8 Desain Ruang Kantor Terbuka yang Kekinian dan Anak Muda Banget, Bikin Suasana Kerja Jadi Seru!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 16 April 2024 15:17
8 Desain Ruang Kantor Terbuka yang Kekinian dan Anak Muda Banget, Bikin Suasana Kerja Jadi Seru!
Temukan desain ruang kantor terbuka yang bagus di sini!

Sedang menjadi tren di kalangan perusahaan, desain ruang kantor terbuka dianggap jadi desain yang efektif untuk diterapkan pada ruang kerja di kantor karena bisa menambah produktivitas para karyawan. Tentunya, pada penerapannya terdapat kelebihan dan kekurangan dari desain kantor yang terbuka kalau dibandingkan dengan desain kantor tertutup yang dulu awam digunakan.

Kelebihan dari desain ruang kantor terbuka adalah menghemat budget, meningkatkan komunikasi antar anggota tim, dan memberikan kesan yang lebih santai pada ruang kantor. Kekurangan dari desain ini adalah berkurangnya privasi karyawan dan berpotensi menghilangkan fokus pada pekerjaan. Biasanya perusahaan yang menggunakan desain ruang terbuka memiliki budaya kantor yang lebih santai dan terbuka juga sehingga terpancar juga pada cara kerjanya.

Nah, langsung saja kita lihat berbagai tata ruang desain ruang kantor terbuka yang bisa kamu jadikan inspirasi!

 

1 dari 8 halaman

Desain Ruang Kantor Terbuka Ruang Sempit

Desain Ruang Kantor Terbuka © Diadona© Pinterest

Desain ruang kantor terbuka yang pertama cocok untuk kamu yang memiliki ruang terbatas untuk ruang kantor yang terbuka. Meja panjang dengan kursi kantor beroda berjejer berbaris yang cukup untuk sekitar 10-12 karyawan duduk berhadap-hadapan.

Meja panjang untuk desain ruang kantor terbuka biasanya memiliki fitur untuk mendukung berbagai perangkat yang kamu perlukan, seperti layar komputer atau lainnya. Dengan ruangan yang sempit ini, kamu bisa tetap fokus bekerja dengan rekan setim ditemani dengan detail meja yang tersambung ke atap dengan adanya rak tambahan untuk menyimpan barang atau dokumen.

 

2 dari 8 halaman

Desain Ruang Kantor Terbuka Santai

Desain Ruang Kantor Terbuka © Diadona© Pinterest/Jessica Gregorio

Terlihat berbeda dengan ruang kantor pada umumnya, desain ruang kantor terbuka ini memiliki suasana yang informal dan vibes yang fun. Sudah ada banyak perusahaan yang mengadaptasi desain ini untuk ruang kerja mereka. Biasanya mereka adalah perusahaan dengan budaya kerja yang fleksibel, seperti Google dan Amazon.

Kamu bisa bangun ruangan yang bebas sambil memasang berbagai detail yang bisa berikan support saat karyawan sedang bekerja, seperti meja, colokan yang banyak, atau bantal yang empuk. Buatlah ruangan dengan pencahayaan yang dapat diatur sesuai kebutuhan dan gunakan warna yang terang dan nyaman, seperti hijau atau kuning supaya produktivitas karyawan dapat meningkat!

 

3 dari 8 halaman

Desain Ruang Kantor Terbuka Hybrid

Desain Ruang Kantor Terbuka © Diadona© Pinterest

Kenapa disebut hybrid? Desain ruang kantor terbuka ini memiliki area yang lebih terbuka dan area yang masih menggunakan bilik untuk memberikan privasi yang lebih. Supaya tidak terlihat terlalu kaku, area yang butuh ditutup menggunakan lemari penyimpanan sebagai partisi dan tingginya pun tidak terlalu tinggi.

Untuk area desain ruang kantor terbuka, digunakan meja panjang dengan sedikit partisi pemisah di bagian tengah untuk merapikan pembagian ruang kerja serta memberikan sedikit privasi. Warna hijau mint dan putih digunakan supaya menimbulkan kesan yang terang dan tidak sumpek.

 

4 dari 8 halaman

Desain Ruang Kantor Terbuka Berkelompok

Desain Ruang Kantor Terbuka © Diadona© Pinterest/Vikas Rathi

Desain ruang kantor terbuka yang keempat menggunakan meja yang dikelompokkan dengan jumlah kursi yang lebih sedikit dibandingkan dengan desain lainnya. Desain ini cocok untuk memisahkan tim dengan tugas yang berbeda tetapi tetap menggunakan desain ruang yang terbuka.

Lantai yang masih menyisakan ruang yang cukup luas bisa dilengkapi dengan fasilitas penunjang kenyamanan karyawan, seperti sofa dan meja untuk berkumpul bersama serta rak dan lemari penyimpanan. Selain itu, karena desain ruang kantor terbuka ini memiliki dinding luar kaca yang memberikan akses penuh pada sinar matahari, gunakan furnitur dengan warna cenderung gelap supaya karyawan tidak merasa silau saat sedang bekerja.

 

5 dari 8 halaman

Desain Ruang Kantor Terbuka Pola Unik

Desain Ruang Kantor Terbuka © Diadona© Pinterest/GEJUN

Bosan dengan meja kerja panjang dan pola berkelompok biasa? Desain ruang kantor terbuka ini cocok sebagai pilihan alternatif yang tidak mengurangi produktivitas karyawan dan tetap efisien dalam menatanya. Selain itu, desain ini juga cocok untuk perusahaan dengan ruangan yang cenderung luas dan tidak memiliki karyawan banyak.

Pola zigzag ini memungkinkan untuk memuat 2 karyawan di setiap pola tanpa adanya partisi pemisah yang merupakan ciri khas desain ruang kantor terbuka. Menghindari suasana yang canggung dan proteksi privasi yang lebih baik, hadapkan tiap karyawan ke arah yang berbeda. Rak penyimpanan bisa membagi ruangan ini menjadi 2 area dengan desain ruang kerja yang sama.

 

6 dari 8 halaman

Desain Ruang Kantor Terbuka Modern Minimalis

Desain Ruang Kantor Terbuka © Diadona© Pinterest/Dorsy E

Desain ruang kantor terbuka yang satu ini cocok untuk kantor yang menggunakan konsep modern dan minimalis untuk keseluruhan bangunannya. Tidak perlu desain yang mencolok dan mengutamakan efisiensi, meja panjang digunakan dengan kursi kantor beroda yang memungkinkan kamu mengubah posisi bekerja dengan fleksibel.

Tidak ada hiasan atau detail yang mencolok adalah daya tarik utama dari desain ruang kantor terbuka ini. Untuk menciptakan suasana yang tidak membosankan, gunakan meja panjang dengan sedikit corak atau tekstur supaya suasana ruang kantor terasa lebih hidup.

 

7 dari 8 halaman

Desain Ruang Kantor Terbuka Modern Memanjang

Desain Ruang Kantor Terbuka © Diadona© Pinterest

Desain ruang kantor terbuka yang terakhir juga menggunakan meja panjang sebagai meja utama tempat karyawan bekerja. Jenis meja ini adalah pilihan favorit untuk ruang kantor yang terbuka karena tidak perlu jumlah yang banyak dan fleksibel.

Ada partisi kecil pemisah kedua bagian meja untuk privasi yang lebih. Lampu gantung di bagian tengah meja ditambahkan pada desain ruang kantor terbuka ini untuk menciptakan suasana yang lebih santai dan tidak kaku.

8 dari 8 halaman
Beri Komentar