11 Tips Memilih Lokasi Rumah yang Strategis untuk Bangun Hunian yang Nyaman

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 13 Februari 2024 04:06
11 Tips Memilih Lokasi Rumah yang Strategis untuk Bangun Hunian yang Nyaman
Tips memilih rumah di antaranya dengan melihat apakah daerah tersebut rawan bencana, akses jalan utama, keamanan, hingga ketersediaan air, listrik dan internet.

Informasi cara memilih lokasi rumah perlu kamu ketahui untuk mendapatkan lokasi yang bagus saat hendak membangun hunian. Saat ini, masyarakat pun dihadapkan dengan banyaknya tawaran rumah yang menarik dengan harga yang menggiurkan. Hal inilah yang bisa membuat seseorang langsung tergiur untuk membeli rumah yang dipromosikan tersebut tanpa mempertimbangkan aspek lain yang penting. 

Masyarakat perlu mengetahui bagaimana cara memiliki lokasi hunian yang strategis agar tidak menyesal di kemudian hari. Memilih tempat tinggal yang berada di lokasi strategis bisa mempermudah untuk pergi ke mana-mana. Selain itu, rumah dengan lokasi strategis memiliki nilai investasi yang tinggi di masa depan.

Mengapa lokasi rumah sangat penting?

Sebelum memutuskan untuk membeli atau membangun rumah, aspek yang harus menjadi pertimbangan penting adalah lokasi. Rumah yang telah jadi mungkin dapat direnovasi di kemudian hari, tetapi lokasi dimana rumah tersebut berada tentu tidak dapat diubah.

Sehingga perhatikan lingkungan dan kemudahan akses di sekitar rumah yang akan dihuni. Adapun lokasi rumah yang baik dapat dilihat melalui akses transportasi yang mudah, dekat sekolah dan fasilitas umum, serta berada dalam lingkungan yang aman. 

Selain itu, lokasi rumah akan sangat mempengaruhi gaya hidup. Kesalahan dalam memilih lokasi rumah, akan menyulitkan hidup dan sebaliknya, memilih lokasi rumah yang tepat akan mempermudah berbagai urusan dalam hidup.

Maka, pastikan untuk memilih rumah yang strategis dan memenuhi aspek yang telah disebutkan sebelumnya, dengan tetap memperhatikan kebutuhan individu atau keluarga yang akan menempati rumah tersebut

Dilansir dari beberapa sumber, ini dia beberapa cara memilih lokasi rumah yang strategis yang perlu kamu ketahui.

1 dari 7 halaman

Jangan Pilih di Kawasan Rawan Bencana

Cara Memilih Lokasi Rumah © Diadona

Cara memilih lokasi rumah yang pertama yaitu hindari membeli atau membangun rumah yang berada di kawasan rawan bencana. Pemerintah melarang masyarakat memiliki hunian yang ada di kawasan rawan bencana untuk meminimalisir terjadinya korban jiwa.

Hal ini disebabkan karena bencana alam dapat mengubah struktur morfologi menjadi kurang baik. 

Salah satu kawasan yang aman untuk dihuni di daerah perkotaan adalah perumahan dengan konsep ramah lingkungan. Perumahan tersebut dinilai memiliki sistem resapan air yang baik, sehingga dijamin tak ada banjir saat datangnya hujan lebat.

Sempatkan untuk survey lokasi rumah saat musim hujan untuk mengecek kondisi lingkungan sekitar perumahan. Jika kawasan tersebut memiliki sistem drainase yang baik dan jauh dari sungai, maka kemungkinan kecil untuk terjadi banjir di musim hujan.

Jika ingin lebih yakin bahwa rumah yang kamu incar aman dari banjir, kamubisa coba cek dan baca dari berbagai berita di internet dengan mengetik keyword ‘banjir di (nama daerah rumah)’. 

Bisa masukkan tips survey lokasi rumah yang tidak banjir dengan cara berikut : 

  1. Dari Berita 

  2. Saat sedang musim hujan

 

Tips Memilih Lokasi Rumah © Diadona

Perhatikan Kondisi Jalan Utama

Kondisi jalan utama menuju rumah yang akan dibeli, menjadi aspek penting yang harus benar-benar diperhatikan dalam memilih lokasi rumah. Terlebih jika tidak terdapat jalan lain yang menjadi akses alternatif dari dan menuju rumah kamu.

Kondisi jalan yang rusak, seperti berlubang dan belum diaspal, atau sulit dijangkau karena terlalu sempit, akan menyulitkan mobilitas penghuni rumah atau mungkin orang lain yang ingin bertamu. 

Pilih rumah dengan jalan utama yang memiliki kondisi baik, dengan lebar badan jalan utama yang ideal kurang lebih 4-6,5 meter.

Lebih baik lagi jika jalan utama tersebut ramai dilintasi pengendara lain sehingga memungkinkan area sekitar jalan utama akan lebih aman dilintasi terutama saat malam hari. 

Tips Memilih Lokasi Rumah - Aksesibilitas Lokasi yang Mudah © Diadona

Aksesibilitas Lokasi yang Mudah

Kalau kamu membeli rumah agar tidak perlu buru-buru berangkat kerja, maka cari lokasi rumah yang dekat dengan tempat kerja . Akan tetapi, jika ingin lebih sering bertemu dan berkumpul dengan keluarga, maka pilih rumah yang berlokasi dekat dengan orang tua.

Sehingga, tolak ukur dalam kemudahan aksesibilitas ini akan kembali pada kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari.

Hal yang tak kalah penting dari aspek aksesibilitas dalam tips memilih rumah adalah kepemilikan kendaraan bermotor. Jika sehari-hari menggunakan moda transportasi umum, sebaiknya mencari rumah yang berlokasi dekat dengan stasiun kereta, mrt, atau yang dilewati oleh angkutan umum.

Selain itu, perhatikan pula jarak yang perlu ditempuh untuk mencapai pangkalan transportasi umum yang paling sering digunakan. Karena hal tersebut akan sangat berdampak terhadap mobilitas anda sehari-hari dari dan menuju rumah.   

2 dari 7 halaman

Keamanan Terjaga

Cara Memilih Lokasi Rumah © Diadona

Cara memilih lokasi rumah berikutnya yaitu pilihlah hunian yang nyaman dan bebas dari tindakan kejahatan oleh maling atau sejenisnya.

Banyaknya kasus pencurian hingga pembunuhan yang dilakukan oleh orang jahat membuat penghuni rumah harus membuat sistem keamanan yang ekstra untuk menciptakan lingkungan yang aman. 

Pastikan untuk memilih kawasan rumah yang menerapkan one gate system atau double gate system. Untuk orang yang tinggal di kompleks sederhana, jangan lupa untuk mengecek apakah terdapat kegiatan siskamling yang telah resmi disepakati oleh warga sekitar.

 

3 dari 7 halaman

Kemudahan Akses pada Air, Listrik dan Internet

Cara Memilih Lokasi Rumah © Diadona

Air, listrik dan internet merupakan sumber kebutuhan utama yang harus ada di setiap rumah. Tanpa adanya pasokan tersebut, tak mungkin seluruh aktivitas penghuni rumah akan berjalan dengan lancar. 

Oleh karenanya ini merupakan cara memilih lokasi rumah yang selanjutnya. Jangan lupa untuk memilih dan memeriksa kondisi rumah yang telah terhubung dengan sumber mata air seperti PDAM ataupun sumur bor.

Untuk listrik dan internet, sebisa mungkin hindari posisi rumah yang berada dekat dengan tiang kabel listrik untuk menghindari terjadinya korsleting secara tiba-tiba.

4 dari 7 halaman

Dekat dengan Fasilitas Umum

Cara Memilih Lokasi Rumah © Diadona

Cara memilih lokasi rumah keempat yaitu pastikan untuk memilih lokasi rumah di dekat fasilitas umum seperti tempat ibadah, rumah sakit, pasar dan tempat polisi.

Rumah yang dekat dengan fasilitas umum dapat memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya, baik kebutuhan yang bisa diduga maupun tidak terduga. 

Meski kebanyakan lokasi rumah ini ditawarkan dengan harga yang cukup mahal, tetapi sangat worth it untuk dimiliki. Selain memiliki mobilitas yang mudah, lokasi ini juga memiliki nilai investasi yang cukup tinggi.

Tips Memilih Lokasi Rumah © Diadona

Fasilitas Publik yang Lengkap

Cek lokasi rumah, berapa jauh dengan jarak fasilitas publik yang dibutuhkan anggota keluarga?

Rumah Sakit 

Musibah tentu tidak dapat diprediksi, begitu pula dengan kondisi kesehatan yang tiba-tiba drop. Memiliki rumah yang berlokasi dekat dengan fasilitas kesehatan, terlebih rumah sakit, tentu menjadi keuntungan tersendiri.

Akan timbul rasa aman, karena jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan pada kondisi tubuh, maka dapat secara cepat ditangani oleh dokter. 

Selain itu jika dalam keadaan darurat dan mengharuskan untuk memanggil ambulans, maka lokasi rumah yang dekat dengan rumah sakit tentu tidak akan memakan waktu yang lama untuk dapat sampai.

Mengingat begitu banyak kasus kematian yang disebabkan oleh ambulans datang terlambat karena jarak rumah dengan rumah sakit yang begitu jauh. 

Pasar 

Pasar yang terletak di lokasi strategis dapat memudahkan kamu untuk mengakses transportasi umum, karena tentu banyak pedagang dan pembeli di pasar yang lebih memilih menggunakan transportasi umum dibanding membawa kendaraan pribadi di tengah ramainya pasar.

Selain itu, lokasi rumah yang strategis karena dekat dengan pasar dapat dimanfaatkan sebagai investasi di masa depan, mengingat harga properti yang akan terus naik tiap tahunnya.

Kebutuhan sehari-hari pun dapat terpenuhi dengan harga yang ramah di kantong, karena harga barang-barang yang ditawarkan di pasar pastinya jauh lebih murah daripada di mall atau supermarket.

Tak hanya menjadi pembeli, kamu bisa mulai menjadi bagian dari pedagang di sana dengan berbisnis di area pasar. Peluang usaha yang besar dengan lokasi strategis, menjadi keuntungan memulai usaha di pasar yang berlokasi dekat dengan rumah. 

Kampus / Sekolah

Terkadang bangun pagi untuk bersekolah atau berkuliah menjadi aktivitas yang sulit untuk dilakukan. Maka penting untuk memiliki rumah yang berada di kawasan dekat dengan sekolah atau kampus tempat menuntut ilmu.

Jarak tempuh yang sebentar, membuat anak memiliki waktu bersiap yang cukup lama atau tidak perlu bangun terlalu pagi untuk bersiap-siap berangkat sekolah atau kuliah.

Selain tak perlu bangun terlalu pagi, anak-anak juga bisa berangkat dengan berjalan kaki. Membiarkan anak berangkat sendiri akan melatih kemandirian mereka, apalagi jika berangkat bersama teman sebaya ke sekolah.

Anak akan lebih akrab dan mudah bersosialisasi dengan tetangga dan teman sekolah yang sebaya dengannya.

5 dari 7 halaman

Cara Memilih Lokasi Rumah © Diadona

Ada Ruang Hijau

Di tengah lahan perkotaan yang semakin sempit dan polusi yang selalu meningkat, kesehatan masyarakat jadi mudah terganggu. Untuk itu, cara memilih lokasi rumah yang berikutnya yaitu pilihlah kawasan rumah yang memiliki ruang hijau atau taman meskipun berukuran kecil.

Ruang hijau dapat digunakan sebagai tempat relaksasi untuk memperbaiki kualitas udara yang semakin baik. Tak hanya itu, ruang hijau biasanya sering dimanfaatkan sebagai tempat untuk berkumpul, bersantai dan bermain dengan tetangga rumah.

Polusi Udara dan Suara dalam Pertimbangan Memilih Lokasi Rumah © Diadona

Polusi Udara dan Suara

Polusi adalah salah satu masalah utama bagi orang-orang yang memilih untuk tinggal di daerah perkotaan. Ancaman terkena berbagai penyakit tentu membayang-bayangi masyarakat yang tinggal di daerah dengan tingkat polusi tinggi.

Lokasi rumah yang terlalu dekat dengan jalan raya menjadi salah satu hal yang harus dipertimbangkan.

Tentu enak jika rumah dekat dengan jalan raya, tetapi paparan polusi juga menjadi konsekuensinya. Tidak hanya polusi udara yang mengancam kesehatan, tetapi polusi suara juga akan mengganggu kenyamanan.

Sehingga, pastikan untuk memilih rumah dengan lokasi yang sesuai dengan kapasitas dan kebutuhan keluarga. 

6 dari 7 halaman

Dekat Pusat Bisnis

Cara Memilih Lokasi Rumah © Diadona

Kawasan pusat bisnis digambarkan sebagai tempat untuk melangsungkan berbagai aktivitas bisnis, niaga, rekreasi, dan komersial. Lokasi dari kawasan ini dinilai cukup strategis dan memiliki aksesibilitas yang mudah dijangkau oleh banyak orang. 

Oleh sebab itu, ini juga merupakan salah satu cara memilih lokasi rumah yang strategis. Dengan memiliki hunian yang ada di dekat kawasan pusat bisnis, kamu tak perlu lagi mengeluarkan waktu dan tenaga demi menikmati fasilitas hiburan ataupun sekadar melepas penat.

Salah satu contoh pusat bisnis yang terkenal di Jakarta adalah kawasan SCBD.

7 dari 7 halaman

Dekat dengan Transportasi Umum

Tempat WIsata Jogja Malam Hari - Jalan Malioboro © Diadona

Apabila tidak memiliki kendaraan pribadi, pertimbangan untuk memiliki lokasi rumah yang dekat dengan transportasi umum menjadi  hal yang penting.

Banyak orang yang tertarik untuk memiliki rumah yang berada di lokasi ini, khususnya bagi para pekerja kantoran. 

Transportasi umum memudahkan masyarakat untuk berangkat ke tempat kerja dengan lancar tanpa perlu terjebak macet di jalanan. Hadirnya transportasi umum dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dari segi jarak, waktu, dan tenaga dengan baik.

Oleh sebab itu, ini juga merupakan cara memilih lokasi rumah yang strategis terutama di kota besar.

Itulah beberapa cara memilih lokasi rumah yang strategis yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli sebuah rumah. Semoga ulasan ini cukup bermanfaat ya Diazens!

Penulis : Nabila Rofifah Ghassani

Beri Komentar