10 Model Ventilasi Rumah untuk Sirkulasi Udara Ruangan yang Segar dan Anti Sumpek

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 21 September 2023 18:14
10 Model Ventilasi Rumah untuk Sirkulasi Udara Ruangan yang Segar dan Anti Sumpek
Model ventilasi rumah, termasuk ventilasi alami atau ventilasi mekanis yang menggunakan kipas untuk mengatur aliran udara. Kamu bisa pilih model yang sesuai dengan kebutuhan dan desain rumah

Salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan saat merencanakan membangun sebuah rumah minimalis adalah model ventilasi rumah. Ini penting untuk menjaga kualitas udara dalam ruangan dan menjaga udara dalam ruangan tetap segar dengan oksigen yang cukup.  

Memilih model ventilasi rumah yang tepat dapat mempengaruhi kenyamanan, kualitas udara dalam ruangan, dan bahkan dapat menghemat energi. Selain itu dengan sirkulasi udara yang baik maka rumah akan terbebas dari jamur dan udara lembab. 

Selain memiliki fungsi yang cukup banyak, model ventilasi rumah dapat dijadikan sebagai dekorasi rumah yang keren lho!. Ada beberapa jenis ventilasi rumah, termasuk ventilasi alami atau ventilasi mekanis yang menggunakan kipas untuk mengatur aliran udara. Kamu bisa pilih model yang sesuai dengan kebutuhan dan desain rumah. 

Buat kamu yang ingin punya sirkulasi udara yang maksimal dengan tampilan yang keren, ada baiknya simak beberapa inspirasi model ventilasi rumah berikut ini!



1 dari 10 halaman

Model Ventilasi Alami pada Atap Rumah

Model Ventilasi Rumah © Diadona

Model ventilasi rumah tidak hanya menggunakan jendela dan pintu saja namun atap rumah juga bisa dijadikan ventilasi lho!. Ventilasi pada atap akan membantu sirkulasi rumahmu dengan cahaya matahari secara langsung. Dengan sirkulasi yang baik maka tidak perlu khawatir rumah kamu jadi lembab dan berjamur. 

 

Biasanya ventilasi atap dikombinasikan dengan kaca tempered glass sehingga sangat kuat dan awet. Lapisan kaca membuat kamu bisa melihat langit di siang hari yang indah dan mendapat cahaya yang terang. Ini membuatmu sekaligus bisa menghemat energi. 

 

 

2 dari 10 halaman

Model Ventilasi Alami dengan Jendela Rumah

Model Ventilasi Rumah © Diadona

Nggak hanya buat ngeliatin pemandangan cantik, tapi juga bikin sirkulasi udara di rumahmu jadi lancar. Model ventilasi dengan jendela kaca yang dapat terbuka dengan lebar membuat udara bisa masuk dan keluar dengan bebas. Rumah kamu akan tetap adem karena bisa ngerasain angin sejuk sepanjang hari. Dengan ventilasi alami lewat jendela, kamu nggak perlu terlalu sering pakai AC atau kipas angin, jadi lebih hemat kan! 

 

 

3 dari 10 halaman

Model Ventilasi Rumah Mekanis

Model Ventilasi Rumah © Diadona

Jangan salah! ventilasi mekanis jauh lebih canggih dari kipas angin biasa. Model ventilasi rumah ini dirancang untuk mengatur aliran udara dalam rumah. Jadi, kamu bisa mengatur seberapa banyak udara segar masuk dan keluar rumah. Ventilasi mekanis juga bisa jadi andalan saat musim panas terik tiba karena bisa ngeluarin panas berlebih dari rumah, bikin suasana jadi lebih adem. Ventilasi mekanis ini biasanya banyak dipakai di dalam kamar mandi untuk ngeluarin uap air dan bau yang nggak enak. Jadi, kamar mandi kamu bakal selalu fresh!

 

4 dari 10 halaman

Model Ventilasi Rumah dari Roster Beton

Model Ventilasi Rumah © Diadona

Model ventilasi rumah yang satu ini wajib banget kamu pertimbangin! Yap ventilasi dari roster beton. Selain dapat digunakan sebagai dekorasi rumah dengan tampilan modern, roster beton juga dapat dijadikan sebagai ventilasi udara. Celah-celah pada roster akan membiarkan cahaya dan udara segar masuk ke dalam jadi rumah kamu tidak pengap. 

 

Nggak usah khawatirin soal cuaca ekstrem, roster ini kuat dan tahan lama. Kalau kamu pengen tampilan ventilasi beda dari yang lain, roster beton bisa jadi pilihan yang kece. 

 

5 dari 10 halaman

Model Ventilasi Rumah Boven

Model Ventilasi Rumah © Diadona

Model ventilasi rumah gaya boven memiliki konsep yang simpel dan modern. Ventilasi boven memiliki desain jendela kecil dengan bingkai pada dinding bagian atas rumah atau biasanya ditempatkan di atas pintu. Ventilasi ini termasuk yang paling sering kita jumpai pada sebagian besar tipe rumah. Alasannya mungkin karena biaya yang dikeluarkan tidak terlalu mahal dan desainnya yang elegan namun sangat fungsional. Ventilasi udara model boven cocok digunakan pada semua ruangan dari kamar tidur hingga ruang keluarga. 

 

 

6 dari 10 halaman

Model Ventilasi Rumah dengan Jendela Kaca Nako

Model Ventilasi Rumah © Diadona

Kaca nako adalah salah satu model ventilasi rumah yang memiliki desain tradisional. Biasanya kamu akan melihat ventilasi udara ini di rumah-rumah kuno milik kakek atau nenek kamu. Meskipun desainnya tradisional, namun kaca nako dapat memberikan sirkulasi udara yang cukup untuk rumah kamu. Dengan model jendela yang transparan kamu bisa dengan jelas melihat pemandangan depan rumah yang indah. Selain itu, kamu bisa membuka atau menutup jendela kaca nako menyesuaikan dengan kondisi cuaca. 

 

7 dari 10 halaman

Model Ventilasi Atap Rumah dari Kayu Balok

Model Ventilasi Rumah © Diadona

Berbeda dengan ventilasi atap sebelumnya, model ventilasi rumah satu ini menggunakan balok kayu sebagai elemen utamanya. Selain sebagai ventilator udara, penggunaan kayu balok bisa bikin rumah kamu tampil kece dengan nuansa rustik. Ventilasi balok kayu biasanya digunakan pada ruangan sempit atau lorong yang tidak terlalu lebar. Ini bisa kamu sesuaikan dengan panjang balok kayu. 

 

Perlu diingat, kamu harus pilih kayu yang tahan terhadap cuaca ekstrem. Ada baiknya jika menambahkan coating pada lapisan kayu agar lebih tahan lama dalam jangka waktu panjang. 

 

 

8 dari 10 halaman

Model Ventilasi Taman Terbuka di Dalam Rumah

Model Ventilasi Rumah © Diadona

Taman di dalam rumah bisa jadi alternatif yang oke banget untuk sirkulasi udara. Model ventilasi rumah ini dapat membawa suasana alam yang bisa bikin rumah jadi lebih sejuk. Udara yang dihasilkan tanaman-tanaman ini tentunya memiliki kualitas tinggi membuat rumah selalu fresh. Ventilasi taman juga bisa jadi ruang terbuka yang menenangkan, kamu bisa duduk santai sambil ngobrol sama temen atau keluarga. Dengan manfaatin taman terbuka, cahaya bisa masuk dengan bebas. Jadi kamu tidak perlu menyalakan lampu saat siang hari. 

 

9 dari 10 halaman

Model Ventilasi Rumah dari Segala Sisi

Model Ventilasi Rumah © Diadona

Salah satu trik jitu agar rumah terlihat luas sekaligus sirkulasi udara yang bagus adalah dengan model ventilasi rumah dari segala arah. Ventilasi segala arah biasa disebut dengan ventilasi silang. Konsep dari ventilasi silang adalah menggunakan jendela besar yang diletakkan dengan strategis di berbagai sisi rumah untuk menciptakan aliran udara yang maksimal. Hasilnya bikin udara dalam rumahmu jadi seger. Selain fungsional, model ventilasi satu ini punya desain yang modern dengan tampilan terbuka ala rumah sehat.  

 

10 dari 10 halaman

Model Ventilasi Rumah Motif Jaring dari Bahan Besi

Model Ventilasi Rumah © Diadona

Model ventilasi rumah yang terakhir ada motif jaring dengan bahan besi. Ventilasi motif jaring ini punya gaya yang unik. Bahan besi yang digunakan membentuk motif jaring yang nggak cuma bikin rumah kamu adem tapi juga bikin tampilan rumah kamu makin kekinian. Selain motif jaring kamu bisa temuin berbagai jenis motif sesuai selera yang kamu pengen. Ditambah lagi saat ini sistem bukaan ventilasi ini bisa dibuka atau digeser sehingga lebih praktis dan efisien. 

Gimana nih Diazen, sudah puas dengan 10 rekomendasi model ventilasi rumah diatas? Nggak perlu khawatir soal udara segar lagi, karena sekarang kamu punya banyak opsi keren! Keep it fresh

 

Editor: Tiara Martha Asnadhinata

 

 

 

Beri Komentar