8 Model Rumah Kayu Modern, Bikin Suasana yang Menyenangkan dan Betah untuk Dihuni

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 15 Desember 2023 10:25
8 Model Rumah Kayu Modern, Bikin Suasana yang Menyenangkan dan Betah untuk Dihuni
Model rumah kayu modern memiliki tampilan cantik bernuansa alami yang bisa bikin tetangga jadi salah fokus.

Model rumah kayu modern tampaknya menjadi hunian yang populer akhir-akhir ini. Rumah yang menggunakan konstruksi utama berupa bahan kayu dinilai memiliki kesan eksotis dan memberikan suasana hangat saat berada di sekitarnya. Corak garis-garisnya yang alami juga menawarkan kemewahan tanpa harus menambahkan interior atau eksterior lainnya. 

Tak hanya sekadar cantik secara visual, pembangunan rumah kayu juga ramah di kantong. Rumah kayu ditawarkan dengan harga 30 persen lebih murah dibandingkan rumah yang terbuat dari bahan beton. Menerapkan rumah dari bahan kayu artinya turut berkontribusi dalam menghemat energi karena sifatnya yang ramah lingkungan. 

Penasaran dengan model rumah kayu modern? Yuk, simak berikut ini ya!

1 dari 8 halaman

Model Rumah Kayu Modern dengan Atap Datar

Model Rumah Kayu Modern © Diadona

Atap datar sebenarnya tidak memiliki permukaan yang vertikal, melainkan dirancang hingga kemiringan 10 derajat. Jenis atap ini sangat cocok untuk hunian di iklim subtropis dengan curah hujan yang rendah. 

Atap datar yang dipasang di rumah kayu menawarkan kesan rumah yang estetik. Karena memiliki konstruksi yang tidak rumit, hal ini tidak akan membuat penghuni rumah jadi kesusahan untuk menaiki atap saat ingin melakukan perbaikan.

2 dari 8 halaman

Model Rumah Kayu Modern Lahan Sempit

Model Rumah Kayu Modern © Diadona

Halaman rumah yang sempit bukan jadi penghalang untuk membangun rumah kayu yang cantik. Konsep rumah kayu dengan jenis container house sangat cocok untuk kamu yang ingin memiliki hunian dengan budget yang terbatas tanpa perlu memakan space yang terlalu banyak. 

Container house atau rumah kontainer memberikan tampilan rumah bertingkat dan hanya memerlukan waktu yang ringkas untuk pengerjaannya. Jenis rumah ini tidak dapat dibangun pada tanah yang memiliki permukaan bergelombang, sehingga perlu dibuat lebih tinggi dari tanah.

3 dari 8 halaman

Model Rumah Kayu Modern Warna Putih

Model Rumah Kayu Modern © Diadona

Tak selamanya kayu dapat ditampilkan sebagai warna cokelat. Nyatanya, kayu ada yang memiliki warna putih seperti pada jenis kayu sungkan. Selain diciptakan secara alami, kamu juga bisa menghasilkan tampilan hunian kayu putih dengan cara mengaplikasikan cat khusus kayu yang berwarna putih. 

Rumah kayu yang berwarna putih memberikan tampilan rumah jadi terlihat lebih indah dan menawan. Warna putih memiliki sifat warna terang mencolok yang nggak membosankan.

4 dari 8 halaman

Model Rumah Kayu Modern dengan Garasi

Model Rumah Kayu Modern © Diadona

Memiliki kendaraan di rumah artinya perlu menyisakan space kosong untuk memarkirkan kendaraanya. Peran garasi model tertutup sangat diperlukan untuk menjaga keamanan kendaraan sekaligus terhindar dari cuaca panas maupun hujan. 

jika kamu ingin memiliki rancangan rumah yang bertingkat, kamu bisa menyisakan space kosong untuk membangun garasi di bawahnya. Garasi ini memiliki model yang menyatu dengan rumah, sehingga memberikan kesan yang praktis.

5 dari 8 halaman

Model Rumah Kayu Modern Ala Vila

Model Rumah Kayu Modern © Diadona

Tak perlu lagi menghabiskan waktu dan energi demi staycation di luar rumah. Pasalnya, kamu bisa memilih desain rumah kayu sebagai investasi yang tepat untuk menciptakan suasana rumah layaknya sedang staycation. 

Rumah kayu dengan konsep open space, dalam artian tidak menggunakan sekat atau pembatas dinding dapat membuat ruang gerak jadi terasa luas. Konsep ini memudahkan jalan masuk dan keluarnya udara di dalam rumah, sehingga dapat menghasilkan efek sejuk untuk membuat penghuni rumah merasa betah.

6 dari 8 halaman

Model Rumah Kayu Modern Ala Jepang

Model Rumah Kayu Modern © Diadona

Rumah kayu ala Jepang menggambarkan hunian tradisional dari negeri sakura. Dengan menerapkan filosofi Zen, rumah ini cocok untuk kamu yang menyukai gaya minimalis untuk mendapatkan ketenangan dan kedamaian saat berada di dalam rumah. 

Beberapa karakteristik yang ditonjolkan pada rumah tradisional Jepang di antaranya dibangun dengan permukaan yang lebih tinggi dari tanah, sehingga menyisakan kolong di bawah rumah. Rumah ini juga menggunakan model pintu geser atau shoji yang juga bisa dijadikan sebagai pembatas dinding antar ruangan.

7 dari 8 halaman

Model Rumah Kayu Modern yang Estetik

Model Rumah Kayu Modern © Diadona

Kehadiran jendela jadi hal yang wajib untuk dipasang di setiap rumah. Tanpa jendela, seluruh aktivitas di dalam rumah akan terhambat dan membuat kondisi yang tidak nyaman untuk penghuni rumah. Tak hanya memuat nilai fungsional, jendela juga memiliki nilai estetika yang bisa meningkatkan kesan rumah menjadi indah.

Memasang jendela kaca berukuran besar di rumah kayu dapat membuat ilusi rumah jadi terlihat besar meskipun dibangun di lahan yang sempit. Jika digunakan sebagai partisi rumah, jendela juga akan menciptakan ruang terbuka yang bisa menghemat pemakaian energi listrik di rumah.

8 dari 8 halaman

Model Rumah Kayu Modern Atap Miring

Model Rumah Kayu Modern © Diadona

Rumah kayu dengan menggunakan atap model miring dapat menciptakan daya tarik visual. Tak hanya sekadar memiliki tampilan yang unik, atap miring juga sangat bermanfaat untuk melindungi isian rumah dengan efektif khususnya pada hunian yang ada di iklim tropis.

Atap ini memiliki kemampuan yang bisa mengontrol hawa panas dengan baik untuk  menciptakan suhu ruangan jadi terasa sejuk. Bentuknya yang miring juga memudahkan aliran hujan turun dengan sempurna, sehingga tak akan ada lagi kebocoran yang terjadi di atap. 

Itulah berbagai model rumah kayu modern yang punya tampilan nggak membosankan. Semoga bisa menginspirasi ya!

Penulis : Nabila Rofifah Ghassani

Beri Komentar