7 Tips Membersihkan Talang Air Hujan di Rumah untuk Jaga Hunian Agar Tetap Aman

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 19 Januari 2024 14:17
7 Tips Membersihkan Talang Air Hujan di Rumah untuk Jaga Hunian Agar Tetap Aman
Mengetahui tips membersihkan talang air hujan di rumah jadi informasi dasar yang harus diketahui oleh setiap penghuni rumah.

Tips membersihkan talang air hujan di rumah merupakan informasi yang kamu perlukan di musim hujan seperti ini. Tips ini menjadi sangat penting untuk menghindari terjadinya kebocoran atap akibat kondisi talang air hujan yang terlalu kotor dan dibiarkan begitu saja terutama saat musim hujan begini.

Pemilik rumah perlu senantiasa menjaga kebersihan rumah, termasuk salah satunya merawat kondisi talang air hujan. Banyak penghuni rumah yang menyepelekan kebersihan talang air hujan. Akibatnya, tidak jarang jika mereka pun harus menanggung kerugian yang cukup besar, termasuk tenaga, biaya dan waktu sekalipun. 

Yuk, langsung aja ikuti tips membersihkan talang air hujan di rumah yang mudah untuk dilakukan berikut ini.

1 dari 7 halaman

Cek Kondisi Pipa Sebelum Dibersihkan

Tips Membersihkan Talang Air Hujan di Rumah © Diadona

Tips membersihkan talang air hujan di rumah yang pertama yaitu selalu mengecek kondisi saluran pipa sebelum dibersihkan. Pasalnya, talang air hujan di setiap rumah memiliki kondisi permasalahan yang berbeda-beda. Ada yang tersumbat karena sampah, ada juga yang menjadi tempat untuk hidupnya hama di sekitarnya. 

Setelah mengecek, langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu segera membersihkan area talang air. Jangan lupa untuk gunakan sapu ijuk dan spons, supaya kamu bisa membersihkan kotoran dan hama dari yang ringan hingga membandel.

2 dari 7 halaman

Gunakan APD Sederhana

Tips Membersihkan Talang Air Hujan di Rumah © Diadona

Tips membersihkan talang air hujan di rumah yang kedua yaitu harus siap sedia dengan APD. Menggunakan APD sangat penting untuk melindungi diri kita dari hal-hal yang tidak diinginkan saat membersihkan talang air. Kita tidak akan pernah tau jika kita terkena benda tajam maupun tumpul di sekitar talang air secara tiba-tiba, kan? 

Karena keberadaan talang air hanya dipasang di rumah, maka cukup gunakan APD yang sederhana. Adapun APD sederhana ini terdiri dari sarung, kaca pelindung, hingga topi.

3 dari 7 halaman

Siapkan Selang

Tips Membersihkan Talang Air Hujan di Rumah © Diadona

Tips membersihkan talang air hujan di rumah yang ketiga yaitu kamu perlu mempersiapkan selang. Tujuan penggunaan selang tak lain dan tidak bukan yaitu untuk membersihkan sumbatan yang ada di dalam talang air hujan. Selain selang, siapkan juga ember yang telah diisi oleh air untuk membantu menghilangkan dan membilas sumbatan secara maksimal. 

Sebaiknya, selang yang digunakan nantinya harus disesuaikan dengan panjang dan diameter dari talang air hujan yang dipasang di rumah. Jenis selang yang biasa dipilih untuk membersihkan talang air hujan adalah selang tanaman biasa.

4 dari 7 halaman

Periksa Kebocoran Terlebih Dahulu

Tips Membersihkan Talang Air Hujan di Rumah © Diadona

Tips membersihkan talang air hujan di rumah yang keempat yaitu jangan lupa untuk selalu mengecek tanda-tanda kebocoran. Musim hujan mengakibatkan talang air hujan jadi sangat rawan mengalami kebocoran, apalagi jika disertai dengan hujan yang deras. Kondisi talang air hujan yang bocor dapat memengaruhi terjadinya genangan air atau banjir di sekitar rumah. 

Jika menemukan kondisi talang air hujan yang rusak, sebaiknya pertimbangkan untuk dilakukan perbaikan terlebih dahulu. Namun, jika dirasa kurang yakin, maka segera gantilah dengan menggunakan talang air hujan yang baru.

5 dari 7 halaman

Hindari Talang Air Hujan yang Berkarat

Tips Membersihkan Talang Air Hujan di Rumah © Diadona

Tips membersihkan talang air hujan di rumah minimalis yang kelima yaitu untuk selalu membersihkan talang air dari kondisi yang berkarat. Pasalnya, kondisi ini sangat berbahaya jika tidak segera diatasi secara dini karena bisa memengaruhi material atap jadi mudah rapuh. 

Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, beberapa cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menggunakan atap yang berjenis bahan non logam. Atau jika tidak ingin mengeluarkan budget yang terlalu banyak, kamu juga bisa mengamplas dan menggosokkan area talang hujan yang berkarat supaya terasa bersih kembali.

6 dari 7 halaman

Ganti Pipa yang Longgar

Tips Membersihkan Talang Air Hujan di Rumah © Diadona

Tips membersihkan talang air hujan di rumah selanjutnya yaitu segera mengganti pipa yang dirasa longgar. Talang air hujan yang rentan terkena air hujan, khususnya saat musim hujan, akan mengakibatkan pipa di dalamnya menjadi lebih longgar sehingga merusak alat sambung seperti baut-bautnya. 

Oleh karenanya, kamu bisa menggunakan alat pengencang talang longgar berupa paku talang dan obeng. Paku talang bisa mengaitkan kembali area pipa yang sudah mulai longgar dengan menggunakan obeng untuk mengencangkannya.

7 dari 7 halaman

Beri Perlindungan Tambahan

Tips Membersihkan Talang Air Hujan di Rumah © Diadona

Tips membersihkan talang air hujan di rumah yang terakhir yaitu dengan memberikan perlindungan tambahan di sekitarnya. Maksudnya, kamu bisa menggunakan lempengan atau karpet khusus talang air hujan untuk menghindari terjadinya rembesan air saat bocor. 

Untuk lempengan sendiri, bisa dipasangkan di bagian ujung talang air hujan. Sementara karpet khusus air talang dipasangkan di sepanjang sisi talang air hujan dengan menggunakan paku dan lem untuk perekatnya. 

Itulah beberapa  tips membersihkan talang air hujan di rumah yang bisa kamu lakukan terutama di musim hujan seperti sekarang. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya!

Penulis : Nabila Rofifah Ghassani

Beri Komentar