10 Model Desain Bungalow Minimalis, Cocok Untuk Dijadikan Inspirasi Membangun Penginapan Kekinian

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 19 Oktober 2023 17:12
10 Model Desain Bungalow Minimalis, Cocok Untuk Dijadikan Inspirasi Membangun Penginapan Kekinian
Desain bungalow minimalis memiliki bentuk yang sederhana berukuran satu lantai bagaikan pondok yang terpisah-pisah. Tak heran apabila bungalow menjadi tempat penginapan favorit keluarga untuk menginap

Bagi kamu yang sering bepergian liburan pasti tidak asing lagi mendengar bungalow. Desain bungalow minimalis sering ditemukan pada penginapan di daerah wisata sebagai opsi penginapan bagi para wisatawan.

Desain Bungalow Minimalis sebagai penginapan dinilai dari kebersihannya, fasilitas, pelayanan, hingga tingkat privasi para tamu wisatawan. Biasanya dapat dijumpai pada area sekitar pantai seperti di Pulau Bali yang kaya akan destinasi wisata. 

Desain bungalow minimalis memiliki bentuk rumah yang sederhana berukuran satu lantai bagaikan pondok yang terpisah-pisah. Tak heran apabila bungalow menjadi tempat penginapan favorit keluarga untuk menginap atau sekedar singgah saat berlibur. Jika kamu memiliki keluarga dengan anggota banyak atau rombongan, bungalow dapat menjadi pilihan yang paling tepat. Tidak heran jika kini banyak pebisnis di bidang pariwisata yang gencar mendirikan bungalow sebagai sumber penghasilan mereka. 

Seiring berkembangnya desain bungalow minimalis, kini dapat dijumpai bangunan yang berukuran lebih besar dengan model dua tingkat. Berbeda halnya dengan Indonesia, jika di luar negeri Bungalow terkadang didirikan untuk menyediakan rumah modern bagi para pekerja.  Meskipun identik disebut sebagai tempat penginapan wisata, nyatanya kamu juga dapat mendirikan bungalow sendiri loh! 

Tertarik untuk merancang desain bungalow minimalis? Yuk intip sejumlah inspirasi di bawah ini!

 

1 dari 10 halaman

Desain Bungalow Minimalis Bergaya Tradisional

Desain Bungalow Minimalis © Diadona

Untuk kamu yang menginginkan desain bungalow dengan nuansa tradisional, maka rekomendasi pertama kali ini akan menjadi pilihan yang paling pas. Dengan sentuhan tradisional menggabungkan elemen minimalis dengan unsur budaya serta arsitektur tradisional. Desain bungalow minimalis memiliki tata letak yang diatur secara fungsional dengan sentuhan warisan budaya.

Umumnya menggunakan ornamen atau ukiran tradisional sebagai bagian dekorasi rumah termasuk ukiran kayu, kerajinan tangan bermotif tradisional. Untuk memperkuat nuansa tradisional, kamu dapat memadukan desainnya dengan bahan alami seperti kayu, bambu dan anyaman sebagai elemen eksterior bungalow.

 

2 dari 10 halaman

Desain Bungalow Minimalis Beratapkan Jerami

Desain Bungalow Minimalis © Diadona

Desain bungalow minimalis beratapkan jerami memiliki ciri khas atap yang terbuat dari jerami atau bahan alami serupa. Tampilan dari bungalow ini akan memberikan kesan unik dan klasik layaknya rumah pedesaan tradisional. Selain atap jerami, model desain ini menggunakan material alami seperti kayu atau anyaman untuk elemen eksterior bungalow.

Bungalow beratap jerami sering dilengkapi dengan teras atau veranda yang dapat digunakan untuk bersantai dan menikmati pemandangan luar. Pilihan bungalow beratap jerami akan memberikan pengalaman para pengunjung yang tinggal agar terasa lebih dekat dengan alam. 

 

3 dari 10 halaman

Desain Bungalow Minimalis Kaca Bernuansa Modern

Desain Bungalow Minimalis © Diadona

Inspirasi selanjutnya adalah desain bungalow bernuansa modern yang menjadi gaya arsitektur dengan memadukan elemen modern kontemporer. Dengan mendesain bungalow seperti model di atas akan menciptakan hunian yang terlihat stylish, elegan dan fungsional. Atap dari bungalow modern bergaya perisai segitiga menjulang ke atas yang terbuat dari logam atau beton.

Penggunaan jendela besar berbahan kaca dapat menjadi pilihan yang tepat untuk memungkinkan cahaya alami masuk ke dalam ruangan dan menciptakan perasaan terbuka. Desain bungalow minimalis modern biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas kolam renang mini untuk bersantai.

 

4 dari 10 halaman

Desain Bungalow Skandinavia Minimalis Modern

Desain Bungalow Minimalis © Diadona

Desain bungalow skandinavia minimalis modern merupakan gaya arsitektur yang memadukan elemen minimalis dengan estetika skandinavia. Model bungalow ini mampu menciptakan penginapan yang sederhana, bersih, fungsional dengan mempertahankan kehangatan dan keindahan ala skandinavia.

Bentuk fasad bergaya perisai dengan perpaduan cat dinding berwarna netral seperti putih, cream sebagai palet warna dominan untuk menciptakan kesan yang terang dan lapang. Penggunaan jendela besar atau pintu kaca geser dapat menjadi pilihan jika ingin menciptakan penginapan dengan konsep terbuka.

