6 Tips Memilih Keramik Garasi yang Tepat, Elegan, Tak Cepat Rusak dan Awet Lebih Lama

Reporter : Arifina
Jumat, 2 Februari 2024 19:00
6 Tips Memilih Keramik Garasi yang Tepat, Elegan, Tak Cepat Rusak dan Awet Lebih Lama
Jangan asal ya, biar lantai garasi di rumah selalu awet dan tak gampang rusak.

Tips memilih keramik garasi bisa menjadi acuan buat kamu yang tengah mendesain rumah nih! Garasi menjadi bagian penting bagi seseorang yang memiliki kendaraan cukup banyak, atau kendaraan beroda empat.

Garasi bukan lagi hanya tempat untuk menyimpan kendaraan, tetapi juga bagian penting dari rumah yang dapat meningkatkan nilai estetika. Salah satu cara untuk meningkatkan tampilan garasi adalah dengan memilih jenis dan motif keramik yang tepat.

1 dari 7 halaman

Tips Memilih Keramik Garasi © Diadona

Tempat penyimpanan kendaraan ini sering terpapar kotoran, oli, dan bahan kimia dari kendaraan. Karena itu memilih keramik yang tepat untuk garasi sangatlah penting dilakukan.

Idealnya, dalam menentukan keramik untuk garasi penting memperhatikan dari material flooring. Lantai ruang kendaraan ini harus cukup kuat. anti pecah, memiliki tekstur kasar dan tebal.

Nah, berikut ini diadona.id bagikan tips memilih keramik garasi yang tepat dilansir dari berbagai sumber. Apa saja?

2 dari 7 halaman

Pilih jenis Keramik yang Tebal

Ketebalan keramik menjadi salah satu bagian terpenting untuk lantai garasi, Disarankan, dalam pemilihannya adalah jenis keramik dengan ketebalan yang cukup.

Makin tebal keramik lantai, maka makin kuat juga keramik untuk menahan beban. Namun, perhatikan pula kualitas dari ketahanan dan kekuatan bahan-bahan dari keramik yang digunakan.

Biasanya, ketebalan keramik yang baik berkisar antara 7-18 mm, tergantung dari jenis dan lebarnya. Dengan memilih ketebalan yang tepat, dijamin lantai garasi untuk kendaraan kamu akan tahan lama dan tidak cepat rusak.

3 dari 7 halaman

Tekstur Anti-Slip

Tips Memilih Keramik Garasi © Diadona

Keamanan sangat penting, terutama ketika garasi basah atau ketika Anda naik atau turun dari kendaraan. Pilih keramik dengan tekstur anti-slip untuk mencegah kecelakaan yang tidak diinginkan.

Lebih gampangnya, kamu bisa memilih tekstur lantai yang kasar. Sebab, mobil atau kendaraan tidak akan mudah tergelincir.

Karena itu sangat tidak dianjurkan memilih jenis keramik yang halus. Sebab, jika lantai terciprat oli kendaraan, justru akan menjadikan lantai licin dan menyebabkan mobil atau kendaraan lain akan mudah tergelincir.

4 dari 7 halaman

Sesuaikan Ukuran Keramik

Menentukan ukuran keramik dengan luas garasi kendaraan penting untuk dilakukan. Hal ini agar tetap bisa menciptakan visualisasi garasi yang tetap cantik.

Ukuran keramik yang ideal untuk garasi kecil adalag 30x30 cm. Keramik kecil akan memberikan efek visual dan menjadikan ruangan terlihat lebih luas.

Namun, jika ruangan garasi kendaraan luas, kamu bisa memilih jenis ukuran keramik 40x40 cm, atau 50x50 cm. Jangan melebihi kedua ukuran tersebut, sebab keramik yang lebih besar berisiko retak atau pecah saat dilalui kendaraan.

5 dari 7 halaman

Tentukan Warna dan Pola

Tips Memilih Keramik Garasi © Diadona

Menentukan warna dan pola untuk keramik garasi juga penting. Terlebih, jika kamu juga memperhatikan estetika.

Warna keramik garasi sebaiknya dipilih yang tidak mudah kotor dan kusam. Kamu bisa memilih warna abu-abu, coklat, atau hitam sebagai lantai garasi yang tepat.

Warna gelap ini tak hanya menambah ruangan terlihat lebih keren, tetapi juga bisa menyembunyikan kotoran yang tertempel pda lantai. Sehingga, saat ada noda yang menempel dari kendaraan di lantai tidak akan begitu terlihat.

Selain itu, kamu juga dapat memilih keramik dengan pola-pola khusus untuk menambah estetika garasi.

6 dari 7 halaman

Jangan Asal Tergiur Tren

Memang benar tren adalah hal yang paling gampang untuk diikuti. Namun, kamu harus memperhatikannya lebih detail sebelum mengikuti tren dalam pemilihan keramik untuk garasi.

Banyak sekali bermuncukan tren keramik motif sage, putih corak marmer, dan smokey wood. Tetapi, tren ini belum tentu bisa menjadikan lantai garasi kuat dan tahan lama.

Alih-alih sekedar mengikuti tren semata, pastikan kualitas dari tren keramik itu sudah terjamin terlebih dahulu. Penting untuk selalu memperhatikan ketebalan dan ketahanan keramik.

7 dari 7 halaman

Pastikan Keramik Memiliki Ketahanan Terhadap Bahan Kimia

Tips Memilih Keramik Garasi © Diadona

Garasi kendaraan sangat rentan dengan bahan-bahan kimia, seperti oli, bahan bakar, atau cairan lainnya. Karena itu, penting juga memperhatikan jenis keramik yang memiliki ketahanan terhadap bahan-bahan kimia.

Hal ini untuk memudahkan kamu saat proses pembersihan area garasi dari bhaan kimia. Sehingga, noda-noda yang menempel pada lantai akan dengan gampang dibersihkan.

Kemudian, lantai yang tahan terhadap bahan kimia juga tidak akan mudah rusak. Dijamin, keramik akan lebih awet.

Itulah sedert tips pilih keramik garasi yang tepat dan awet lebih lama. Kamu dapat memilih keramik sesuai dengan garasi dan kebutuhan estetika yang diinginkan. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar