Cara Menghitung Persen Bunga dan Diskon di Kalkulator, yang Bermanfaat untuk Perencanaan Keuangan

Reporter : Novi Hardita Larasati
Jumat, 17 Juli 2020 10:47
Cara Menghitung Persen Bunga dan Diskon di Kalkulator, yang Bermanfaat untuk Perencanaan Keuangan
Mungkin sebagian orang belum tahu, bagaimana cara menghitung persen. Padahal bentuk persen telah dipelajari saat di sekolah dasar dalam bidang Ilmu Matematika.

Bagaimana cara menghitung persen atau persentase (%) dalam matematika? Sebelum masuk ke pembahasan ini, ada baiknya mengenal apa itu persen/ persentase.

Persen biasanya digunakan untuk menggambarkan suatu data dalam bentuk persentase. Persen sering dipakai pada saat mengitung persentase suku bunga, jumlah penduduk, diskon, dan lainya. Besarnya persentase dilambangkan dengan % .

Rumus cara menghitung persen ialah:

Presentase (%)= Jumlah bagian/Jumlah keseluruhan x 100%

Dengan menggunakan rumus diatas, maka cara menghitung persen dalam Matematika akan menjadi lebih mudah. Rumus tersebut bisa diganti bentuk pecahan, desimal, rasio ataupun bentuk lain yang mungkin diubah menjadi bentuk persen. Untuk bisa menghitungnya, kamu harus mengalikan pecahannya dengan angka 100.

1 dari 6 halaman

Adapun contoh cara menghitung persen ialah, ada 40 orang siswa satu kelas, 10 siswa diantaranya berkacamata, dan sisanya 30 siswa tidak berkacamata. Maka persentase siswa tak berkacamata ialah 30 dari 40 = (30/40) x 100% = 0,75 x 100% = 75%. Sedangkan persentase siswa berkacamata adalah 10 dari 40 = (10/40) x 100% = 0,25 x100% = 25%.

Nah, supaya kamu lebih paham tentang cara menghitung persen bunga ataupun diskon, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

2 dari 6 halaman

Cara Menghitung Persen Bunga

Cara Menghitung PersenCara Menghitung Persen © pexels.com/@breakingpic

Kalian pasti pernah berpikir untuk menghitung bunga kredit? Tapi sangat sedikit. Karena biasanya kamu akan menghitung cuma pada besaran kredit yang dicairkan, berapa persen bunga yang diberikan, serta berapa angsuran yang dibayarkan.

Padahal bunga kredit yang diberikan bank memiliki perhitungannya sendiri, bahkan berbeda-beda jenisnya. Hal ini berlaku pada kredit apa pun, kredit rumah dan kredit kendaraan bermotor.

Umumnya, cara menghitung persen bunga bank sebenarnya sama seperti menghitung jumlahnya bunga kredit kendaraan bermotor. Persentase sendiri maksudnya yaitu per seratus / dibagi 100.

3 dari 6 halaman

Contoh Soal:

Pak Budi menabung uangnya di sebuah Bank dengan jumlah Rp100.000.000,-. Setiap bulannya Pak Budi mendapatkan bunga sebesar 0,4% dari nilai tabungannya tersebut. Lalu pertanyaannya ialah berapakah nilai bunga yang diberikan oleh Bank kepada Pak Budi setiap bulannya?

Penyelesaian:

Nilai Bunga Bank = (Total tabungan) x persen bunga
Nilai Bunga Bank = (Rp100.000.000,-) x (0,4/100)
Nilai Bunga Bank = Rp100.000.000 x 0,004
Nilai Bunga Bank = Rp400.000,- per bulan

Jadi, nilai bunga yang diberikan Bank kepada Pak Budi ialah sebesar Rp400.000/bulan.

4 dari 6 halaman

Cara Menghitung Persen di Kalkulator

Cara Menghitung PersenCara Menghitung Persen © pexels.com/@karolina-grabowska

Dalam dunia matematika, sering kali  menggunakan alat bantu hitung, yaitu kalkulator. Namun bukan berarti semua orang memahaminya dengan baik, karena ada beberapa orang yang kesulitan melakukan perhitungan persen baik secara manual maupun menggunakan kalkulator.

Pada dasarnya cara menghitung persen di kalkulator tidak jauh beda denga yang perhitungan persen upada umumnya, namun yang membedakan hanyalah lambang pengoperasiannya dan tata letak tombolnya.

Selain itu, rumus yang digunakan pun juga sama, hanya saja kamu tidak perlu menghitungnya sendiri karena tinggal memasukkan nominal pada alat bantu hitung.

Contoh soal:

Seorang anak memiliki 100 butir kelereng, kemudian 20 kelereng tersebut ia berikan ke pada temannya. Lalu, bagaimana cara menghitung persen kelereng anak tersebut?

Jawab:

- Masukkan angka 20 lalu tekan tombol bagi ()
- Ketik angka 100
- Tekan tombol kali (x)
- Masukkan angka 100
- Lalu tekan tombol sama dengan (=)

Maka hasilnya ialah 20%.

5 dari 6 halaman

Cara Menghitung Persen Diskon

Cara Menghitung PersenCara Menghitung Persen © pexels.com/@kunitsky

Mendengar kata diskon, tentu para generasi milineal dan ibu rumah tangga langsung tidak bisa menahan hasratnya untuk berbelanja sebanyak-banyaknya. Apalagi, kalau diskonnya memasuki akhir bulan, tentu akan menjadi kesenangan tersendiri bagi yang suka berbelanja.

Meski sudah ada diskon, namun ada beberapa orang yang masih memperhitungkan pengeluarannya saat berbelanja. Sehingga mereka merasa bingung bagaimana menghitung persen diskon.

Cara menghitung harga persen diskon sebenarnya tidak begitu susah. Biar lebih jelas, pahami dahulu rumus-rumus berikut ini.

Harga diskon = harga awal x persentase diskon

6 dari 6 halaman

Setalah memahami rumus-rumus diskon, berikut contoh cara menghitung persen diskon agar kamu semakin paham dan jelas.

Rudi ingin membeli satu buah bunga dari kertas seharga Rp200.000, namun karena saat itu lagi bertepatan perayaan tahun baru. Jadinya, bunga itu memperoleh diskon sebesar 40%. Lalu, bagaimana cara menghitung persen diskon bunga yang akan dibeli oleh Rudi?

Diketahui :

Harga Awal = Rp200.000
Harga diskon = harga awal x persentase diskon
Harga diskon = Rp200.000 x 40%
Harga diskon = Rp200.000 x 40/100
Harga diskon = Rp80.000

Ditanyakan:
Harga akhir = … ?
Harga akhir = harga awal – harga diskon
Harga akhir = Rp200.000 – Rp80.000
Harga akhir = Rp120.000

Maka, total biaya yang harus dibayar Rudi agar bisa membeli bunga dari kertas itu ialah Rp120.000.

Itulah cara menghitung persen diskon dan bunga di kalkulator yang sangat mudah kamu praktikkan saat berada di pusat perbelanjaan. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar