9 Tips agar Tampilan Jendela Terlihat Lebih Luas, Bikin Rumah Minimalis Kian Menarik

Reporter : Arifina
Sabtu, 3 Februari 2024 13:00
9 Tips agar Tampilan Jendela Terlihat Lebih Luas, Bikin Rumah Minimalis Kian Menarik
Bisa banget mengatur dekorasi jendela agar terlihat lebih luas. Begini tipsnya!

Tips agar tampilan jendela terlihat lebih luas perlu menjadi acuan bagi kamu yang tengah mendekorasi rumah minimalis. Meski terbatas ruang, bukan berarti pengaturan interior juga harus terbatas disitu-situ saja ya.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mempercantik tampilan area. Salah satunya, mempertimbangkan tampilan jendela agar rumah terlihat lebih luas.

Jendela rumah merupakan elemen penting dalam desain interior rumah yang tidak hanya berfungsi sebagai ventilasi dan sumber cahaya alami, tetapi juga dapat memberikan estetika pada ruangan.

1 dari 10 halaman

Tips agar Tampilan Jendela Terlihat Lebih Luas © Diadona

Tampilan jendela yang terasa luas dapat menciptakan atmosfer yang nyaman dan memudahkan aktivitas sehari-hari. Terutama di era digital ini, di mana banyak waktu dihabiskan di depan layar, penting untuk menciptakan lingkungan kerja atau hiburan yang terasa lapang dan menyenangkan.

Nah, berikut ini diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips agar tampilan jendela lebih luas. Simak yuk!

2 dari 10 halaman

Pastikan Memilih Jenis Jendela dengan Tepat

Pemilihan jenis jendela akan mempengaruhi seperti apa hasil akhir dari ruangan yang ingin kamu ciptakan lho! Jika memungkinkan, pilihlah jendela dengan ukuran besar.

Jendela besar akan memberikan pandangan yang lebih luas dan memungkinkan cahaya alami masuk lebih banyak ke dalam ruangan.

Namun, jika keterbatasan ruangan, kamu bisa mengakalinya dengan memanfaatkan trik dari ruangan yang akan dipasangi jendela. Kamu bisa memilih model jendela horizontal besar yang bisa digeser.

3 dari 10 halaman

Tambahkan Tirai atau Gorden

Pentingnya Jendela Rumah © Diadona

Pemilihan jenis jendela telah dilakukan, kamu bisa menambahkan aksesoris penunjanngnya. Salah satu yang bisa digunakan untuk membuat tampilan jendela terlihat lebih luas adalah dengan memberinya tirai atau gorden.

Namun, dalam hal ini pilihlah jenis tirai yang panjang hingga menyentuh lantai. Model ini tak hanya menjadikan tampilan jendela terlihat lebih luas, tapi juga menambah nuansa elegan dalam ruangan.

Kemudian, pilih jenis kain tirai yang transparan seperti voile atau linen. Jenis ini dapat membantu memaksimalkan cahaya alami yang masuk ke dalam ruangan dan menciptakan ilusi ruang yang lebih luas.

Hindari penggunaan tirai yang tebal karena dapat membuat ruangan terasa sempit dan redup.

4 dari 10 halaman

Pilih Warna Cerah untuk Ruangan

Ruangan akan mempengaruhi tampilan jendela yang terpasang nantinya. Warna cerah pada dinding dan furnitur dapat menciptakan ilusi ruangan yang lebih besar.

Kamu bisa memilih warna-warna seperti putih, krem, atau abu-abu terang dapat memantulkan cahaya dan membuat ruangan terlihat lebih terbuka.

Kamu bisa menyesuikan untuk dinding yang akan terpasangai jendela nantinya. Pastikan, kamu memilih warna-warna netral yang tetap cerah agar suasana dalam ruangan terasa lebih lebar dan lapang.

5 dari 10 halaman

Gunakan Cermin di Area Dekat Jendela

Tips agar Tampilan Jendela Terlihat Lebih Luas © Diadona

Penempatan cermin dengan bijak dapat menciptakan efek optik yang memperluas ruang. Pasang cermin di dinding yang berlawanan dengan jendela untuk memantulkan cahaya ke seluruh ruangan.

Cermin juga memberikan ilusi kedalaman, membuat tampilan jendela terasa lebih besar. Dengan begitu, cara ini akan menampilkan kesan ruangan yang lebih terbuka dan luas.

Selain menambahkan efek ilusi, cermin juga dapat mempercantik interior ruangan lho!

6 dari 10 halaman

Pilih Perabotan yang Transparan

Selain desain ruangan, perabotan yang ada di sekitar area jendela juga akan mempengaruhi tampilannya. Karena itu, jika ingin tampilan jendela terlihat lebih luas disarankan untuk memilih jenis perabotan dengan desain transparan atau kaki terbuka.

Desain interior tersebut dapat memberikan kesan ruangan yang lebih besar. Misalnya, meja kaca atau kursi dengan rangka logam dapat membuat tampilan jendela terlihat tidak terhalang.

7 dari 10 halaman

Tambahkan Tanaman Hias di Area Jendela

Tambahkan Tanaman Hias di Area Jendela © Diadona

Tanaman hias rupanya cukup berpengaruh untuk membuat tampilan jendela terlihat lebih luas lho! Adanya tanaman hias juga akan menjadikan fokus terbagi pada area tersebut.

Selain itu, tanaman hias juga bisa menambah interior ruangan lebih menarik. Kesan warna hijau membuat area ruangan terlihat lebih segar dan bersih.

Hal ini pula lah yang menjadikan tampilan jendela juga justru terlihat lebih luas. Tampilan kece, area juga makin estetik bukan?

8 dari 10 halaman

Hindari Overdecorating

Tampilan jendela lebih luas juga berdasarkan dari dekorasi ruangan yang kamu ciptakan. Alih-alih meletakkan beragam dekorasi, sebaiknya kamu justru menguranginya ya.

Terlalu banyak dekorasi atau perabotan di ruangan dapat membuatnya terasa sesak. Pilih dekorasi dengan bijak dan pertimbangkan ruang kosong sebagai elemen desain yang penting.

Dekorasi yang menumpuk menjadikan ruangan tampak penuh. Sehingga, mau memilih jenis model jendela apapun tak akan berpengaruh pada tampilannya nantinya.

 

9 dari 10 halaman

Pakai Jenis Bingkai Minimalis

Tips agar Tampilan Jendela Terlihat Lebih Luas © Diadona

Pemilihan jenis bingkai juga dapat mempengaruhi tampilan jendela untuk rumah kamu nih! Jika menginginkan tampilan jendela terlihat lebih luas, maka salah satu caranya memilih bingkai minimalis.

Jendela bingkai minimalis atau tanpa bingkai akan memberikan tampilan jendela terlihat lebih bersih dan modern. Sehingga, hal itu menjadikan jendela terlihat lebih lega.

Pemilihan bingkai ini juga akan mengurangi gangguan visual dan justru akan memaksimalkan pandangan ke luar ruangan.

10 dari 10 halaman

Gunakan Pencahayaan yang Baik

Pencahayaan yang baik dapat membuka ruang secara visual. Hal ini juga kana mempengaruhi tampilan jendela agar tampak lebih luas nih!

Nah, kamu bisa menggunakan pencahayaan alami sebanyak mungkin untuk ruangan, dengan memanfaatkan jendela besar.

Namun, jika tidak memungkinkan, untuk menciptakan ilusi area yang terlihat luas, kamu bisa membuat lampu-langit-langit atau lampu dinding. Arahkan mode lampu ini terarah untuk memberikan kesan ketinggian pada ruangan.

Itulah tips agar jendela terlihat lebih luas. Kamu bisa menerapkannya untuk dekorasi rumah minimalis nih! Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar