19 Inspirasi Ruang Kerja di Rumah buat Bikin Mood dan Semangat Kamu Naik Terus

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 20 Oktober 2023 23:25
19 Inspirasi Ruang Kerja di Rumah buat Bikin Mood dan Semangat Kamu Naik Terus
Ruang kerja di rumah kamu harus bikin nyaman, betah dan sesuai dengan karakter kamu. Nggak mahal kok untuk mewujudkannya!

WFH atau tidak, kamu tetap butuh ruang kerja di rumah yang bikin kamu nyaman dan bersemangat.

Work from home atau bekerja dari rumah udah jadi tren sejak awal kemunculannya pada tahun 2020 lalu. Beberapa orang bilang kalau metode ini lebih efektif dibanding kerja di kantor yang malah membuang lebih banyak tenaga dan ongkos. Namun, beberapa lainnya justru nggak suka WFH karena metode ini bikin mereka malas dan nggak produktif. 

Kalau kamu tim yang mana Diazens?

Nah, setelah mengulik lagi,  ternyata besar atau kecilnya efektifitas work from home juga dipicu sama kurangnya fasilitas yang nyaman dan mendukung untuk seseorang bekerja di rumah. Nah, kalau kamu malas dan nggak produktif di rumah, mungkin ruang kerja kamu kurang mendukung mood kamu nih, Diazens.  Oleh karena itu, penting untuk punya ruang kerja yang nyaman dan private untuk mendukung semangat dan produktivitas kerja kamu di rumah.

Eit sebelum melihat-lihat desainnya, pastikan dulu kamu tahu gimana tips untuk bikin ruang kerja di rumah berikut:

1. Pilih Tempat Terbaik untuk Bekerja

Tip pertama dan paling mendasar untuk menciptakan ruang kerja di rumah adalah menemukan tempat terbaik. kalau kamu punya rumah yang besar, kamu tentu punya banyak pilihan. Tapi bagaimana bila ada keterbatasan ruangan?

Ruang kerja kamu akan dipengaruhi oleh beberapa gangguan, misalnya udara dan suara dari luar, besar ruangan dan lainnya.

2. Pilih Tempat yang Lebih Dekat dengan Jendela

Salah satu ide ruang kerja kantor rumah terbaik adalah menempatkan meja di depan jendela. Atau kalau nggak memungkinkan, pilih yang paling dekat dengan jendela. Memangnya kenapa sih? Soalnya nih cahaya alami sangat berpengaruh pada produktivitas kamu.

3. Jangan Hadapkan Layar Komputer Menghadap Jendela

Pernahkah Anda mendengar tentang ketegangan optik akibat sinar matahari yang langsung mengenai layar monitor kamu?

Menata meja di dekat jendela bisa menjadi ide yang bagus, tapi jangan sampai menghadapkan monitor ke sana ya!

4. Dekatkan dengan Colokan Listrik

Saata bekerja, kamu mungkin membutuhkan pengisian daya laptop, ponsel hingga meja kerja kamu. Dengan mendekatkan meja kerja dengan colokan listrik, kamu tak perlu melihat kabel yang berantakan terlalu panjang.

5. Usahakan Jangan Dekatkan Tempat Kerja dengan Tempat Tidur

Bekerja di atas tempat tidur mungkin terlihat cukup nyaman, tetapi hal ini bisa berdampak buruk buat pekerjaan dan jam istirahat kamu. Saat Anda bekerja dari tempat yang senyaman tempat tidur atau sofa, jam kerja kamu bertambah, rus kamu bisa jadi stres. Akhirnya ini bisa bikin jam istirahat kamu berubah.

Buat kamu yang ingin mendesain ruang kerja pribadi yang cozy dan aesthetic, berikut adalah inspirasi ruang kerja di rumah yang bisa kamu tiru!

1 dari 18 halaman

Inspirasi Ruang Kerja Cozy di Rumah

Inspirasi Ruang Kerja Cozy di Rumah © Diadona

Ruang kerja yang cantik dan personal akan bikin kamu lebih semanagt kerja. Nggak percaya? Coba buktiin deh!

Selain desain, perhatikan juga ukuran meja dan kursi kerja kamu. Pilih kursi dan meja kerja ergonomis yang mempu menopang tubuh kamu dengan baik sehingga kamu terhindar dari cedera atau kelelahan berlebih karena posisi yang tak nyaman.

2 dari 18 halaman

Ruang Kerja Hitam dan Putih di Rumah

Ruang Kerja Hitam dan Putih di Rumah © Diadona

Ngomongin palet warna buat ruang kerja di rumah, hitam dan putih nggak akan pernah salah. Hitam dan putih adalah warna netral yang cocok dan mudah dipadukan dengan warna lain.

Penggunaan warna yang sederhana menciptakan tampilan bersih, minimalis, dan pastinya bikin kamu fokus pada pekerjaan kamu. Tambahkan lighting yang sesuai untuk menambah suasana tenang yang nyaman digunakan seharian.

Untuk memberikan warna apada ruang kerja, tempatkan aksesoris yang yang cantik dengan warna-warna yang bikin mata melirik.

3 dari 18 halaman

Ruang Kerja di Rumah Bertema Skandinavian

Ruang Kerja di Rumah Bertema Skandinavian © Diadona

Dekorasi ala Scandinavia yang sedang populer juga bisa kamu aplikasikan ke ruang kerja kamu. Dominasi warna netral yang terang membuat workspace kamu terkesan nyaman dan hangat. Perpaduan tekstur bulu pada karpet maupun bantal pasti bikin kamu betah lama-lama kerja deh!

4 dari 18 halaman

Ruang Kerja di Rumah Bertema Gibli

Ruang Kerja di Rumah Bertema Gibli © Diadona

Dunia imajinatif nggak menghambat kamu untuk jadi produktif, bikin aja ruang kerja kamu ala karya Studio Ghibli. Berikan sentuhan elemen ‘My Neighbor Totoro” dan “ Spirited Away” untuk menciptakan ruang kerja yang dreamy dan penuh keajaiban! Penggemar karya lain juga bisa mencontoh inspirasi ini dengan mengubah elemennya menjadi elemen yang sesuai dengan karya favorit kamu.

5 dari 18 halaman

Ruang Kerja di Rumah di Bawah Tangga

Ruang Kerja di Rumah di Bawah Tangga © Diadona

Ruang kosong di bawah tangga umumnya digunakan untuk tempat penyimpanan. Tapi bagaimana bila dijadikan sebagai ruang kerja di rumah? Bisa banget!

 

6 dari 18 halaman

Ruang Kerja di Rumah dengan Tanaman Indoor

Ruang Kerja di Rumah dengan Tanaman Indoor © Diadona

Kadang kamu males dan nggak semangat kerja? Mungkin kamu butuh lebih banyak oksigen di meja kerja kamu. Jika kamu yang memiliki ruang kerja dengan ventilasi dan pencahayaan yang baik, desain ini bisa menjadi pilihan yang menarik.

Bayangin kamu bekerja di taman yang hijau dan segar, kamu bisa padukan elemen kayu dengan tanaman hijau yang cantik. 

Ruang Kerja di Rumah dengan Tanaman Indoor © Diadona

7 dari 18 halaman

Ruang Kerja Maksimalis di Rumah

Ruang Kerja Maksimalis di Rumah © Diadona

Ruang kerja maksimalis artinya memanfaatkan seluruh ruang untuk elemen yang tidak menonjolkan sisi fungsional, misalnya dekorasi berupa lukisan, pajangan unik hingga tanaman hias. Seluruh dekorasi tersebut memang akan bikin ruang kerja di rumah terasa penuh, tapi tentu tak jadi soal bila membuatmu lebih bersemangat, bukan?

 

8 dari 18 halaman

Ruang Kerja Minimalis di Rumah

Ruang Kerja Minimalis di Rumah © Diadona

Ruang kerja di rumah berdesain minimalis menekankan pada fungsionalitas dan kesederhanaan. Jika kamu menyukai furnitur yang simpel tapi fungsional, desain ini ideal untuk ruang kerja kamu. Pilihlah elemen dekorasi yang efisien dan nggak menuh-menuhin tempat ya!

9 dari 18 halaman

Ruang Kerja di Rumah Industrial

Ruang KErja di Rumah Industrial © Diadona

Desain ruang kerja industrial ditandai dengan barang-barang dekoratif vintage di luar elemen arsitektur yang ditambahkan pada bangunan. Ruang kerja di rumah industrial bisa berupa meja baja, bangku dengan elemen kayu dan lainnya.

10 dari 18 halaman

Ruang Kerja Sederhana di Rumah

Ruang Kerja Sederhana di Rumah © Diadona

Bikin ruang kerja di rumah tak perlu mahal, sebab kamu bisa siasati dengan menggunakan meja kerja dari rak tempel dinding yang murah meriah. Bentuknya memang sangat sederhana dengan kemampuan menahan beban tak berat, namum nmenghadirkan tampilan minimalis dan ketinggian serta ukuran yang bisa disesuaikan.

11 dari 18 halaman

Ruang Kerja d Rumah dengan Dinding Lipat

Ruang Kerja d Rumah dengan Dinding Lipat © Diadona

Bisa dibilang ini adalah ruang kerja di rumah berdesain antara ada dan tiada. Sebab bagian mejanya bisa 'dihilangkan' dengan melepas pengait di bagian atas, semenatra itu kamu bisa 'meminjam' meja dar meja rias atau meja ruang makan. Ruang kerja berikut ini selain murah, cocok untuk kamu yang tak membutuhkan fungsinya setiap hari.

12 dari 18 halaman

Ruang Kerja di Rumah dengan Langit-langit Rendah

Ruang Kerja di Rumah dengan Langit-langit Rendah © Diadona

Atap ruang yang rendah membuat kamu berasa di gua. Tata ruang kerja di rumah ini bakalan bikin kamu nyaman dan produktif, asalkan dilengkapi dengan elemen penunjang seperti sirkulasi udara, cahaya dan view yang indah dari jendela di sampingnya.

13 dari 18 halaman

Ruang Kerja di Rumah Penuh Warna

Ruang Kerjan di Rumah Penuh Warna © Diadona

Sesuai dengan namanya, ruang kerja yang penuh warna dapat menjadi tempat nyaman untuk kamu bekerja. Dengan palet warna yang beragam, furnitur yang fun, serta pajangan-pajangan lucu, ruang kerja ini akan mendorong semangat dan motivasi kamu menjalani hari! Jangan lupa tambah dengan tanaman hias di ruang kerja kamu yang menurut penelitian nih katanya mampu menghilangkan stres.

14 dari 18 halaman

Ruang Kerja Sempit di Rumah

Ruang Kerja Sempit di Rumah © Diadona

Space sempit nggak boleh menghentikan kamu punya ruang kerja yang kece di rumah. Solusinya ada seperti pada gambar, yakni memaksimalkan ruang untuk meja kerja dan sisi atas untuk penyimpanan vertikal.

Gunakan furnitur yang efisien dan fungisonal. Ciptakan ruang kerja yang sesuai dengan kebutuhan dan jangan buang-buang space untuk dekorasi yang nggak menunjang pekerjaan kamu.

15 dari 18 halaman

Ruang Kerja di Rumah Berkonsep Walk In Home Office

Ruang Kerja di Rumah Berkonsep Walk In Home Office © Diadona

Kebalikannya, kalau kamu memiliki space yang lebih luas untuk ruang kerja, kamu bisa menjadikannya walk in home office yang lebih profesional. Desain ini memberikan kamu ruangan private dengan akses khusus pada ruangan tertentu. Ini juga dapat memisahkan fokus kamu antara bekerja dan urusan rumah tangga lainnya.

 

16 dari 18 halaman

Ruang Kerja dengan Meja Luas di Rumah

Ruang Kerja dengan Meja Luas di Rumah © Diadona

Jika kamu adalah tipe orang yang simpel dan mudah, kamu bisa mencontoh inspirasi ruang kerja di rumah seperti di atas. Sedikit sentuhan dekorasi akan membuat ruang kerja kamu terkesan bersih dan lega. Ini bisa kasih kamu ruang yang cukup untuk bergerak maupun berkreatifitas.

17 dari 18 halaman

Ruang Kerja di Sudut Rumah

Ruang Kerja di Sudut Rumah © Diadona

Memiliki sudut kosong di rumah? Manfaatkan lahan untuk membuat ruang kerja kamu. Gunakan meja berbentuk seperempat lingkaran dan tambahkan laci untuk mendukung berkas atau buku-buku kamu. Kamu juga bisa gunakan meja L-shaped jika sudut yang kamu gunakan cukup luas dan menampung meja yang lebih besar.

18 dari 18 halaman

Ruang Kerja Lesehan di Rumah

Ruang Kerja Lesehan di Rumah © Diadona

Kamu menyukai ruang kerja yang sederhana dan lebih santai? Kamu bisa mendesain ruang kerja kamu secara ‘lesehan’. Gunakan alas berupa karpet yang nyaman, bantal, meja rendah, serta kursi lipat yang empuk agar kamu betah berlama-lama. 

Ruang kerja di rumah berbentuk lesehan ini biasanya berada di kamar tanpa dipan untuk menjaga ketinggian aktivitas di kamar. 

Bikin ruang kerja di rumah nggak perlu mahal dan ribet. Gambar di atas adalah contohnya!

Penulis : Fishella W

Beri Komentar