9 Cara Menjaga Kebersihan Rumah dan Tips Bersih-Bersih Buat Orang Mager!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 2 November 2022 10:03
9 Cara Menjaga Kebersihan Rumah dan Tips Bersih-Bersih Buat Orang Mager!
Diadona kasih tips super gampang dan ringan khusus buat orang mageran kayak kamu gimana cara menjaga kebersihan rumah agar selalu nyaman ditinggali.

Membersihkan dan merapikan rumah adalah pekerjaan yang seolah nggak ada habisnya. Hari ini dibersihkan, besok tentu kotor dan berantakan lagi. Kira-kira ada nggak sih cara membersihkan rumah yang enteng jadi kita happy banget melakukannya?

Kebersihan sebagaian dari iman. Di luar itu, rumah yang kotor rawan sarang jadi kuman dan bakteri penyebab penyakit. Penelitian juga menyebut kalau penghuni pada rumah yang bersih dan rapi diketahui lebih sehat dan aktif daripada yang tidak.

Menjaga rumah tetap bersih dan rapi setiap saat nampaknya adalah suatu hal yang mustahil, terlebih untuk kamu yang tak punya banyak waktu. Untuk itu Diadona udah merangkum sederet cara menjaga kebersihan rumah yang bisa kamu praktikkan.

1 dari 8 halaman

Letakkan Kembali Barang ke Tempatnya Setelah Digunakan

Cara Menjaga Kebersihan Rumah © Diadona

Ini adalah nasihat lama yang sudah jelas dan mutlak, tapi sering kali sulit dilakukan bukan? Padahal tak menyimpan barang di tempatnya adalah sumber utama rumah yang berantakan.

Setiap kali kamu nggak meletakkan suatu barang segera setelah menggunakannya, maka kekacauan mulai terjadi. Lama-kelamaan barang-barang akan menumpuk, semua benda jadi berantakan dan bikin proses merapikan dan cara membersihkan rumah jadi kerasa berat serta memakan banyak waktu.

Jadi nih setelah digunakan, segera kembalikan barang ke tempatnya. Atau setiap kali kamu akan berpindah dari satu tempat ke tempat lain, pindai sekitarmu dan lihat barang apa yang bisa kamu bawa untuk kamu kembalikan ke tempat asalnya.

Gampang banget kok mengabaikan satu piring kotor, satu lembar tissue bekas di meja, satu pasang sepatu di depan pintu. Tapi inget, keesokan harinya mereka semua akan berkembang biak dan menjadi banyak.

2 dari 8 halaman

Bersihkan Satu Ruangan dalam Satu Waktu

Dikutip dari Life Storage, cara menjaga kebersihan rumah dan kerapiannya yang paling mudah adalah dengan menanganinya satu ruangan dalam satu waktu. Kenapa begitu? Dengan membagi pembersihan menurut ruangan, kamu bisa menyelesaikannya sedikit demi sedikit alih-alih langsung mengerjakan seluruh bagian rumah sekaligus.

Cara kayak gini selain hemat waktu juga nggak bikin kamu merasa terbebani. Pekerjaan jadi lebih mudah sehingga mungkin aja kamu nggak kesulitan buat menerapkannya sebagai agenda pembersihan rumah rutin.

3 dari 8 halaman

Cara Menjaga Kebersihan Rumah Bagian Kamar Mandi

Ilustrasi Kamar Mandi © Diadona

Karena terus digunakan setiap hari, kamar mandi bisa terus berantakan dan menumpuknya kotoran bila tak rutin dibersihkan. Gini nih tips dan cara menjaga kebersihan kamar mandi yang harsu kamu lakukan secara teratur.

  • Membersihkan wastafel
  • Menggosok bak, lantai dan toilet
  • Lap cermin

4 dari 8 halaman

Cara Menjaga Kebersihan Kamar Tidur

Kamar Tidur Berantakan © Diadona

Kebanyakan nih berantakannya kamar tidur karena kamu nggak punya tempat yang pas untuk banyaknya barang-barang kamu. Solusinya selain menyediakan storage yang lebih besar, kamu juga harus konsisten mengembalikan barang-barang tersebut ke tempatnya semula. Kayak gini nih cara menjaga kebersihan rumah bagian tempat tidur.

  • Rapikan ranjang setiap bangun tidur! Seprai harus rapi, slelimut harus dalam keadaan terlipat setiap kali kamu bangun pagi
  • Lap debu di meja, nakas dan permukaan lainnya
  • Lap cermin dengan teratur
  • Sapu lantai, jangan lupakan bagian bawah ranjang
  • Jaga kebersihan seprai dan selimut dengan mencucinya secara teratur

5 dari 8 halaman

Cara Menjaga Kebersihan Dapur

Wastafel Dapur Kotor dan Bau © Diadona

Well, bisa dibilang ini adalah bagian rumah yang paling berantakan sebab ada banyak barang, aktivitas yang berkaitan dengan air, sampah dan lainnya. Gimana cara menjaga kebersihan dapur harian dan mingguan?

Biar cara membersihan bagian rumah ini nggak berat bagai menopang kehidupan, kamu bisa menerapkan aturan 20 menit per hari. Apa tuch? Yaitu beberapa menit ekstra setelah memasak dan juga makan untuk membersihkan bagin dapur kamu. Sebentar saja kok, mungkin hanya lima menit di masing-masing waktunya dan bila ditotal maka mungkin jumlahnay hanyalah 20 menit per hari.

Ini daftar pekerjaan pembersihan di dapur :

  • Singkirkan piring kotor, jaga wastafel kamu agar terus kosong.
  • Caranya nih selalu cuci peralatan memasak segera setelah menggunakannya sebab ketika kamu memebiarkan mereka sebentar saja, mereka bakalan menarik teman-temannya lalu jadi banyak.
  • Lap meja dapur dengan cairan pembersih dapur
  • Kembalikan peralatan dapur ke tempatnya semula setelah dipakai
  • Bersihkan kompor, bisa dengan menyerotkan cairan pembersih kompor lalu lap
  • Sapu dan bersihkan lantai

6 dari 8 halaman

Cara Menjaga Kebersihan Ruang Tamu

Sebagai ruangan pertama yang ada setelah kamu masuk rumah, ruang tamu bisa berpotensi penuh dnegan barang-barang yang nggak pada tempatnya. Misalnya tas belanjaan kamu, jaket yang kamu lepas di sana begitu kamu datang. Ini akan semakin parah bila ruang tamu juga berfungsi untuk tempat bersantai dan kumpul dengan keluarga.

Sebagai cara menjaga kebersihan bagian rumah yang ini, lakukan hal-hal berikut dengan rajin :

  • Bersihkan ruangan dari barang yang nggak pada tempatnya
  • Lap permukaan meja dan bersihan dari debu
  • Sapu lantai setiap hari dan pel setiap beberapa hari sekali

7 dari 8 halaman

Bikin Jadwal Bersih-Bersih

Cara Menjaga Kebersihan Rumah © Diadona

Menurut Mimin nih rumah nggak akan terlihat rapi setiap saat kalau kamu nggak punya jadwal bersih-bersih yang teratur. Nggak ada waktu bersih-bersih yang terbaik karena harus disesuaikan dengan jadwal penghuni rumah, tapi at least nih kamu harus punya waktu membersihkan dan merapikan rumah seminggu sekali.

8 dari 8 halaman

Bikin Rutinitas Bersih-bersih Harian, Mingguan dan Bulanan

Dengan membagi tugas bersih-bersih dalam tiga waktu tersebut, rumah kamu akan terlihat rapi dan bersih sepanjang tahun.

Cara Menjaga Kebersihan Rumah Setiap Hari

Apakah kamu sellau nunggu rumah berantakan dulu baru dibersihkan? Nah, cara tersebut kurang efektif. Karena kadang nih ketika terlalu banyak yang harus dikerjakan, hal itu justru bikin kita jadi malas mengerjakannya karena terasa berat bahkan sebelum memulainya.

Maka triknya adalah lakukan upaya pembersihan kecil setiap hari secara konsisten. Tugas harian ini bisa jadi pengingat yang efektif gimana kita harus menjaga kebersihan rumah sekaligus membentuk rutinitas harian kita.

Ada enam rutinitas kebersihan rumah yang harus kamu lakukan setiap hari.

  • Rapikan tempat tidur
  • Bersihkan dapur segera setelah memasak
  • Pastikan tidak ada cucian kotor di wastafel sebelum kamu tidur di malam hari
  • Kembalikan barang pada tempatnya
  • Buang sampah secara teratur
  • Bersihkan meja makan
  • Menyapu lantai

Cara Menjaga Kebersihan Rumah Setiap Minggu

Buat sebagian orang, hari libur adalah hari bersih-bersih. Melelahkan memang, tapi jangan remehkan kekuatan pembersihan mingguan ini. Sebab walaupun kamu udah melakukan jadwal bersih-bersih harian, masih ada banyak kekacauan dan tempatyang harus kamu bersihkan. Apa saja?

  • Mengelap kaca
  • Membersihkan kamar mandi
  • Menata halaman

Atau agar kamu nggak kewalahan nih, kamu bisa membuat jadwal pembersihan satu ruang dalam satu hari. Misalnya :

  • Senin : kamar mandi dan lantai rumah
  • Rabu : ruang tamu
  • Kamis : dapur
  • Jumat : kamar tidur
  • Sabtu : halaman rumah

Cara membersihkan rumah secara mingguan ini nggak bisa jadi solusi semua orang, tapi dengan rutinitas yang memungkinkan kamu fokus pada satu ruangan dalam sat hari ini, kamu jadi nggak akan kewalahan.

Jangan lupakan jadwal pembersihan bulanan ya mulai dari mencuci tirai, membersihkan sarang laba-laba di atas dan masih banyak lagi.

Teori dan tips tentang cara membersihkan rumah ada banyak sekali di internet. Namun tentu tak selalu cocok dengan smeua orang kan? Yang paling dibutuhkan adalah sedikit waktu dan usaha untuk menciptakan kebiasaan baik sehingga rumah kamu tetap bersih dan rapi sepanjang hari.

Beri Komentar