Bukan Cuma untuk Ajang Sosialisasi, Arisan Ternyata Bisa Jadi Cara Nabung yang Efektif!

Reporter : Mila Ismiranda
Selasa, 14 Juli 2020 15:57
Bukan Cuma untuk Ajang Sosialisasi, Arisan Ternyata Bisa Jadi Cara Nabung yang Efektif!
Nabung kalau sambil arisan dijamin bakal menyenangkan!

Siapa sih yang gak tau arisan? Yap, arisan adalah ajang kumpul-kumpul rutin yang biasanya dilakukan oleh wanita atau ibu-ibu di Indonesia. Saking familiarnya warga Indonesia dengan arisan, mungkin secara gak langsung arisan udah jadi 'budaya' di negara kita.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, arisan punya arti pengumpulan uang atau barang yang nilainya sama oleh beberapa individu yang kemudian diundi secara berkala hingga semua anggota arisan memperolehnya.

Tahu gak sih, arisan ternyata bisa juga lho diandalkan untuk perencanaan finansial jangka pendekmu. Cocok banget nih untuk kamu yang baru belajar menabung.

Arisan Ternyata Bisa Jadi Cara Nabung yang Efektif

1 dari 4 halaman

Keuntungan Arisan

Arisan ada banyak jenisnya, mulai dari arisan uang, arisan barang, arisan emas, arisan haji, sampai arisan lebaran. Meskipun begitu secara umum arisan punya keuntungan yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Pinjaman Tanpa Bunga

Kalau kamu ikut arisan uang dan nama kamu keluar di periode awal arisan artinya kamu mendapatkan pinjaman tanpa bunga. Nantinya kamu akan rutin membayar dengan mencicilnya pada bulan-bulan berikutnya. Enak kan daripada harus minjam di bank?

2 dari 4 halaman

2. Latihan Nabung

Apa kamu orang yang sulit menabung? Coba deh ikut arisan. Melalui arisan, kamu diwajibkan menyisihkan sebagian uang setiap bulan. Uang itu bisa diambil kembali ketika kita menang kocakan arisan. Nabung sekarang jadi makin asik kan?

3 dari 4 halaman

3. Ajang Sosialisasi

Lewat arisan tentunya kamu akan bertemu dengan banyak orang. Bukannya tidak mungkin kamu bisa menjalin relasi baru dan mempererat tali silaturahim dengan para sahabat. Seru banget deh!

4 dari 4 halaman

4. Ajang Berbisnis

Gak cuma sekadar kumpul-kumpul saja, arisan juga bisa menghasilkan. Gak ada salahnya lho untuk memanfaatkan arisan sebagai sarana untuk memperkenalkan produk atau jasa yang kamu jual. Sambil menyelam minum air, lumayan kan~

Gimana tertarik untuk ikut arisan?

Beri Komentar