8 Tips Hemat Renovasi Rumah, Meski Budget Terbatas Hasil Tetap Estetik Lho!

Reporter : Arifina
Senin, 5 Februari 2024 16:07
8 Tips Hemat Renovasi Rumah, Meski Budget Terbatas Hasil Tetap Estetik Lho!
Ingin merenovasi rumah lebih kekinian tapi hemat budget bisa banget lho!

Tips hemat renovasi rumah bisa menjadi acuan buat kamu yang tengah merencanakan untuk mendekorasi rumah nih! Merenovasi beberapa bagian area rumah seakan menjadi agenda yang wajib bagi sebagian orang untuk mengupgrade hunian pribadi.

Renovasi rumah menjadi salah satu langkah penting untuk nilai properti, kenyamanan, dan fungsionalitas ruang hunian. Meskipun, proses renovasi seringkali diiringi oleh biaya yang signifikan.

Memiliki rumah yang nyaman dan sesuai dengan keinginan merupakan impian banyak orang. Namun, renovasi rumah seringkali dianggap sebagai proyek yang mahal dan memakan banyak biaya.

1 dari 9 halaman

Tips Hemat Renovasi Rumah © Diadona

Alhasil banyak pemilik rumah menunda-nunda untuk melakukan renovasi hunian karena keterbatasan budget yang dimiliki. Padahal, jika kamu mengetahui triknya dengan tepat, budget pas-pasan pun tetap bisa untuk digunakan merenovasi rumah dengan kekinian lho!

Nah, berikut ini tips hemat renovasi rumah tentunya tanpa mengurangi kualitas dan eststika hunian yang sudah diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber!

2 dari 9 halaman

Buat Perencanaan yang Matang

Sebelum memulai renovasi, alangkah baiknya untuk membuat perencanaan yang matang. Tentukan dengan jelas area ruang mana yang perlu direnovasi, prioritas pekerjaan, dan pertimbangkan anggaran yang tersedia.

Sebab, proses merenovasi rumah menjadi salah satu proyek yang cukup memakan waktu. Jika tidak menggunakan perencanaan yang matang, bukan tidak mungkin proses renovasi rumah justru akan over budget karena banyaknya keinginan yang tak bisa dihindari.

Kamu bisa memulainya dengan menyusun anggaran realistis. Dalam artian, sesuaikan dengan budget yang kamu miliki saat ini.

3 dari 9 halaman

Lakukan Pengecekan Kondisi Rumah

Hal ini penting untuk dilakukan sekaligus memastikan bagian area rumah yang memang sangat perlu direnovasi. Dengan menyeleksi beberapa bagian bangunan rumah ini, maka kamu bisa merenovasinya tanpa khawatir over budget.

Pilah-pilah area ruangan mana yang memang sangat perlu untuk direnovasi lebih mendesak. Jika ada beberapa bagian yang tidak begitu perlu, bisa kamu urungkan sejenak untuk dilakukan renovasi di lain waktu.

Namun, jika beberapa kondisi cukup berast seperti pipa bocor, dinding retak atau keropos maka itu perlu untuk dilakukan pembenahan dengan segera.

4 dari 9 halaman

Tentukan Desain Renovasi

Tips Hemat Renovasi Rumah © Diadona

Desain renovasi ruangan juga cukup penting untuk dijadikan acuan dalam menghemat budget pembenahan rumah. Nah, dalam hal ini kamu bisa menerapkan konsep desain minimalis.

Desain yang rumit dan detail membutuhkan lebih banyak material dan waktu pengerjaan, sehingga biayanya pun lebih mahal. Pilihlah desain yang sederhana dan fungsional.

Dengan membuat desain renovasi lebih dulu, maka akan mempermudah kamu dalam mengalokasikan dana yang dikeluarkan.

5 dari 9 halaman

Riset Tempat Bangunan dan Jasa Tukang

Riset yang satu ini penting untuk dilakukan agar kamu bisa mempertimbangkan budget yang dikeluarkan. Mulailah dengan membuat list tempat-tempat bangunan yang berkualitas baik namun harganya terjangkau.

Kemudian, perhatikan jasa tukang yang akan kamu gunakan. Mintalah rekomendasi tukang dari teman atau keluarga yang terpercaya.

Pastikan tukang memiliki pengalaman dan keahlian yang sesuai dengan kebutuhan renovasi rumahmu. Kamu bisa mempertimbangkan biaya tukang ini sesuai dengan anggaran yang disiapkan atau tidak.

6 dari 9 halaman

Renovasi Secara Bertahap

Renovasi tidak harus dilakukan sekaligus, namun kamu bisa melakukannya secara bertahap. Pisahkan pekerjaan berdasarkan prioritas dan anggaran.

Karenanya penting untuk menetapkan area rumah bagian mana yang paling penting untuk didahulukan direnovasi. Selanjutnya, sisanya bisa kamu lakukan lagi jika budget yang kamu miliki telah terkumpul kembali.

Renovasi bertahap memungkinkan kamu untuk mengumpulkan dana lebih dan menghindari beban keuangan yang berlebihan hanya untuk satu kali pengerjaan.

7 dari 9 halaman

Do it Yourself

Tips Hemat Renovasi Rumah © Diadona

Jika kamu memiliki keterampilan dan pengetahuan yang cukup terkait pengerjaan bangunan, pertimbangkan untuk melakukan beberapa pekerjaan merenovasi rumah sendiri. Pekerjaan seperti pengecatan, pemasangan keramik, atau perabotan bisa menjadi proyek do it yourself (DIY) ini bisa menghemat biaya tenaga kerja.

Bahkan, dengan bekerja sendiri kamu semakin lebih mudah berkreasi sesuai dengan keinginanmu. Misalnya, ingin menambahkan furniture yang unik dan ingin membuatnya sendiri sangat bisa untuk dilakukan.

Alih-alih menggunakan jasa tukang yang berbayar, kamu bisa bekerja sendiri tanpa buru-buru dan lebih nyaman bukan? Sekaligus bisa mengasah kreatifitas nih!

8 dari 9 halaman

Pakai Barang Dekorasi Second Hand

Jangan terburu-buru membeli barang-barang untuk interior yang baru. Bisa jadi kamu bisa memanfaatkan metode dekorasi second hand nih!

Tak harus membeli barang dekorasi milik orang lain, namun coba lihat dari barang-barang yang ada di rumah. Barangkali masih ada yang bisa dimanfaatkan, bisa kamu gunakan kembali.

Kamu juga bisa mertimbangkan untuk menggunakan bahan bekas atau material daur ulang. Selain ramah lingkungan, penggunaan daur ulang material dapat mengurangi biaya pembelian baru. Perabotan bekas yang masih layak juga dapat diperbaharui atau diubah fungsi sesuai kebutuhan lho!

9 dari 9 halaman

Pilih Jenis Furniture Multifungsi

Jika kamu memang perlu mengganti beberapa furniture rumah, maka perlu kiranya mempertimbangkan kosep multifungsi. Selain lebih simpel dan praktis, jenis furniture ini akan menambah suasana rumah lebih terlihat berbeda.

Furniture multifungsi juga dapat menghemat ruang dan biaya lho! Pilihlah furniture yang dapat digunakan untuk beberapa fungsi, seperti sofa bed, meja makan yang dapat dilipat, kamar tidur lipat, dan masih banyak lagi lainnya.

Itulah sederet tips hemat renovasi rumah. Dengan begitu, kamu bisa tetap menekan budget yang dikeluarkan tanpa mengurangi kualitas dan estetika hunian. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar