Semua Hal Tentang Rooftop yang Harus Kamu Tahu: Pengertian, Fungsi, dan Ide Desain yang Menarik

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 18 April 2024 12:41
Semua Hal Tentang Rooftop yang Harus Kamu Tahu: Pengertian, Fungsi, dan Ide Desain yang Menarik
Enak banget taurumah kalau ada rooftopnya~

Solusi untuk memliki ruang terbuka lebih di lahan yang sempit adalah membuat rooftop. Selain karena tidak memakan lahan, penggunaan rooftop ini juga bisa membuat ruang fungsional untuk berbagai kebutuhan.

Saat ini, rooftop memang sudah menjadi salah satu spot favorit di tiap-tiap bangunan. Baik itu gedung-gedung perkantoran, kafe atau rumah makan, dan tentu saja hunian atau rumah.

Untuk itu, mari kita simak semua hal tentang rooftop yang bisa kita jadikan referensi. Jadi, mari kita simak detail ulasannya di bawah ini ya, Diazens!

1 dari 6 halaman

Ilustrasi Rooftop © Diadona© Shutterstock.com

Apa itu Rooftop?

Rooftop adalah atap datar yang dapat diakses dan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Ini bisa berupa atap bangunan komersial, seperti gedung perkantoran atau mal, maupun atap rumah tinggal.

Berbeda dengan atap biasa yang miring, rooftop ini bisa diakses dan dimanfaatkan untuk berbagai hal. Jadi, rooftop adalah seperti “ lantai” ekstra di atas gedung atau rumah yang bisa digunakan untuk berbagai tujuan.

Pada mulanya penggunaan rooftop hanya berlaku pada bangunan-bangunan komersil, seperti cafe, restoran, cottage, hotel, dan lain sebagainya. Namun, masyarakat awam kerap menggunakan rooftop sebagai tempat untuk menjemur pakaian. Bahkan, tak jarang pula dari mereka yang sama sekali tidak memanfaatkan keberadaan rooftop.

2 dari 6 halaman

Ilustrasi Rooftop © Diadona© Shutterstock.com

Fungsi-fungsi Rooftop

Karena sifatnya yang sangat fleksibel, rooftop ini bisa kamu fungsikan untuk berbagai hal. Mulai dari hanya area bersantai, berkumpul bersama keluarga, hingga untuk membuat kebun atau taman sederhana di area rumah.

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari rooftop:

Taman Atap (Rooftop Garden)

Mengubah rooftop menjadi taman atap adalah salah satu fungsi paling umum dan bermanfaat. Dengan menanam berbagai jenis tanaman, mulai dari bunga hingga tanaman sayuran, Anda menciptakan area hijau yang indah di atas bangunan. Taman atap dapat meningkatkan kualitas udara, mengurangi panas urban, dan memberikan tempat yang nyaman untuk bersantai.

Tempat Bersantai (Rooftop Lounge)

Rooftop juga bisa dijadikan tempat bersantai. Anda dapat mengatur area dengan kursi, meja, dan pemandangan yang menakjubkan. Ini menjadi tempat yang ideal untuk menikmati matahari terbenam atau berkumpul dengan keluarga dan juga teman-teman.

3 dari 6 halaman

Untuk Ruang Makan

Rooftop bisa digunakan untuk area makan di ruangan terbuka dengan menambahkan set meja makan dan kursi. Rooftop mampu untuk menampung perabotan berat sehingga area ini cocok ketika cuaca sedang cerah untuk menikmati makan bersama keluarga atau teman di area outdoor.

Untuk Ruang Meeting

Seperti halnya dengan ruang makan, penggunaan rooftop bisa digunakan untuk kebutuhan pertemuan tim atau klien. Kamu hanya perlu membuat space khusus untuk menempatkan set meja kursi yang sesuai. Area meeting ini bisa dilengkapi dengan pantry minimalis yang bisa menyiapkan berbagai jamuan kepada para tamu.

4 dari 6 halaman

Ide Desain Rooftop Rumah

Biar kamu nggak bingung mau mendesain rooftop untuk rumah kamu, berikut ini adalah beberapa desain rooftop yang bisa kamu ajdikan inspirasi.

Ilustrasi Rooftop © Diadona© Shutterstock.com

Rooftop Semi Indoor Tropical

Di daerah tropis seperti di Indonesia, rooftop dengan konsep tropical adalah pilihan yang sangat cocok. Kamu bisa mendirikan gazebo untuk tempat bersanti yang bisa digunakan untuk banyak orang. Kemudian jangan lupa lengkapi dengan berbagai tanaman yang berfungsi untuk mempertahankan udara segar.

5 dari 6 halaman

Ilustrasi Rooftop © Diadona© Shutterstock.com

Rooftop Minimalis

Minimalisadalah konsep yang memang cocok untuk diaplikasi kan di berbagai suasana. Misal kamu ingin mendesain rooftop, konsep minimalis bia banget kamu jadikan pilihan.

Tutup sebagai ruang area rooftop dan isi dengan berbagai perabotan seperti kursi dan meja. Jangan lupa untuk menyedian pantry kecil. Dengan begini, rooftop bisa menjadi tempat yang sangat fleksibel untuk digunakan berbagai aktivitas dan kegiatan.

Rooftop Indoor

Pilihan yang terakhir adalah dengan membuat rooftop indoor. Jadi, kamu bisa menutup seluruh area rooftop namun tetap dengan akses terbuka seperti jendela yang lebar dan juga taman sederhana untuk membuat ruang hijau.

Dengan begini, rooftop bisa kamu jadikan ruangan pribadi untuk berbagai kegiatan seperti workout, WFH, ataupun untuk istirahat dengan udara yang sejuk dan segar.

Jadi itu ya Diazens beberapa hal terkait rooftop yang bisa kamu jadikan referensi. Jadi gimana, sudah siap membuat rootop di rumah belum?

Beri Komentar