung sebesar Rp30.000, lalu pada tanggal 2 kamu menabung sebebesar Rp29.000, tanggal 3 menabung sebesar Rp28.000 dan seterusnya sampai akhir bulan tanggal 30, kamu hanya akan menabung uang Rp1.000 ke dalam celengan yang sudah di isi sebulan penuh.

Kalau dikumpulkan dalam 30 hari, kamu sudah bisa mengumpulkan uang sebesar Rp465.000, lho! Lumayan banyak kan?

2 dari 4 halaman

Cara Menabung Emas di Pegadaian

Cara Menabung © Diadona

Investasi merupakan hal yang paling penting kalau kamu ingin memiliki kemapanan finansial, apalagi investasi emas. Emas seringkali dinilai sebagai salah satu investasi yang paling menguntungkan selain saham, deposito, rumah, dan sebagainya.

Tapi, kalau menyimpan emas di rumah di rasa kurang aman, maka salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menyimpan emas ialah di Pegadaian. Nggak usah khawatir akan kesulitan saat mulai berinvestasi emas di Pegadaian, sebab caranya sangat mudah dan menguntungkan.

Untuk itu, berikut cara menabung emas di pegadaian yang bisa kamu pelajari.

1. Menitip

Cara menabung emas di Pegadaian salah satunya ialah dengan menitip. Dalam hal ini, Pegadaian membuka layanan jasa penitipan emas, sehingga kamu bisa menitipkan emas yang kamu miliki dengan aman, terjamin dan biaya yang murah.

Adapun biaya jasa penitipan emas di Pegadaian cukup terjangkau, yakni Rp20.000 per 100 gram tiap bulan. Jadi, kalau kamu menitipkan emas seberat 1 kilogram (kg) maka biaya tiap bulannya ialah Rp 200.000.

2. Mencicil

Selain dengan cara menitip, investasi emas di Pegadaian pun juga bisa dilakukan dengan cara mencicil. Tapi, sebelumnya kamu harus membayar uang muka (DP) yang besarnya antara 20-30 persen dari nilai emas.

Setelah itu kamu baru menentukan lamanya jangka waktu cicilan antara 1 bulan hingga 36 bulan, serta jumlah cicilan. Kalau sudah, kamu bisa menerima emas dalam waktu 1-2 minggu dari pelunasan. Selesai, gampang kan?

3 dari 4 halaman

Cara Menabung di Bank

Cara Menabung © Diadona

Dengan berkembangnya teknologi yang semakin modern, menabung di bank merupakan pilihan yang tepat untuk menyimpan uang yang aman dan praktis. Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara menabung di bank dengan benar. Sehingga, untuk bisa menabung di bank, berikut beberapa langkah yang perlu kamu perhatikan.

1. Tentukan Bank

Sebelum memutuskan untuk menabung, pastikan kamu memilih bank serta produk yang akan digunkan, sebab setiap bank memiliki peraturan dan penawaran yang berbeda. Jadi, pilihlah sesuai dengan kebutuhanmu.

2. Menyiapkan Dokumen

Salah satu cara menabung di bank yang tidak boleh terlewatkan ialah kamu harus menyiapkan beberapa dokumen pribadi, seprti KTP/SIM/Kartu Mahasiswa/Kartu Pelajar/Fotocopy NPWP atau Kartu Keluarga, untuk membuka rekening baru.

3. Menyiapkan Uang Tunai

Untuk membuka kartu ATM dalam rangka ingin menabung di Bank, maka kamu diharuskan membayar sejumlah uang sebagai setoran awal. Jumlah setoran awal tergantung jenis bank dan produknya, kisaran Rp20.000 sampai Rp100.000.

4. Isi Formulir di Teller

Kalau sudah memiliki kartu ATM sebagai salah satu syarat menabung di bank, kamu bisa langsung datang ke bank tersebut, kemudian akan ada Satpam yang membantummu untuk mengisi formulir setoran.

Isi dari formulir tersebut ialah mengenai penyetor, alamat, jumlah uang yang akan disetorkan, serta tanda tangan penyetor. Kalau sudah mengisi formulir, berikan langsung kepada Teller, dan berikan uang yang ingin ditabung.

4 dari 4 halaman

Cara Menabung yang Benar

Cara Menabung © Diadona

Dalam menjalani kebutuhan hidup yang nggak selalu pasti, sudah tentu menabung merupakan cara yang seharusnya dilakukan setiap orang. Sebab, dengan cara menabung kamu bisa mendapatkan sesuatu yang kamu inginkan.

Masalahnya hal ini seringkali menjadi masalah bagi seseorang yang bergaji kecil untuk menerapkan cara menabung yang benar dan efektif. Eits, jangan meremehkan kemampuan dan pemasukan kamu meskipun kecil, percayalah kalau kamu fokus dan memiliki niat bulat untuk menabung, hal itu tentu akan terealisasi.

Lalu, bagaimana cara menabung uang yang benar tanpa harus kehabisan tiap bulannya? Berikut tipsnya yang perlu dipahami bagi pekerja supaya tidak boros.

1. Buatlah Tujuan

Cara menabung yang benar sebagai pekerja ialah buatlah tujuan yang kamu impikan, sebab dengan adanya tujuan tersebut kamu akan semakin bersungguh-sungguh dan tetap fokus untuk mengejar impianmu.

2. Menabung di Awal

Bagi seorang pekerja, gajian merupakan hal yang paling menyenangkan. Tapi, saat kamu gajian sebagiknya pisahkan uang untuk ditabung sebelum digunakan untuk kebutuhan lainnya.

Sehingga menabung yang efektif buat para pekerja adalah mulailah mengumpulkan setidaknya sepuluh persen dari gaji, meski sedikit namun hal ini akan terhindar dari keinginan menggunakan uang untuk kebutuhan yang tidak penting.

3. Buat Anggaran

Kalau sudah menyisihkan uang tabungan, kamu juga perlu mencatat semua kebutuhan yang diperlukan per bulan selama satu tahun. Dengan begini, nantinya akan membantu kamu untuk memprioritaskan pengeluaran serta menjaga keseimbangan antara menabung dan pengeluaran.

4. Catat Pengeluaran

Cara menabung yang satu ini jangan sampai terlewatkan ya, sebab dengan mencatat detail pengeluaran kamu bisa evaluasi apa yang menyebabkan kamu semakin boros atau tidak.

Itulah cara menabung yang benar dan mudah di bank atau pengadilan buat kamu para pekerja agar tidak boros. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar