8 Cara Ampuh Membasmi Kamitetep di Rumah yang Ampuh dan Tak Kembali Lagi

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 8 November 2023 17:22
8 Cara Ampuh Membasmi Kamitetep di Rumah yang Ampuh dan Tak Kembali Lagi
Kamitetep sering kali bertelur di area dimana bahan-bahan ini terakumulasi, seperti karpet atau sudut ruangan yang jarang dibersihkan

Pernah nggak sih kamu menemukan kamitetep di rumah? tentunya hewan tersebut sangat mengganggu aktivitas kamu. Kamitetep memiliki nama latin phereoeca uterella merupakan serangga kecil yang mirip seperti ngengat dengan dua pasang sayap berwarna abu-abu hingga coklat dan punya tubuh yang cukup ramping.

Ukurannya yang kecil membuatnya susah untuk diketahui keberadaannya. Namun kamu bisa mengenali hama ini jika terdapat benjolan yang menonjol berukuran kecil pada dinding dan mirip seperti kepompong. 

Asal kamu tau, kamitetep membentuk kepompong sebagai bagian dari siklus hidup mereka. Proses ini dimulai ketika masih menjadi larva untuk mencari tempat yang aman dan terlindungi. Mereka memanfaatkan benang-benang sutra yang keluar dari kelenjar mulutnya yang akan membentuk lapisan pelindung yang disebut kepompong.

Di dalam kepompong, larva mengalami metamorfosis, mengubah diri dari bentuk larva menjadi pupa. Setelah proses transformasi selesai, pupa keluar sebagai kamitetep dewasa yang siap untuk berkembang di dalam ekosistem. 

Sebelum melangkah ke cara ampuh membasmi kamitetep di rumah ala Diadona, kamu perlu tau terlebih dahulu tentang penyebab kamitetep dapat hidup di rumah yang sering dikeluhkan masyarakat.

 

1 dari 8 halaman

Penyebab Kamitetep Betah di Rumah

Cara Ampuh Membasmi Kamitetep di Rumah © Diadona

Lingkungan Lembab

Kamitetep cenderung menyukai lingkungan yang lembab. Kelembaban yang tinggi di dalam rumah, terutama di area seperti ruang bawah tanah atau kamar mandi, menciptakan kondisi yang ideal bagi mereka untuk bertahan hidup dan berkembang.

Rambut Rontok dan Serbuk Sari

Rambut manusia dan rambut hewan peliharaan yang rontok, bersama dengan serbuk sari, dapat menjadi sumber makanan bagi kamitetep. Mereka sering kali bertelur di area dimana bahan-bahan ini terakumulasi, seperti karpet atau sudut ruangan yang jarang dibersihkan.

Jaring Laba-laba

Jaring laba-laba di dalam rumah dapat menjadi tempat perlindungan bagi ngengat. Mereka dapat menghindari pemangsa dengan bersembunyi di balik jaring laba-laba, sehingga menjadikan rumah tersebut sebagai tempat yang aman.

Serangga Mati

Serangga yang mati, terutama jika terperangkap di dalam rumah, bisa menjadi sumber makanan bagi kamitetep. Hewan ini seringkali akan memakan bangkai serangga yang terlantar di dalam rumah.

Tanaman di Dalam Rumah

Beberapa spesies ngengat juga tertarik pada tanaman yang ditanam di dalam rumah. Mereka mungkin bertelur di tanaman tersebut atau memakan daun dan batangnya.

 

2 dari 8 halaman

Cegah Kamitetep di Rumah Mulai Dari Sekarang!

Cara Ampuh Membasmi Kamitetep di Rumah © Diadona

Untuk mengontrol keberadaan kamitetep di dalam rumah, penting untuk menjaga kebersihan dengan berbagai cara ampuh membasmi kamitetep di rumah. Termasuk praktik-praktik seperti membersihkan rambut rontok, menjaga kelembaban ruangan dalam batas normal, membuang serangga mati, dan menjaga tanaman dengan baik. Dengan perawatan dan pencegahan yang tepat, kamu dapat mengurangi risiko adanya ngengat di dalam rumah.

Siapa diantara kita yang merasa jengkel jika ada gangguan kamitetep yang bersembunyi di dalam rumah? kamitetep yang menempel pada dinding mungkin tidak terlihat bahaya, namun jika kamu tidak sengaja menyentuhnya, dampaknya kulit jadi kemerahan dan sensasi gatal yang luar biasa. Lalu gimana sih cara ampuh membasmi kamitetep di rumah yang meresahkan ini? Nah, kamu bisa ikuti 7 tips dan trik mengusir kamitetep berikut ini.

 

3 dari 8 halaman

Menjaga Kebersihan Rumah

Cara Ampuh Membasmi Kamitetep di Rumah © Diadona

Cara ampuh membasmi kamitetep di rumah yang pertama dapat kamu lakukan dengan menjaga kebersihan rumah dari debu maupun kotoran yang bisa mengundang kamitetep untuk berkembang biak. Kamitetep sangat menyukai tempat-tempat kotor sebagai tempat bersarang.

Langkah ini merupakan pencegahan pertama agar kamitetep tidak datang, maka kamu harus senantiasa membersihkan setiap sudut rumah tanpa terkecuali. Hama satu ini juga sering ditemukan menempel pada dinding yang bisa mengganggu seluruh anggota keluarga.

 

4 dari 8 halaman

Letakkan Kapur Barus di Lemari

Cara Ampuh Membasmi Kamitetep di Rumah © Diadona

Salah satu kebiasaan kamitetep adalah menyukai tempat yang tersembunyi seperti di dalam lemari yang sering diabaikan kebersihannya. Maka dari itu salah satu solusi yang bisa jadi cara ampuh membasmi kamitetep di rumah adalah dengan meletakkan kapur barus atau kamper pada setiap sudut lemari.

Pastikan untuk selalu mengganti kapur barus yang baru setelah 30-45 hari. Jangan pernah abaikan kebersihan lemari atau furnitur yang terbuat dari kayu lainnya, karena hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan yang serius dalam jangka waktu yang lama. 

 

5 dari 8 halaman

Bersihkan Selalu Jaring Laba-laba

Cara Ampuh Membasmi Kamitetep di Rumah © Diadona

Cara ampuh membasmi kamitetep di rumah selanjutnya adalah selalu membersihkan jaring laba-laba yang menempel pada dinding. Tindakan pencegahan ini bisa membantu mengurangi kehadiran kamitetep pada dinding.

Jaring laba-laba adalah tempat favorit ngengat untuk bertelur dan berkembang biak. Gunakan penyedot debu atau sapu yang panjang untuk bisa mencapai jaring laba-laba di sudut ruangan, di atas pintu maupun pada langit-langit. Dengan menjaga kebersihan dinding, kamu dapat gganggu siklus hidup kamitetep dan mengurangi populasi mereka di dalam rumah.

 

6 dari 8 halaman

Gunakan Kawat Nyamuk Untuk Menutup Ventilasi

Cara Ampuh Membasmi Kamitetep di Rumah © Diadona

Menggunakan kawat nyamuk untuk menutup ventilasi rumah bisa jadi cara ampuh membasmi kamitetep di rumah agar tidak masuk. Kawat nyamuk adalah kawat halus yang dapat ditempatkan pada ventilasi seperti jendela atau lubang-lubang lainnya. Kawat nyamuk sebagai penghalang fisik yang membuatnya sulit untuk masuk sehingga efektif dalam mencegah kamitetep 

 

Jaga Suhu Ruangan

Memperhatikan suhu ruangan adalah salah satu faktor penting dalam cara ampuh membasmi kamitetep di rumah. Pastikan kelembaban di dalam rumah tetap stabil dan sesuai dengan suhu yang nyaman bagi manusia, sekitar 20-25 derajat Celcius.

Hindari perubahan suhu secara tiba-tiba karena dapat mempengaruhi tingkat kelembaban di dalam rumah. Jika kamu tinggal di daerah dengan tingkat kelembaban yang tinggi, pertimbangkan untuk menggunakan dehumidifier untuk mengontrol kelembaban suhu ruangan. 

 

 

7 dari 8 halaman

Gunakan Produk Pestisida

Cara Ampuh Membasmi Kamitetep di Rumah © Diadona

Menggunakan produk pestisida adalah salah satu cara ampuh membasmi kamitete di rumah. Produk pestisida yang efektif sapat membantu mengatasi perkembangbiakan kamitetep. Pilih pestisida yang sesuai dengan jenis serangga yang ada di rumah biasanya berbentuk semprot maupun bubuk.

Setelah penggunaan, pastikan untuk membersihkan peralatan dengan baik dan menyimpan pestisida dengan aman di tempat yang tidak dapat diakses oleh anak-anak atau hewan peliharaan. 

 

8 dari 8 halaman

Tanam Tanaman Pengusir Serangga

Cara Ampuh Membasmi Kamitetep di Rumah © Diadona

Cara ampuh membasmi kamitetep di rumah yang terakhir adalah dengan menanam tanaman yang dibenci oleh serangga. Beberapa tanaman memiliki sifat alami yang dapat mengusir serangga, termasuk kamitetep diantaranya mint, lavender, rosemary, basil, marigold, lemongrass, dan masih banyak lagi.

Tanaman ini sangat mudah ditanam di area rumah dan dapat memberikan aroma yang kuat yang bisa mengusir serangga. Selain sebagai pengusir serangga, tanaman ini memiliki tampilan yang indah dengan bunga yang berwarna-warni menghiasi halaman rumah kamu.

Dengan menerapkan beberapa tips dan trik cara ampuh membasmi kamitetep di rumah, kamu bisa bebas dari gangguan serangga. Jangan lupa Diazen! kamu juga harus konsisten dalam upaya pencegahan kamitetep di dalam rumah agar menciptakan lingkungan yang nyaman.

 

Editor: Tiara Martha Asnadhinata

 

 

Beri Komentar