 

5 dari 10 halaman

Desain Bungalow Minimalis Bernuansa Hangat

Desain Bungalow Minimalis © Diadona

Kamu mendambakan penginapan bungalow dengan nuansa nyaman dan hangat? Maka desain bungalow minimalis di atas dapat menjadi inspirasi yang paling tepat. Kamu dapat mendirikan bangunan bungalow bergaya minimalis modern dengan atap jerami bagaikan rumah gadang.

Bangunan bungalow tersebut didominasi oleh material kayu dan bambu yang mampu menciptakan nuansa alam. Sedangkan pencahayaan berwarna kuning temaram akan memberikan kesan hangat saat berlibur sambil menikmati keindahan pemandangan di luar bungalow. 

 

6 dari 10 halaman

Desain Bungalow Minimalis Ala Rumah Panggung di Pantai

Desain Bungalow Minimalis © Diadona

Bungalow bergaya rumah panggung banyak ditemukan di daerah sekitaran area pantai seperti di Maldives, Bali, dan lainnya. Posisinya terkadang berada di tepi pantai atau persis diletakkan di tengah pantai sehingga akan memanjakan wisatawan dengan pemandangan pantai yang menakjubkan.

Fasilitas tambahan berupa tangga akan memudahkan para tamu yang ingin berenang menikmati keindahan eksotis pantai. Bungalow minimalis ala panggung di pantai dapat menjadi pilihan yang paling tepat jika ingin berlibur honeymoon bersama sepasang kekasih.

 

7 dari 10 halaman

Desain Bungalow Minimalis Dua Lantai

Desain Bungalow Minimalis © Diadona

Desain bungalow minimalis selanjutnya adalah penginapan dengan menggabungkan konsep minimalis dalam dua tingkat bangunan untuk menciptakan hunian yang lebih fungsional dan terasa lapang. Area ruang tamu, ruang makan dan dapur biasanya diatur dalam tatanan terbuka untuk menciptakan ruang yang lebih luas.

Penggunaan pintu dan jendela kaca yang besar membantu untuk menciptakan hubungan harmonis yang baik antara interior dan eksterior agar memudahkan penerangan alami masuk ke dalam rumah. Umumnya dilengkapi dengan tangga modern berdesain minimalis yang terbuat dari material besi atau kayu.

 

8 dari 10 halaman

Desain Bungalow Minimalis Dengan Perpaduan Rustik

Desain Bungalow Minimalis © Diadona

Jika kamu ingin menciptakan hunian bungalow bernuansa hangat dan uni, maka desain bungalow minimalis dengan perpaduan rustik dapat menjadi jawabannya. Selain terkesan hangat, desain bungalow tersebut juga menampilkan kesan tradisional yang tetap hidup. Penggunaan material kayu dominan digunakan sebagai elemen eksterior maupun interior bangunan.

Fasad rumah dan atap bergaya tinggi dapat dilengkapi dengan kayu yang menciptakan sentuhan rustik estetis dan tradisional. Meskipun berbentuk minimalis, tak jarang bungalow rustik juga dilengkapi dengan kolam renang di area taman untuk memanjakan para wisatawan.

 

9 dari 10 halaman

Desain Bungalow Minimalis Dengan Konsep Unik

Desain Bungalow Minimalis © Diadona

Kamu ingin merasakan sensasi menginap di bungalow dengan desain yang anti mainstream? Desain bungalow minimalis berkonsep unik seperti di atas dapat menjadi pilihan yang menarik. Bentuk atapnya yang berbeda dari desain lainnya akan memanjakan mata wisatawan yang menginap disana.

Ukurannya yang tidak terlalu luas, cocok digunakan sebagai wisata honeymoon bagi pasutri yang baru menikah. Di sekeliling bungalow tersebut juga dilengkapi dengan pepohonan yang rindang sehingga akan membuat suasana tampak lebih asri dan sejuk.



10 dari 10 halaman

Desain Bungalow Minimalis Bergaya Eropa

Desain Bungalow Minimalis © Diadona

Rekomendasi penginapan wisata yang terakhir adalah desain bungalow minimalis bergaya Eropa. Desain bungalow bergaya eropa merupakan kombinasi antara estetika minimalis dengan unsur-unsur desain yang terinspirasi dari gaya arsitektur Eropa. Gaya Eropa seringkali menggabungkan elemen klasik seperti batu alam, ornamen dan elemen arsitektur klasik.

Pemilihan palet warna dalam bungalow ini sering melibatkan warna netral seperti putih, cream, hitam untuk menciptakan tampilan yang elegan dan bersih. Beberapa ornamen artistik klasik seperti stucco dan tiang rumah berwarna putih digunakan untuk memperkuat kesan Eropa. Selain itu, jalan setapak dari batu alam dapat mempercantik area taman dan menambah nuansa Eropa.

Beberapa desain bungalow minimalis di atas dapat kamu jadikan inspirasi untuk tempat penginapan saat berlibur bersama keluarga atau bahkan dijadikan ide bisnis wisata yang menarik. Manakah desain yang paling sesuai dengan gaya dan seleramu? Yuk tentukan pilihanmu!

 

Editor: An Nisa Maulidiyah

 

 

Beri Komentar