Mainan Tapi Serius, 5 Game Ini Bisa Jadi Media Belajar Ilmu Keuangan lho!

Reporter : Firstyo M.D.
Senin, 20 Juli 2020 18:40
Mainan Tapi Serius, 5 Game Ini Bisa Jadi Media Belajar Ilmu Keuangan lho!
Menumbuhkan minat belajar keuangan lewat jalur yang ringan dan menyenangkan.

Perencanaan keuangan belakangan menjadi concern dari banyak pihak. Kendati demikian, mendengar kata "keuangan" saja kadang membuat gentar karena terkesan sangat serius dan ribet.

Kalau kamu termasuk dalam golongan yang merasa keuangan adalah hal ribet, maka game-game berikut ini akan cocok untuk kamu mainkan. Nggak cuma dapat senangnya, kamu pasti akan jadi lebih tertarik untuk ngulik lebih dalam terkait keuangan. Nggak percaya?

Yuk langsung simak aja 7 judul game yang bisa menjadi sarana belajar masalah keuangan berikut.

1 dari 8 halaman

1. Monopoli

Permainan Monopoly © Diadona

Mulai dari berbentuk boardgame fisik sampai ada versi video game-nya, Monopoli sudah jadi mainan lintas generasi yang diminati banyak orang.

Permainan Monopoli mungkin adalah contoh paling realistis untuk mulai mempelajari masalah keuangan. Mulai dari strategi pembelian sampai investasi semuanya ada di dalam permainan ini.

2 dari 8 halaman

2. SimCity

SimCity © Diadona

Biasa jadi warga, gimana kalau kamu diberi kekuasaan besar untuk membangun sebuah kota?

Ide itulah yang menjadi premis dasar permainan SimCity. Kita dituntut untuk membuat sebuah kota dengan fasilitas dan tatanan yang seideal mungkin. Nggak bisa sembarangan membangun karena uang yang dimiliki terbatas. Strategi pembangunanmu pun juga akan memengaruhi pemasukanmu nantinya.

3 dari 8 halaman

3. Tycoon Series

Rollercoaster Tycoon © Diadona

Serial game simulasi Tycoon nggak cuma seru, tapi juga bisa melatihmu berstrategi. Hampir serupa dengan Sim City, serial game Tycoon juga menitik beratkan pada pembangunan sesuatu dari nol untuk meraup untuk sebesar mungkin.

Beberapa yang bisa kita bangun dalam permainan ini adalah kebun binatang, taman hiburan, serta sarana transportasi.

4 dari 8 halaman

4. The Sims

The Sims © Diadona

Satu game yang juga sudah tidak asing lagi di telinga kita. The Sims merupakan game simulasi di mana kita akan memainkan sosok karakter (sims) dan menjalankan kehidupannya.

Layaknya di kehidupan nyata karakter sims yang kita miliki juga harus bekerja dan membangun karir agar memiliki pemasukan yang nantinya bisa digunakan untuk membeli properti, berinvestasi, atau sekedar mengisi perabot di dalam rumah. Cukup dekat dengan kehidupan nyata bukan?

5 dari 8 halaman

5. Hay Day

Hay Day © Diadona

Ingin tau rasanya membangun bisnis perkebunan dan peternakan dari nol? Permainan Hay Day akan cocok untuk kamu mainkan.

Dalam permainan ini, kamu dituntut untuk dapat menjaga keseimbangan antara pendapatan dan pengeluaran yang bersumber dari hasil kebun dan petrnakan. Mulai dari memilih bibit tumbuhan, merawat hewan ternak, sampai memanen hasilnya juga akan kamu lakukan di sini.

6 dari 8 halaman

6. Football Manager

Football Manager © Diadona

Untuk kamu yang memiliki ketertarikan pada kehidupan manajer klub sepakbola beserta seluk-beluk keuangannya, Football Manager sangat layak untuk kamu coba.

Di sini kamu akan berperan layaknya seorang pelatih sekaligus manajer yang tak hanya mengatur strategi permainan, namun juga alur keluar masuknya uang. Pembelian dan penjualan pemain dengan menyesuaikan kondisi keuangan klub adalah hal yang akan jadi tantangan tersendiri untukmu yang awam dengan pengaturan keuangan dalam sepakbola.

7 dari 8 halaman

7. Harvest Moon

Harvest Moon © Diadona

Game klasik peninggalan PS 1 ini juga akan dapat membantumu belajar tentang keuangan. Layaknya game Hay Day, kamu juga akan hidup sebagai seorang pemilik kebun dan peternak yang tugasnya merawat serta memanen hasil kebun dan hasil ternak.

Kamu harus bisa mengembangkan kebun agar hasilnya maksimal, namun di sisi lain juga harus tetap mengatur keuangan yang dimiliki agar pengeluaran dan pemasukannya seimbang.

Beri Komentar