6 Cara Mengatasi Plafon Bocor pada Musim Hujan Beserta Tanda-Tandanya

Reporter : Yoyok
Sabtu, 3 Februari 2024 14:30
6 Cara Mengatasi Plafon Bocor pada Musim Hujan Beserta Tanda-Tandanya
Tanda-tanda plafon bocor bisa banget diidentifikasi sedini mungkin.

Di cuaca seperti ini, mengetahui cara mengatasi plafon bocor akan sangat ketika pada saat musim hujan. Seperti kita tahu, saat ini kita tengah memasuki musim penghujan. Gak main-main, di beberapa daerah mengalamai hujan badai hingga menyebabkan banyak pohon roboh.

Pohon yang tinggi dan kuat saja masih bisa roboh ketika terkena hujan deras, apalagi atap rumah. Pastinya banyak dari Diazens yang mengalami atap rumah bocor di musim penghujan seperti ini. Atap bocor sering banget bikin repot karena kita jadinya memindahkan berbagai perabotan agar tidak terkena tetesan air.

Ada banyak cara mengatasi plafon bocor pada musim hujan. Tapi, sebelumnya kita harus mengetahui tanda-tanda atap plafon yang akan bocor.

1 dari 7 halaman

Tanda-Tanda Plafon Bocor

Cara Mengatasi Plafon Bocor pada Musim Hujan © Diadona

1. Cat bergelembung

Ciri pertama atap plafon yang bocor adalah cat bergelembung. Cat yang bergelembung di langit-langit akan sangat mudah diidentifikasi karena terlihat sangat berbeda. Kamu bisa memeriksa di tiap sudut atap plafon rumah, apakah ada cat bergelembung atau tidak.

2. Noda di Langit-Langit

Tanda berikutnya yaitu terdapat noda air keruh di langit-langit. Ketika ada kebocoran, air akan menggenang di atap dan menyebabkan noda di langit-langit. Langit-langit yang sebelumnya berwarna putih, mendadak berubah jadi berkeruh. Penyebabnya tentu saja ada atap plafon yang bocor.

3. Muncul Setelah Kejadian Tertentu

Tanda atau ciri-ciri di atas sering kali mulai terlihat ketika ada suatu peristiwa yang menimpa rumah. Contohnya seperti sebelumnya ada hujan badai, tandon air yang bocor, dan lain-lain. Selalu perhatikan langit-langit ketika ada kejadian tertentu yang berhubungan dengan air di bagian atas rumah.

Lalu, kalian jangan risau atau sampai gundah gulana. berikut ini adalah beberapa cara mengatasi plafon bocor pada musim hujan.

2 dari 7 halaman

Cara Mengatasi Plafon Bocor Pada Musim Hujan dengan Menampung Air

Cara pertama untuk mengatasi plafon yang bocor saat musim hujan adalah dengan menampung air yang menetes dari langit-langit. Air yang menetes dari langit-langit bisa banget untuk menjadi sumber perusak berbagai furnitur yang tepat berada di bawahnya.

Caranya pun juga sangat mudah. Pertama, pindahkan dulu barang atau furnitur yang ada di bawah lubang tetesan. Kemudian, tampung air tetean tersebut dalam sebuah wadah, bisa ember atau atau panci jika kamu tidak masalah dengan suaranya yang bakal berisik.

3 dari 7 halaman

Cara Mengatasi Plafon Bocor Pada Musim Hujan yaitu dengan Membatasi Penggunaan Air di Lantai Atas

Cara Mengatasi Plafon Bocor pada Musim Hujan © Diadona

Banyak faktor atau alasan mengapa plafon bisa bocor. Entah itu karena hujan badai, tandon bermasalah, hingga pipa yang bocor. Pipa berada di bagian atas rumah karena adanya kamar mandi di lantai dua. Maka dari itu, salah satu cara untuk mengatasi plafon bocor adalah dengan mengurangi penggunaan kamar mandi di lantai atas.

Atau, kamu bisa mematikan saluran air yang mengalir dalam pipa tersebut. Cara ini sangat berguna jika kamu tidak tahu bagian mana dari pipa tersebut yang bocor.

4 dari 7 halaman

Cara Mengatasi Plafon Bocor Pada Musim Hujan dengan Membuat Lubang Agar Air Mengalir

Cara mengatasi plafon bocor pada musim hujan selanjutnya yaitu dengan membuat lubang di langit-langit. Atap atau plafon bocor bisa banget disebabkan oleh hujan deras dan menyebabakan banyak titik bocor di langit.

Saat kamu melihat ada beberapa titik bocor di langit-langit, maka kamu bisa mencoba untuk melubangu salah satu sudut. Cara ini akan membuat air yang menggenang di dalam plafon akan mengalir ke satu lubang yang telah kamu buat. Daripada genangan menyebar di langit-langit dan bisa bikin kotor, kan lebih baik mereka menetes ke lubang yang telah kamu buat. Tentu saja pastikan lubang yang kamu buat, di bagian bawahnya sudah diletakkan ember untuk menampung airnya.

5 dari 7 halaman

Cara Mengatasi Plafon Bocor Pada Musim Hujan dengan Memperbaiki Sumber Kebocoran

Cara Mengatasi Plafon Bocor pada Musim Hujan © Diadona

Cara mengatasi plafon bocor pada musim hujan selanjutnya yaitu dengan memperbaiki sumber kebocoran tersebut. Lakukan cara ini ketika hujan sudah reda. Dalam beberapa kasus, sumber kebocoran mudah diidentifikasi sehingga kamu bisa langsung memperbaikinya sendiri atau minta bantuan tenaga ahli.

Kasus yang sering terjadi yaitu bergeseran genteng. Kalau sudah begini, kamu tinggal naik ke atap rumah, dam merapikan genteng yang membuat air menggenang ke dalam plafon.

6 dari 7 halaman

Cara Mengatasi Plafon Bocor Pada Musim Hujan dengan Menambal Area yang Rusak

Cara berikutnya yaitu dengan menambal bagian plafon yang sudah bocor atau berlubang. Kamu bisa mengaplikasikan semen di bagian yang bocor yang fungsinya nanti untuk menyumbat.

Tetapi, jika kerusakan yang diakibatkan cukup masih, maka kamu perlu mengganti atap secara keseluruhan. Cara ini memang cukup merepotkan serta bakal merogoh kock yang cukup dalam.

7 dari 7 halaman

Cara Mengatasi Plafon Bocor Pada Musim Hujan yaitu Renovasi Rumah

Cara terakhir untuk mengatasi plafon bocor pada musim hujan yaitu dengan renovasi rumah. Sering kali kita berulang kali memperbaiki, namun ujung-ujungnya masih saja bocor. Bahkan, bisa jadi plafon yang rusak tidak hanya di satu ruang, tapi di kamar tidur, ruang tamu, sampai kamar mandi sekalipun.

Kalau sudah begini, mau tidak mau, sudah saatnya untuk merenovasi rumah. Renovasi tidak hanya untuk memperbaiki plafon saja, tapi bagian-bagian rumah yang lain. Sekali aksi dapat mengatasi seluruh masalah sekaligus, meskipun budget yang dubutuhkan dalam banget nih.

Cara Mengatasi Plafon Bocor pada Musim Hujan © Diadona

Itulah beberapa cara mengatasi plafon bocor pada saat musim hujan. Semoga berbagai cara di atas dapat menyelesaikan permasalahan plafon bocor di kediamanDiazens ya.

 

Beri Komentar