7 Fungsi Teralis Jendela, Bukan Sekedar Keamanan Tapi juga Menambah Estetika Rumah

Reporter : Arifina
Rabu, 17 April 2024 13:00
7 Fungsi Teralis Jendela, Bukan Sekedar Keamanan Tapi juga Menambah Estetika Rumah
Teralis besi bisa buat rumah semakin menarik dan indah juga lho!

Fungsi teralis jendela ada beragam. Pemasangannya ini memang seringkali dikaitkan dengan keamanan untuk suatu rumah.

Namun, teralis jendela kini juga bisa untuk menambah estetika suatu rumah. Apalagi dengan desain dan bentuk yang kian menarik menjadikannya semakin terlihat indah dan cantik.

Teralis jendela merupakan elemen penting di suatu rumah yang terbuat dari besi dan dibentuk menjadi motif atau bentuk tertentu. Teralis ini sebagai lapisan pelindung tambahan pada jendela.

1 dari 9 halaman

Fungsi Teralis Jendela © Diadona

Terbuat dari besi, baja, atau aluminium, teralis hadir dalam berbagai desain dan motif untuk mempercantik rumah, seperti jenis teralis jendela minimalis. Namun, lebih dari itu pemasangan teralis sendiri untuk menjaga keamanan rumah.

Adanya teralis ini salah satunya untuk menghalangi akses masuk bagi siapapun melalui jendela. Selain itu terdapat pula beberapa fungsi lainnya, berikut yang sudah dirangkumkan diadona.id dari laman QSec dan berbagai sumber lainnya!

 

2 dari 9 halaman

Meningkatkan Keamanan dalam Rumah

Fungsi utama teralis jendela adalah untuk meningkatkan keamanan rumah. Teralis jendela berfungsi untuk mencegah tindak kejahatan seperti pencurian dan perampokan.

Teralis yang kokoh dan dipasang dengan benar akan menyulitkan pencuri untuk masuk ke dalam rumah melalui jendela. Tanpa teralis, jendela dapat menjadi titik masuk yang mudah bagi pencuri atau orang asing yang tidak diinginkan.

Dengan teralis yang kokoh, maka rumah akan terasa lebih aman dan nyaman.

 

3 dari 9 halaman

Perlindungan dari Faktor Lingkungan

Teralis Jendela Minimalis © Diadona

Selain melindungi dari kejahatan, fungsi teralis besi lainnya adalah untuk memberikan perlindungan dari faktor lingkungan yang tidak terduga. Misalnya, jika terjadi badai, angin kencang, atau masalah lainnya maka puing-puing di luaran akan terhalang untuk masuk melalui jendela.

Kemudian, jika rumah dilempari batu atau bola, maka teralis jendela bisa sebagai penghalang untuk masuk ke dalam rumah. Dengan demikian, rumah dan penghuninya akan tetap aman dan terlindungi.

 

4 dari 9 halaman

Meningkatkan Privasi Penghuni Rumah

Teralis jendela dapat membantu meningkatkan privasi kamu di dalam rumah. Sebab, pemasangan teralis jendela ini dapat menghalangi pandangan orang dari luar ke dalam rumah.

Hal itu didasari dari desain teralis jendela yang dipasang. Sehingga, dengan pemasangan teralis jendela khussu maka orang luar tidak akan mudah untuk melihat area dalam rumah kamu.

Hal ini tentunya menjadi pelindung privasi kamu sebagai penghuni rumah.

 

5 dari 9 halaman

Perlindungan Terhadap Masuknya Hama dan Hewan

Fungsi Teralis Jendela © Diadona

Selain menjaga keamanan dari pencuri, teralis jendela juga dapat membantu melindungi rumah kamu dari masuknya hama. Serangga dan hewan kecil seperti tikus dapat memasuki rumah melalui jendela yang terbuka, terutama pada malam hari atau saat kamu tidak ada di rumah.

Teralis jendela dapat menjadi penghalang yang efektif untuk mencegah masuknya hama-hama ini. Keberadann teralis akan menjaga rumah kamu tetap bersih dan nyaman.

 

6 dari 9 halaman

Melindungi Anak-anak

Teralis jendela juga dapat membantu melindungi anak-anak dari bahaya. Biasanya, anak-anak kerap menempel pada jendela saat bermain.

Nah, dengan adanya teralis ini maka akan melindungi anak-anak agar tidak jatuh keluar jendela. Terutama pada rumah yang memiliki lantai atas, teralis dapat mencegah anak-anak memanjat dan terjatuh.

Sehingga, anak-anak akan bebas bermain di dalam rumah tanpa membuat khawatir.

 

7 dari 9 halaman

Ventilasi yang Aman

Teralis Jendela Minimalis © Diadona

Meskipun teralis jendela menawarkan perlindungan tambahan, mereka juga memungkinkan ventilasi yang baik di dalam rumah. Dengan teralis yang terpasang dengan benar, kamu dapat membuka jendela tanpa khawatir akan keamanan rumah.

Ini juga memungkinkan adanya aliran udara segar masuk ke rumah, menjaga udara di dalam rumah tetap bersih dan tentunya juga sehat.

 

8 dari 9 halaman

Estetika dan Penampilan

Selain manfaat keamanan dan fungsionalitasnya, teralis jendela juga dapat menambah estetika rumah. Teralis yang didesain dengan baik dapat meningkatkan penampilan jendela dan keseluruhan tampilan eksterior rumah lebih menarik.

Ada berbagai desain dan gaya teralis yang dapat dipilih sesuai dengan gaya arsitektur rumah kamu. Sehingga, kamu dapat memilih desain dengan gaya desain rumah untuk menciptakan tampilan yang lebih cantik.

Itulah beberapa fungsi teralis jendela untuk di rumah. Namun, sebelum melakukan pemasangan ada baiknya kamu memilih jenis teralis yang tepat ya!

 

9 dari 9 halaman

Tips Memilih Teralis Jendela

Fungsi Teralis Jendela © Diadona

Berikut ini beberapa tips memilih teralis jendela:

  • Pilihlah bahan yang kokoh dan tahan lama, seperti besi, baja, atau aluminium.
  • Pastikan teralis dipasang dengan benar oleh tukang yang profesional.
  • Pilihlah desain teralis yang sesuai dengan gaya arsitektur rumah Anda.
  • Pertimbangkan jarak antar jeruji teralis agar tidak menghalangi ventilasi udara.
  • Pastikan teralis memiliki akses keluar yang mudah dalam keadaan darurat.

Dengan fungsi teralis jendela dan pemasangan yang tepat, maka rumah kamu akan lebih terasa aman dan nyaman. Privasi terjaga, dan tentunya meningkatkan estetika. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar