9 Cara Membersihkan Noda di Furniture Kayu, Bebas dari Kotoran dan Tetap Kinclong

Reporter : Arifina
Rabu, 17 April 2024 20:00
9 Cara Membersihkan Noda di Furniture Kayu, Bebas dari Kotoran dan Tetap Kinclong
Ternyata membersihkan noda pada furniture ada triknya lho!

Cara membersihkan noda di furniture kayu perlu diperhatikan dengan benar. Sebab, pembersihannya memang tidak bisa asal begitu saja atau furniture yang ternoda bisa semakin melebar.

Furnitur kayu merupakan elemen penting dalam dekorasi rumah. Keberadaannya akan memberikan kesan hangat dan klasik dalam ruangan.

Tetapi terkadang noda yang menempel pada material kayu furniture ini dapat mengganggu penampilannya. Apakah itu noda dari tumpahan minuman, bekas pena, atau goresan, maka perlu dihilangkan dengan tepat untuk tampilan yang tetap cantik.

1 dari 10 halaman

Cara Membersihkan Noda di Furniture Kayu © Diadona

Pada dasarnya, bahan material kayu yang tahan lama cukup mudah cara perawatannya. Hanya, harus sering-sering dibersihkan agar tidak mengundang debu-debu menempel.

Namun, untuk beberapa noda tertentu, pembersihan furniture kayu memang cukup tricky. Berikut ini cara membersihkan noda pada furniture kayu dilansir dari berbagai sumber.

2 dari 10 halaman

Gunakan Minyak Zaitun atau Mayonnaise

Cara pertama untuk membersihkan noda pada furniture kayu, kamu bisa memanfaatkan minyak zaitun atau mayonnaise. Kedua bahan tersebut cukup ampuh dalam membersihkan noda membandel pada material kayu.

Caranya sangat mudah, kamu hanya tinggal mengoleskan minyak zaitun atau mayonnaise ke area noda pada furniture kayu. Kemudian, biarkan sejenak selama 1 jam.

Selanjutnya, bersihkan area yang sudah diolesi minyak zaitun atau mayonnaise tersebut. Biasanya, kedua bahan ini untuk menghilangkan noda putih bekas air yang menempel pada furniture kayu. Dijamin, furniture akan langsung kembali bersih.

3 dari 10 halaman

Pasta Gigi Non-gel

Punya pasta gigi berbahan non-gel? Maka manfaatkan saja untuk menghilangkan noda pada furniture kayu. Caranya cukup mudah banget, siapkan pasta gigi yang akan digunakan dengan kain lembut.

Keluarkan pasta gigi non-gel secukupnya pada kain lembut, lalu gosokkan pada noda furniture kayu. Setelahnya, lap sisa pasta gigi pada furniture kayu menggunakan lap basah.

Lanjutkan dengan mengelap kembali area furniture kayu yang diolesi pasta gigi dengan kain lembut dan kering.

4 dari 10 halaman

Pasta Baking Soda

Ilustrasi Baking Soda © Diadona

Untuk noda yang lebih membandel seperti noda minuman atau noda makanan, kamu bisa membersihkannya dengan membuat pasta baking soda. Campurkan baking soda dengan sedikit air sampai membentuk pasta.

Kemudian, oleskan pasta ini ke noda dengan kain lembut dan biarkan selama beberapa menit. Selanjutnya, bersihkan kembali dengan lap lembut dna kering.

Pasta baking soda juga bisa membantu menghilangkan bau yang tidak diinginkan dari noda lho!

5 dari 10 halaman

Gunakan Setrika

Setrika rupanya bisa menjadi salah satu alat yang ampuh dalam membersihkan noda pada furniture kayu. Namun, cara ini harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak komponen dari setrika itu sendiri ataupun furniture kayu.

Sebelumnya, pastikan kamu sudah membershkan area furniture kayu dengan pembersih khusus kayu. Kemudian, siapkan lap basah dan nyalakan setrika.

Jadi, gunakan lap basah di atas noda pada furniture kayu, lalu gunakan setrika yang sudah dipanaskan dengan suhu rendah. Gosok setrika ke depan dan ke belakang di atas lap basah, lakukan hingga noda hilang.

6 dari 10 halaman

Gunakan Garam

Bahan bumbu masak seperti garam juga bisa menjadi salah satu cara yang ampuh untuk menghilangkan noda pada furniture kayu. Caranya, buat garam menjadi pasta scrub.

Campurkan garam dengan sedikit air hingga membentuk seperti scrub. Lalu, gosokkan pasta garam tersebut pada bagian furniture kayu yang bernoda.

Gosok perlahan sampiai noda bersih dan hilang. Cara ini cocok untuk membersihkan noda cair.

7 dari 10 halaman

Petroleum Jelly

Ilustrasi Petroleum Jelly © Diadona

Jika biasanya jamu menggunakan petroleum jelly untuk kecantikan, ternyata bahan ini juga bisa untuk membersihkan noda pada furniture kayu lho! Manfaatkan saja petroleum jelly dengan mengoleskannya pada noda furniture kayu.

Gosokkan perlahan hingga nodanya hilang. Selain membersihkan noda, petroleum jelly juga akan membuat tampilan furniture kayu lebih mengkilap lho!

8 dari 10 halaman

Minyak Sayur

Jika noda yang menempel pada furniture kayu adalah suatu residu lengket seperti lem, selotip, atau sticker, maka kamu bisa mengatasinya dengan minyak sayur. Caranya mudah, cukup gosokkan saja minyak sayur secukupnya pada bagian yang ternoda.

Biarkan selama beberapa jam terlebih dahulu. Lalu, bersihkan permukaannya dengan air sabun.

Pastikan saat menggunakan cara ini kayu sudah di pernis. Sebab, jika langsung begitu saja justru akan membuat noda minyak meresap ke dalam kayu.

9 dari 10 halaman

Cuka Putih dan Soda Kue

Cara lainnya dalam membersihkan noda pada furniture kayu, kamu bisa menggunakan cuka putih dan soda kue. Kedua bahan ini cocok untuk membersihkan bekas tumpahan makanan yang menempel pada kayu.

Langkahnya, bersihkan area noda yang terkena tumpahan sisa makanan dengan kain lembab dan sedikit cairan pembersih. Siapkan cuka putih, teteskan beberapa saja ke dalam soda kue hingga membentuk pasta.

Gosokkan pasta cuka dan soda kue ke atas noda, lalu lap dengan kain bersih dan lembab.

10 dari 10 halaman

Gunakan Cairan Pembersih

6 Alasan Memilih Dekorasi Ruangan dengan Furniture Kayu, Ciptakan Ruang Classic dan Aesthatic © Diadona

Cairan pembersih juga ampuh untuk membersihkan noda pada furniture kayu terutama jika terkena coretan bolpoin. Cukup gosokkan saja permukaan kayu yang tercoret dengan kain lembab yang sudah diberi cairan pembersih.

Gosok hingga noda hilang. Kemudian, biarkan area furniture kayu mengering secara menyeluruh.

Itulah cara membersihkan noda di furniture kayu dengan tepat. Dengan mengikut cara-cara di atas, kama keindahan dan ketahanan furniture kayu di rumah akan terjaga. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar