8 Lokasi Penempatan CCTV di Rumah yang Tepat dan Bikin Lebih Aman

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 15 Desember 2023 18:06
8 Lokasi Penempatan CCTV di Rumah yang Tepat dan Bikin Lebih Aman
Lokasi penempatan CCTV di rumah ini bikin proteksi lingkungan hunianmu makin ketat dan aman

Siapa yang tak ingin merasa aman dan tenang di rumah sendiri? Memasang CCTV bisa menjadi solusi jitu untuk meningkatkan keamanan rumah. Tapi dimana sih sebaiknya kita menentukan lokasi penempatan CCTV di rumah yang tepat? CCTV merupakan sistem pengawasan keamanan untuk memantau aktivitas di area tertentu. Saat ini CCTV jadi hal yang sangat penting dimiliki di rumah apalagi jika kamu tinggal di daerah perkotaan dengan tingkat kejahatan yang tinggi.

Nah, buat yang sering mikir, bisa ngga sih pasang CCTV sendiri di rumah? jawabannya tentu bisa! Pemasangan CCTV di rumah umumnya bisa dilakukan dengan mudah, terutama dengan adanya sistem CCTV yang sudah dirancang untuk instalasi mandiri. Tentunya kamu nggak perlu ngeluarin biaya mahal untuk pemasangan CCTV di rumah, banyak pilihan di pasaran yang ramah di kantong dan kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan dan budget. 

ada banyak jenis CCTV yang bisa kamu pilih, namun sebelum memilih pastikan beberapa hal ini yang nggak kalah penting. Pilih kamera CCTV dengan resolusi tinggi, pastikan CCTV dilengkapi dengan fitur inframerah, Wide Dynamic Range, tingkat proteksi tinggi dan penyimpanan yang cukup.

Jika kamu ingin mengontrol keamanan dari jarak jauh dari lokasi penempatan CCTV di rumah, maka pilih CCTV yang terhubung dengan perangkat perekam video DVR atau NVR. Tapi jangan lupa untuk pastikan handphone atau komputer kamu terhubung dengan internet ya!

Pemasangan CCTV sebaiknya berada di luar maupun dalam rumah agar keamanan terjaga dengan maksimal. Maka penting untuk melakukan perencanaan lokasi penempatan CCTV di rumah agar bisa terus memantau keadaan rumah dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

 

8 Lokasi Penempatan CCTV di Rumah Terbaik

 

Lokasi penempatan CCTV di rumah dapat bervariasi tergantung pada tujuan keamanan dan kebutuhan spesifik rumahmu. Berikut adalah beberapa lokasi yang umumnya dianggap baik untuk menempatkan CCTV:

 

1 dari 8 halaman

Pintu Depan

Lokasi Penempatan CCTV di Rumah © Diadona

Memilih lokasi penempatan CCTV di rumah pada pintu depan adalah keputusan strategis untuk meningkatkan keamanan. Kamera di lokasi ini memberikan pengawasan langsung terhadap setiap orang yang masuk atau keluar lewat pintu depan. Dengan pemasangan ini, kita dapat mengidentifikasi tamu atau mengawasi aktivitas mencurigakan sebelum membuka pintu.

Tipsnya, pasang kamera pada ketinggian yang tepat agar susah dirusak, pastikan cakupan area pada pintu masuk secara optimal. Selain itu, Diazen bisa menambah proteksi keamanan pada CCTV dengan memilih pelindung logam yang dapat mencegah orang merusaknya.

2 dari 8 halaman

Pintu Belakang

Lokasi Penempatan CCTV di Rumah © Diadona

Selain pintu depan, kamu juga wajib meletakkannya di pintu bagian belakang rumah yang juga sebagai akses masuk atau keluar orang. Lokasi penempatan CCTV di rumah pada pintu belakang tidak bisa disepelekan, pasalnya sering sebagian besar sering digunakan sebagai sasaran pencuri.

Oleh karena itu pastikan kamera terlindungi dari cuaca ekstrem yang berlebihan dan gunakan pelindung yang kuat. Selain itu pastikan juga pemasangan CCTV pada ketinggian yang sulit dijangkau dan gunaka fitur deteksi gerakan ataupun inframerah. 

 

3 dari 8 halaman

Garasi atau Area Parkir

Lokasi Penempatan CCTV di Rumah © Diadona

Lokasi penempatan CCTV di rumah selanjutnya adalah garasi atau tempat parkir untuk mengamankan kendaraan pribadi kamu. Kamera di area ini memberikan pengawasan yang efektif terhadap aktivitas di sekitar garasi, termasuk pintu masuk dan kendaraan yang terparkir.

Garasi kerap kali jadi tempat sasaran empuk pencuri karena biasanya pemilik rumah lengah tidak memperhatikan area tersebut. Untuk hasil optimal, pastikan cakupan kamera mencakup seluruh area yang relevan, dan pertimbangkan penggunaan teknologi inframerah agar rekaman tetap jelas, bahkan dalam kondisi cahaya rendah.

4 dari 8 halaman

Halaman Depan dan Belakang

Lokasi Penempatan CCTV di Rumah © Diadona

Lokasi penempatan CCTV di rumah pada halaman depan dan belakang merupakan strategi penting untuk meningkatkan keamanan dan pemantauan properti. Di halaman depan, kamera dapat ditempatkan untuk memantau keadaan sekitar rumah atau kendaraan yang mendekati rumah.

Sementara di halaman belakang, CCTV dapat memberikan pengawasan penuh terhadap area yang sering kali menjadi sasaran pencurian atau aktivitas yang tidak diinginkan. Kamera dapat dipasang untuk mengawasi pintu belakang, jendela, atau bahkan area penyimpanan yang mungkin menjadi target potensial. 

 

5 dari 8 halaman

Tangga dan Koridor

Lokasi Penempatan CCTV di Rumah © Diadona

Lokasi penempatan CCTV di rumah pada area tangga juga tidak kalah penting untuk dapat memberikan pemantauan efektif terhadap setiap pergerakan di dalam rumah, terutama jika punya anak kecil yang membutuhkan pengawasan ekstra. pastikan kamera ditempatkan pada sudut pandang yang tepat untuk mencakup seluruh tangga atau koridor.

Jika ditempatkan pada sudut yang tepat, maka kamu bisa mendapatkan rekaman ruang tamu, dapur, dan bahkan beberapa pintu masuk ruangan.

 

6 dari 8 halaman

Area Berharga

Lokasi Penempatan CCTV di Rumah © Diadona

Pemasangan CCTV di area berharga di rumah merupakan keputusan cerdas untuk melindungi barang berharga dan benda berharga lainnya. Lokasi penempatan CCTV di rumah ini seringkali menjadi sasaran utama pencuri. Tempatkan kamera CCTV dengan cermat untuk mencakup brankas, ruang penyimpanan, atau area dimana barang berharga seringkali disimpan.

Pastikan kamera memiliki kualitas resolusi tinggi agar dapat merekam detail dengan jelas. Pertimbangkan juga pilihan untuk menyimpan rekaman secara off-site atau di cloud untuk melindungi bukti dalam situasi darurat.

 

7 dari 8 halaman

Kandang Hewan Peliharaan

Lokasi Penempatan CCTV di Rumah © Diadona

Pertimbangkan juga lokasi penempatan CCTV di rumah salah satunya adalah area kandang hewan peliharaan sehingga dapat memberikan pemantauan terhadap aktivitas hewan peliharaan, memungkinkan pemilik untuk memantau kesehatan dan tingkah laku mereka. Selain itu, CCTV dapat menjadi alat efektif untuk mengidentifikasi potensi ancaman atau gangguan dari luar yang dapat mempengaruhi keamanan hewan peliharaan.

Gunakan teknologi audio untuk memantau suara hewan peliharaan, memungkinkan deteksi dini masalah kesehatan atau perilaku yang tidak biasa. Selain itu, pastikan kamera memiliki resolusi yang memadai untuk menangkap detail seperti gerakan atau interaksi antar-hewan. 

 

8 dari 8 halaman

Kamar Tidur Anak

Lokasi Penempatan CCTV di Rumah © Diadona

Ingin buah hati terhindar dari ancaman yang tidak diinginkan. Tenang kamu bisa memilih lokasi penempatan CCTV di rumah pada kamar tidur anak ataupun area bermain. Meletakkan CCTV di kamar tidur anak adalah upaya tepat untuk meningkatkan keamanan dan pemantauan terhadap anak-anak.

Kamera di sini bukan hanya sebagai alat pengawas, tetapi juga sebagai sarana untuk memastikan keamanan dan kenyamanan anak saat tidur atau beraktivitas di kamarnya. Dengan pemasangan yang bijak, orangtua dapat lebih mudah memantau anak-anak mereka dan memberikan respons cepat jika diperlukan.

Nah! Diazen sekarang udah tahu kan pentingnya menentukan lokasi penempatan CCTV di rumah? Dengan memilih lokasi yang tepat, kita bisa lebih tenang dalam menjaga keamanan dan memantau aktivitas di sekitar rumah. Ingat, pasang CCTV bisa memberikan perlindungan ekstra buat keluarga dan properti kita. Yuk, jaga keamanan rumah dengan cerdas!

 

Editor: Tiara Martha Asnadhinata

 

 

 

 

Beri Komentar