Intip 7 Cara Mengurangi Tagihan Listrik yang Perlu Diketahui supaya Pengeluaran Tidak Membengkak

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 19 Januari 2024 09:57
Intip 7 Cara Mengurangi Tagihan Listrik yang Perlu Diketahui supaya Pengeluaran Tidak Membengkak
Pengeluaran rumah nggak akan lagi boncos bila menerapkan cara mengurangi tagihan listrik berikut ini.

Mengetahui cara mengurangi tagihan listrik bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk menghemat pengeluaran. Pasalnya, pemanfaatan listrik yang tidak dilakukan secara efektif dapat memengaruhi tagihan listrik sehingga jadi membengkak jika tidak cepat disadari oleh pemilik rumah.

Tidak bisa dipungkiri bahwa kehidupan saat ini memang tak bisa lepas dari listrik sebagai sumber kehidupan. Listrik sangat berperan penting untuk melangsungkan seluruh aktivitas rumah tangga. Akan tetapi, penghuni rumah juga perlu memiliki sikap yang bijaksana untuk mengatur konsumsi listrik supaya tidak mengganggu keuangan rumah tangga. 

Dilansir dari beberapa sumber, ini dia beberapa cara mengurangi tagihan listrik yang bisa kamu ikuti.

1 dari 7 halaman

Matikan Perangkat Elektronik Usai Digunakan

Cara Mengurangi Tagihan Listrik © Diadona

Cara mengurangi tagihan listrik pertama adalah segera mematikan atau mencabut kabel perangkat elektronik jika sudah tidak lagi digunakan. Mematikan perangkat elektronik tanpa dicabut kabelnya juga akan berpotensi meningkatnya tagihan listrik yang tidak efisien. 

Meski kedengarannya sepele, kebiasaan ini sering kali dilakukan oleh banyak penghuni rumah. Oleh karenanya, mulailah membiasakan diri sendiri dengan keluarga untuk selalu mematikan atau mencabut kabel perangkat elektronik usai digunakan.

2 dari 7 halaman

Pakai Lampu LED

Cara Mengurangi Tagihan Listrik © Diadona

Menggunakan lampu LED di rumah dinilai cukup ampuh sebagai cara mengurangi tagihan listrik. Hal ini disebabkan karena lampu LED dapat menghemat watt listrik hingga 60 sampai 70 persen. Sebagai perbandingan, lampu LED dengan 3 watt setara dengan lampu pijar 40 watt. 

Meski terbilang mahal, kualitas yang ditawarkan oleh lampu LED mampu menghemat biaya pengeluaran listrik. Lampu LED bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang dengan masa pemakaian 10.000 - 20.000 jam.

3 dari 7 halaman

Menggunakan Listrik Prabayar

Cara Mengurangi Tagihan Listrik © Diadona

Cara mengurangi tagihan listrik yang ketiga adalah dengan menggunakan sistem pembayaran listrik prabayar. Sistem prabayar membuat kamu dapat menyesuaikan besar-kecilnya kebutuhan yang akan dikeluarkan untuk menggunakan listrik. Sehingga, tidak akan ada tagihan listrik yang melonjak karena pemakaian listrik yang sia-sia.

Berbeda dengan sistem pembayaran listrik pascabayar, sistem ini justru dihitung berdasarkan meteran listrik. Listrik yang disediakan oleh pembayaran pascabayar memang akan selalu ada saat dipakai di rumah, tetapi pelanggan juga tak bisa mengetahui total watt listrik yang selama ini benar-benar dikeluarkan.

4 dari 7 halaman

Manfaatkan Jendela dan Ventilasi

Cara Mengurangi Tagihan Listrik © Diadona

Menghadirkan jendela dan ventilasi jadi hal yang wajib untuk dipasang di setiap rumah sebagai cara mengurangi tagihan listrik. Kedua interior ini memudahkan sinar matahari untuk masuk ke dalam rumah, sehingga membuat ruangan jadi lebih terang. Dengan demikian, kamu tak harus lagi menyalakan lampu setiap saat. 

Jendela dan ventilasi menjadi sistem pertukaran udara dari dalam hingga luar ruangan. Hal ini sangat berguna untuk melancarkan kesehatan pernapasan bagi penghuni rumah sekaligus membuat suasana dalam ruangan jadi terasa sejuk.

5 dari 7 halaman

Ganti AC dengan Kipas

Cara Mengurangi Tagihan Listrik © Diadona

Cara mengurangi tagihan listrik selanjutnya adalah dengan memakai kipas di rumah. Meski AC membuat suhu ruangan jadi dingin secara instan, tetapi AC dinilai memiliki watt yang lebih besar daripada kipas angin. Hal ini disebabkan karena kompresor AC yang bekerja secara lebih keras jika keadaan pintu dan jendela rumah terbuka ataupun jarang dibersihkan. 

Kipas dianggap sebagai alternatif dari AC dengan harga yang jauh lebih murah. Perawatan yang dilakukan pada kipas juga tidak terkesan ribet dibandingkan dengan AC.

6 dari 7 halaman

Turunkan Suhu Kulkas

Cara Mengurangi Tagihan Listrik © Diadona

Mengatur suhu kulkas dengan tepat jadi langkah yang tepat sebagai cara mengurangi tagihan listrik. Pasalnya, suhu kulkas yang di-setting hingga mencapai titik yang terendah akan membuat beban kerja kulkas menjadi lebih besar. Hal ini bisa memengaruhi biaya listrik rumah tangga jadi membengkak apabila tidak ditangani sedini mungkin .  

Pastikan untuk selalu mengatur suhu kulkas hingga 2,7 - 4 derajat celcius. Suhu tersebut merupakan suhu yang ideal untuk mengantisipasi pengeluaran listrik jadi membengkak sekaligus bisa menyimpan makanan dengan lebih awet.

7 dari 7 halaman

Membersihkan Perangkat Elektronik

Cara Mengurangi Tagihan Listrik © Diadona

Cara mengurangi tagihan listrik yang terakhir adalah untuk selalu membersihkan perangkat elektronik. Selain itu, perangkat elektronik yang kotor juga dapat mengakibatkan risiko terjadinya penurunan kualitas pada mesin. Alhasil perangkat elektronik jadi cepat rusak bahkan tidak bisa dipakai lagi. 

Pastikan untuk selalu melakukan pembersihan perangkat elektronik secara rutin. Seperti dengan AC yang setidaknya setiap 3 bulan sekali dan kulkas yang dibersihkan setiap 1 minggu sekali. 

Itulah beberapa cara mengurangi tagihan listrik yang perlu kamu ketahui supaya tagihan rumah tangga tidak membengkak dan bisa lebih hemat. Semoga beberapa cara ini bisa bermanfaat ya!

Penulis : Nabila Rofifah Ghassani

Beri Komentar