Trending di TikTok, Renovasi Rumah Tua Subsidi Tipe 36 Disulap Mewah dengan Teras Ala Cafe Estetik

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 19 Oktober 2023 19:31
Trending di TikTok, Renovasi Rumah Tua Subsidi Tipe 36 Disulap Mewah dengan Teras Ala Cafe Estetik
Renovasi Rumah Tua Subsidi Tipe 36

Rumah tipe 36 merupakan istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan rumah dengan luas bangunan sekitar 50-72 meter persegi. Rumah dengan tipe 36 biasanya banyak dipakai sebagai hunian Indonesia karena bentuknya yang minimalis dan fungsional. Rumah dengan tipe 36 memiliki luas bangunan terbatas, oleh karena itu penting bagi pemilik rumah untuk menata tata letak ruang secara optimal dan efisien.

Jika kamu ingin memiliki rumah minimalis tipe 36 agar terlihat lapang, kamu dapat mencoba untuk merenovasinya dengan melihat berbagai inspirasi dari media sosial. Salah satunya unggahan video TikTok dari pemilik akun @dinaanendyaary yang berhasil menyulap rumah subsidi tipe 36 dari sederhana hingga tampil aesthetic bak cafe.

Dina Anenya Ary, nama lengkap pemilik dari akun tersebut membagikan video unggahannya yang viral dengan menampilkan renovasi total seluruh tata letak rumah mulai dari pagar, carport, kanopi hingga halaman rumah yang kini berubah menjadi lebih aesthetic.

 

1 dari 3 halaman

Sebelum Renovasi

Renovasi Rumah Subsidi Tipe 36 © Diadona

Dalam unggahan TikToknya, ia mengungkapkan “ Masuk rumah langsung ada dapur dan ruang TV Teras aku gunakan untuk ruang tamu. Instalasi listrik, lampu itu dari jasa renovasi. Mulai dari lantai, terus kitchen set dan backdrop televisi dari jasa renovasi, begitu juga dengan plafon, jadi ini terhitung renovasi total,” ujar pemilik akun tersebut. 

Tak segan-segan, Dina juga menampilkan bagian belakang rumahnya yang dulu dijadikan dapur, namun setelah direnovasi kini digunakan sebagai area ruang cuci pakaian karena terlihat  sempit.

Sebagai pemisah antara bagian depan dan belakang rumah, ia memanfaatkan pintu feeding. Sedangkan untuk menutupi bagian atas rumah, ia memberi kanopi berwarna transparan yang bisa dibuka tutup atau di sliding.

 

2 dari 3 halaman

Sisi Depan Rumah yang Mulai Direnovasi

Renovasi Rumah Subsidi Tipe 36 © Diadona

Tak hanya itu, bagian depan rumahnya diberikan kesan unik dengan tembok bulat yang tersusun dari tumpukan batu bata ekspos. Proses pembuatannya memanfaatkan batu ringan atau hebel. “ Bulatan tembok tersebut diisi dengan susunan batu bata ekspos yang kemudian dicat ulang menggunakan cat Nippon Paint Weatherbond mengikuti warna bata,” ujar sang pemilik akun. 

@dinaanendyaary Home tour rumah subsidi setelah direnovasi , renovasi rumah subsidi total mulai dari depan dan belakang , semoga menginspirasi 🙏🏻 #renovasirumahsubsiditipe36 #renovasirumah #rumahsubsidipemerintah #renovasirumahtype36 #renovasirumahminimalis #renovasimurah ♬ Vlog BGM_03(953483) - Fujiwo

Pada sisi depan rumah, dihiasi dengan susunan batu alam berukuran mini dan hiasan lampu pada bagian pagar dan terasnya. Jadi ketika hari menjelang malam, rumah Dina tampak semakin aesthetic bak cafe yang instagrammable. 

Pemilik rumah tersebut mengungkapkan jika renovasi rumah subsidi tersebut mencapai Rp150,5 juta yang berlokasi di Madiun, Jawa Timur. Namun sayangnya rumah yang telah direnovasi itu belum bisa ditempati, karena masih tinggal satu atap bersama kedua orang tuanya. 

Berhasil membuat warganet takjub, unggahan video yang diupload oleh pemilik akun @dinaanendyaary kini telah ditonton lebih dari 747.4 ribu viewers hingga mendapat banjiran likes. Beberapa netizen sempat heran dengan posisi TV yang berada di depan dapur, namun ia langsung menjawabnya “ Konsep rumahnya open kitchen mbak, banyak penjelasan di video aku kalo gasuka silahkan skip sesuai selera ya. Bisa tarik ke depan lalu ke kanan braketnya, aku jelasin juga di video terbaru aku,” balas Dina.

 

3 dari 3 halaman

Cerita Awal Membeli Rumah Subsidi Tipe 36

Renovasi Rumah Subsidi Tipe 36 © Diadona

Dilansir dari Wolipop.com saat ia diwawancarai terkait konten renovasinya yang viral, Dina membeli rumah baru tipe 36/66 dengan luas tanah berukuran 6,35 x 10,40. Awalnya kondisi rumah tersebut terlihat seadanya tanpa ada dapur, teras dan carport.

Tembok yang dicat tidak rata, plafon dengan kualitas biasa saja hingga bocor beserta atapnya. Fasilitas lampu di rumah subsidinya banyak yang tidak berfungsi, bahkan banyak keramik yang pecah. Tak hanya itu, pintu dan jendela juga masih dalam kondisi yang melengkung dan tidak simetris. 

Dengan menggunakan salah satu jasa renovasi terpercaya, ia berhasil menyulap rumah subsidi tipe 36/66 itu selama kurang lebih 4 bulan, hingga membuat warganet takjub dibuatnya. 

Dina membuat bagian teras rumahnya itu ala cafe estetik dengan taman minimalis yang tampak asri. Dina juga menambahkan aksen lampu LED untuk menambah kesan hangat dan mewah. 

Bagus banget ya, kira-kira kamu tertarik cobain tips dari Dina untuk hemat budget punya hunian dengan beli rumah subsidi biasa lalu direnovasi jadi estetik? Selamat mencoba ya!

 

Editor: An Nisa Maulidiyah

 

 

Beri Komentar