8 Bentuk Atap Rumah Minimalis dari Gaya Tradisional sampai Modern yang Menarik

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Senin, 6 November 2023 14:47
8 Bentuk Atap Rumah Minimalis dari Gaya Tradisional sampai Modern yang Menarik
Bentuk atap rumah minimalis menjadi hal yang penting dalam memberikan kesan pertama terhadap hunian.

Ada banyak bentuk atap rumah minimalis yang cocok untuk hunian berhalaman sempit dan nggak bikin khawatir bakal menghabiskan budget yang terlalu banyak. Meskipun kedengarannya minimalis, berbagai bentuk atap minimalis ini bisa menghasilkan tampilan rumah kamu yang menawan.

Atap sendiri digunakan sebagai pelindung rumah agar terhindar dari berbagai kondisi cuaca maupun fenomena alam lainnya. Pemilihan bentuk atap rumah minimalis tentunya perlu kamu pertimbangkan dan sesuaikan dengan gaya hunian kamu. 

Untuk mengetahui pilihan atap rumah yang pas, ini dia ide bentuk atap rumah minimalis yang bisa kamu jadikan inspirasi saat dipasang di rumah.

1 dari 8 halaman

Bentuk Atap Rumah Minimalis Hip and Valley

Bentuk Atap Rumah Minimalis © Diadona

Ciri-ciri dari atap ini yaitu memiliki 2 sisi yang berbeda, di mana bagian depan memiliki bentuk seperti segitiga dan bagian belakang atau pinggul atap berbentuk perisai yang saling terhubung. 

Atap Hip and Halley dikatakan cukup populer disusun dengan struktur yang kuat untuk menahan air hujan dan hembusan angin kencang. Tampilan atap ini memberikan ilusi rumah kamu terlihat lebar dari luar.

2 dari 8 halaman

Bentuk Atap Rumah Minimalis Dormer

Bentuk Atap Rumah Minimalis © Diadona

Atap dormer adalah bentuk atap yang memiliki kesan menonjol untuk menciptakan ruang jendela. Jendela pada atap dormer dapat kamu pilih dengan bentuk datar, melengkung, runcing maupun lainnya. 

Atap ini sering kali digunakan sebagai ventilasi yang bisa meningkatkan aliran udara serta mendapatkan cahaya alami yang cukup untuk masuk ke dalam rumah. Penggunaan atap model ini bikin tampilan rumahmu jadi tidak membosankan.

3 dari 8 halaman

Bentuk Atap Rumah Minimalis Datar

Bentuk Atap Rumah Minimalis © Diadona

Meskipun terkesan datar, sebenarnya atap ini memiliki kemiringan yang mencapai 10 derajat untuk mengalirkan air hujan dengan sisi yang lebih rendah. Atap datar memiliki bentuk yang simpel dan bisa menggunakan material beton sebagai bahan penyusunnya. 

Dengan memiliki bentuk yang datar, pemasangan pada rumah terbilang cukup mudah dan tentunya menghemat perawatan. Atap datar memberikan tampilan rumah menjadi terlihat mewah dan modern.

4 dari 8 halaman

Bentuk Atap Rumah Minimalis Limas

Bentuk Atap Rumah Minimalis © Diadona

Terlihat seperti piramida, atap ini berasal dari kombinasi bentuk atap segitiga dan trapesium. Biasanya, atap limas memiliki kemiringan sudut atap 30 hingga 40 derajat. Dalam strukturnya, atap ini menggunakan bentuk rangka truss dan rafter yang dipertemukan melalui satu garis horizontal yang terletak di puncak atap. Keunggulan atap limas yaitu bisa disisihkan untuk membuat loteng di dalam rumah apabila dibutuhkan.

5 dari 8 halaman

Bentuk Atap Rumah Minimalis Saltbox

Bentuk Atap Rumah Minimalis © Diadona

Atap Saltbox merupakan rumah ala tradisional yang sering ditemukan di daerah New England pada pertengahan tahun 1600 an. Sejarah dari atap ini memiliki bentuk seperti kotak penyimpanan gula yang ditemukan di toko-toko zaman dahulu. Untuk memberikan kemudahan saat mengambil gula, kotak tersebut digantung dengan miring. Kemiringan dari atap Saltbox dianggap sebagai ciri khasnya dengan tampilan yang sederhana dan mempunyai nilai sejarah yang cukup tinggi.

6 dari 8 halaman

Bentuk Atap Rumah Minimalis Sandar

Bentuk Atap Rumah Minimalis © Diadona

Atap berbentuk sandar sengaja didesain dengan tidak memiliki rangka atap dan terkesan miring. Kemiringan tersebut didapatkan dari ukuran atap yang memiliki ketinggian dua ujung yang berbeda, sehingga terdapat beban yang perlu ditahan dengan kehadiran dari struktur penyangga. 

Keuntungan jika kamu memiliki atap sandar ini yaitu memudahkan air hujan untuk mengalir jatuh ke tanah dengan mudah dan bisa meminimalisir terhadap risiko atap jebol.

7 dari 8 halaman

Bentuk Atap Rumah Minimalis Segitiga

Bentuk Atap Rumah Minimalis © Diadona

Atap segitiga merupakan salah satu atap yang memiliki konstruksi paling kuat dan cukup efisien untuk menyesuaikan material bangunan yang terbuat dalam penampang lurus.

Atap ini juga memiliki proses pengerjaan yang cepat untuk dipasangkan di rumah karena disesuaikan dengan salah satu teorema matematika (Pythagoras) yang tidak terlalu memiliki pengukuran yang sulit, sehingga dapat menghemat waktu. Tidak heran jika bentuk atap ini sering disukai dan dipakai oleh banyak orang.

8 dari 8 halaman

Bentuk Atap Rumah Minimalis Gambrel

Bentuk Atap Rumah Minimalis © Diadona

Atap gambrel memiliki bentuk seperti tapal kaki kuda. Atap ini dibuat dengan empat sisi simetris, dengan dua ukuran lereng pada permukaan atap yang berbeda. Lereng pertama memiliki ukuran yang lebih pendek dan kemiringan yang landai dibandingkan lereng kedua yang terkesan panjang dan curam.

Atap ini biasanya ditemukan di rumah-rumah klasik di Eropa dan Amerika. Suasana farmhouse seketika terasa hadir saat melihat atap ini.

Itulah berbagai bentuk atap rumah minimalis yang bisa bikin rumah terlindungi dengan nyaman. Selain menonjolkan nilai fungsi, bentuk atap di atas juga memiliki nilai keindahan yang bisa memancarkan pesona rumahmu. 

Penulis : Nabila Rofifah Ghassani

Beri Komentar