8 Desain Rumah 2 Lantai Sederhana di Kampung, dari Model Klasik hingga Kekinian yang Menawan

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 15 Desember 2023 09:32
8 Desain Rumah 2 Lantai Sederhana di Kampung, dari Model Klasik hingga Kekinian yang Menawan
Tak hanya sekadar indah, menerapkan desain rumah 2 lantai sederhana di kampung berikut dapat membuat suasana yang nyaman untuk dihuni.

Desain rumah 2 lantai sederhana di kampung menjadi idaman sejumlah orang. Bisa membangun rumah di kampung halaman menjadi sebuah kebanggan tersendiri setelah bekerja keras di tanah perantauan. Rumah tersebut dapat dijadikan sebagai tempat tinggal keluarga besar agar dihuni bersama ataupun untuk mempersiapkan hunian di masa pensiun nanti. 

Rumah kampung tak selamanya menerapkan gaya jadul, tetapi juga bisa dibangun dengan desain yang indah dan menarik. Kehadiran gaya rumah yang modern dapat kamu terapkan pada rumah kampung agar tidak memiliki kesan yang membosankan untuk dihuni. 

Biar gak semakin penasaran, yuk intip desain rumah 2 lantai sederhana di kampung yang bisa membuatmu jadi salah fokus.

1 dari 8 halaman

Rumah 2 Lantai Sederhana di Kampung Model Klasik

Rumah 2 Lantai Sederhana di Kampung © Diadona

Penggunaan teralis jendela jadi salah satu ciri yang menggambarkan hunian bergaya klasik. Pada zaman dahulu, kebanyakan orang suka memasang teralis di dinding, jendela dan pintu sebagai cara untuk melindungi rumah mereka. 

Selain memiliki fungsi pengaman, teralis juga memiliki fungsi yang bisa menambahkan estetika pada rumah. Teralis dapat digunakan sebagai dekorasi untuk memberikan tampilan rumah jadi kelihatan lebih indah dan nggak terasa kosong.

2 dari 8 halaman

Rumah 2 Lantai Sederhana di Kampung Atap Miring

Rumah 2 Lantai Sederhana di Kampung © Diadona

Menggunakan atap rumah dengan model miring dapat menonjolkan tampilan rumah jadi terasa lebih unik. Atap miring dibuat dengan kemiringan 30-35 derajat. Kehadirannya menjadi salah satu bentuk inovasi dari desain atap yang mengikuti perkembangan zaman. 

Beberapa keuntungan yang ditawarkan dari atap miring yakni dapat meminimalisir risiko terjadinya kebocoran. Karena bentuknya yang miring, hal ini dapat memudahkan air hujan untuk mengalir melalui atap dengan sempurna.

3 dari 8 halaman

Rumah 2 Lantai Sederhana di Kampung Ala American Farmhouse

Rumah 2 Lantai Sederhana di Kampung © Diadona

Farmhouse merupakan salah satu desain rumah yang ada di Amerika Serikat. Desain farmhouse terinspirasi dari hunian pedesaan khas Amerika yang membawa suasana hangat sekaligus nyaman untuk dihuni. 

Beberapa ciri yang menggambarkan desain rumah farmhouse di antaranya memiliki fasad rumah dengan motif garis-garis mencolok. Motif ini diperoleh dari kayu sebagai material utama untuk pembuatan rumah. Rumah farmhouse didominasi oleh warna putih yang terkesan simpel dan bersih.

4 dari 8 halaman

Rumah 2 Lantai Sederhana di Kampung dengan Kayu

Rumah 2 Lantai Sederhana di Kampung © Diadona


Kayu dikenal sebagai salah satu bahan bangunan yang memiliki struktur kuat dan kokoh. Kayu juga memiliki tingkat ketahanan yang cukup tinggi, sehingga cocok untuk digunakan dalam membangun rumah dengan jangka waktu yang panjang. 

Rumah dengan menggunakan bahan utama dari kayu memanglah menghasilkan tampilan rumah jadi terasa menawan. Akan tetapi, kekurangan dari rumah kayu dapat memunculkan risiko terjadinya serangan rayap sehingga membutuhkan perawatan yang maksimal saat ingin menerapkan rumah ini.

5 dari 8 halaman

Rumah 2 Lantai Sederhana di Kampung dengan Garasi

Rumah 2 Lantai Sederhana di Kampung © Diadona

Garasi merupakan sebuah bangunan yang biasanya digunakan untuk memarkirkan dan melindungi kendaraan dari cuaca di luar rumah. Biasanya, garasi diletakkan di samping maupun depan rumah yang terhubung dengan akses keluar-masuk rumah. 

Garasi memiliki 2 jenis model yang berbeda yaitu terbuka dan tertutup. Untuk garasi terbuka seperti ini, kamu hanya perlu memasang atap tanpa menggunakan pintu sebagai penutup garasi. Garasi juga dapat digunakan sebagai gudang atau tempat penyimpanan perabotan rumah.

6 dari 8 halaman

Rumah 2 Lantai Sederhana di Kampung dengan Pagar

Rumah 2 Lantai Sederhana di Kampung © Diadona

Kebanyakan rumah di kampung memiliki konsep terbuka dan sengaja tidak dipasang pagar di sekelilingnya. Orang-orang di kampung masih memiliki hubungan kekeluargaan yang cukup kuat, sehingga dikhawatirkan akan membatasi interaksi dan kunjungan antar tetangga apabila memasang pagar di rumahnya. 

Namun, rumah dengan pagar pun sekarang sudah cukup banyak di kampung. Hal ini karena pagar menjadikan rumah dapat terjaga dengan aman. Pagar memiliki manfaat yang baik untuk mengantisipasi masuknya pencuri maupun hewan-hewan liar. Tak hanya itu, pagar juga memiliki nilai estetika untuk merepresentasikan tampilan rumah secara lebih indah.

7 dari 8 halaman

Rumah 2 Lantai Sederhana di Kampung Tropis

Rumah 2 Lantai Sederhana di Kampung © Diadona

Batu bata sering dipilih untuk mendukung konstruksi rumah, khususnya pada rumah yang ada di daerah tropis seperti Indonesia. Bahan ini memiliki warna merah yang mencolok, sehingga dapat memberikan tampilan rumah jadi kelihatan eksotis. 

Tak hanya sekadar cantik, batu bata juga menawarkan manfaat yang baik untuk penghuni rumah. Batu bata memiliki kemampuan yang bisa menyerap panas dengan baik, sehingga dapat membuat suhu ruangan jadi lebih sejuk. Harganya pun cukup murah dan mudah ditemukan di toko bangunan.

8 dari 8 halaman

Rumah 2 Lantai Sederhana di Kampung Ala Melayu

Rumah 2 Lantai Sederhana di Kampung © Diadona

Rumah kampung ala Melayu memiliki ciri khas berbentuk panggung bertingkat dan terdapat tiang di bawahnya. Desain rumah kampung sangat cocok untuk daerah yang rawan terkena banjir karena nggak akan membuat air banjir jadi masuk ke dalam ruangan. 

Pembangunan dinding dari rumah kampung menggunakan bahan yang masih bersifat tradisional berupa anyaman kayu dan rotan. Kedua bahan tersebut merupakan bahan isolator alami yang dapat membuat suasana di dalam rumah jadi terasa sejuk dan adem. 

Itulah beragam desain rumah 2 lantai sederhana di kampung. Memiliki rumah indah dengan suasana kampung yang masih asri jadi langkah yang tepat untuk menciptakan hunian yang nyaman. Mana nih desain yang menarik perhatianmu? 

Penulis :  Nabila Rofifah Ghassani

Beri Komentar