Jangan Asal Taruh! Ini Lokasi Penempatan Tempat Sampah di Area Rumah yang Tepat

Reporter : Arifina
Jumat, 26 April 2024 15:17
Jangan Asal Taruh! Ini Lokasi Penempatan Tempat Sampah di Area Rumah yang Tepat
Ternyata tempat sampah nggak boleh asal taruh ya!

Lokasi penempatan tempat sampah di area rumah harus diperhatikan dengan baik. Jika asal saja meletakkan, hal itu akan mempengaruhi area ruangan menjadi kurang enak di pandang dan terlihat kurang rapi.

Memiliki tempat sampah di rumah merupakan hal yang esensial untuk menjaga kebersihan dan kerapian. Tanpa tempat sampah, berbagai jenis kotoran seperti debu, sisa makanan, atau barang tidak terpakai akan berserakan di sekitar rumah.

 

1 dari 7 halaman

Lokasi Penempatan Tempat Sampah © Diadona

Tentu saja, barang yang berserakan dan kotoran ini akan sangat mengganggu aktivitas penghuni rumah. Karenanya, penting untuk menaruh tempat sampah di beberapa area rumah agar segala hal yang harus dibuang segera bisa masuk ke tempat yang tepat.

Nah, dilasir dari Homes and Gardens, penempatan tempat sampah di area rumah ini tidak bisa dilakukan asal. Penempatan yang tepat juga dapat memengaruhi estetika, hingga kesehatan dari penghuni rumah untuk terhindar dari bakteri yang banyak muncul di area tempat sampah.

Ada beberapa ruangan yang tepat untuk meletakkan tempat sampah dengan baik di area rumah lho! Mana saja? Simak yang berikut!

 

2 dari 7 halaman

Lokasi Tepat untuk Tempat Sampah

Dapur

Salah satu ruangan yang penting dan harus ada tempat sampah adalah dapur. Area ini merupakan salah satu ruangan yang seringkali menjadi sumber berbagai jenis sampah, terutama setelah memasak.

Dapur biasanya menghasilkan banyak sampah dari sisa makanan, tisu, hingga makanan kemasan. Oleh karena itu, tempat sampah di dapur sangat diperlukan agar sampah tidak berserakan di sekitar ruangan.

Letakkan tempat sampah di samping wastafel atau tempat cuci piring agar mudah diakses saat sedang melakukan kegiatan memasak atau mencuci. Pilih jenis tempat sampah dengan tutup yang rapat untuk mencegah bau dan hewan pengerat ya!

 

3 dari 7 halaman

Kamar Mandi

Tempat sampah juga boleh diletakkan di dalam kamar mandi untuk membuang berbagai jenis sampah seperti tisu, pembalut, atau kemasan odol. Namun, perlu diperhatikan, gunakan tempat sampah di kamar mandi yang terbuat dari bahan plastik.

Sebab, kamar mandi adalah area yang lembab. Sehingga membutuhkan tempat samoah yang tahan air.

Gunakan juga model tempat sampah yang memiliki tutup agar tidak terkena cipratan air. Dijamin, kebersihan area kamar mandi juga tetap terjaga nih!

 

4 dari 7 halaman

Luar Rumah

Lokasi Penempatan Tempat Sampah © Diadona

Selain tempat sampah di dalam rumah, juga diperlukan tempat sampah yang lebih besar di depan rumah. Tempat sampah ini biasanya akan dikosongkan oleh petugas sampah dan dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) terdekat.

Pastikan tempat sampah tersebut tertutup rapat untuk mencegah masuknya hewan-hewan pengganggu seperti tikus atau kucing. Sehingga, sampah di area luar rumah tidak akan berserakan dan mengganggu.

 

5 dari 7 halaman

Lokasi yang Tidak Tepat untuk Tempat Sampah

Selain memaksimalkan area untuk penempatan tempat sampah yang benar, kamu juga harus memperhatikan area yang tidak tepat. Dalam artian, ruangan-ruangan di bawah ini yang ada di rumah tidak disarankan diberi tempat sampah.

Ruang Tamu

Hindari meletakkan tempat sampah di ruang tamu karena dapat menimbulkan bau dan mengganggu kenyamanan tamu.
Jika ada sampah, letakkan di meja atau bawa ke tempat sampah di dapur.

Menurut feng shui, menempatkan tempat sampah di dekat pintu masuka area ruang tamu juga dapat menghambat keberuntungan.

 

6 dari 7 halaman

Kamar Tidur

Keberadaan tempat sampah di kamar tidur dapat mengganggu kualitas tidur. Karena itu, hidnari meletakkannya di kamar kamu ya!

Apalagi, tempat sampah menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.
Sebaiknya buang sampah sebelum tidur dan letakkan tempat sampah di luar kamar.

 

7 dari 7 halaman

Tips Lainnya untuk Memilih Penggunaan Tempat Sampah di Rumah

Lokasi Penempatan Tempat Sampah © Diadona

Ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan dalam menempatkan tempat sempah di rumah. Sekiranya, kamu memiliki beberapa jenis agar sampah bisa terpilah dengan baik.

  • Gunakan beberapa tempat sampah di rumah untuk memisahkan jenis sampah, seperti sampah organik, anorganik, dan daur ulang.
  • Letakkan tempat sampah di tempat yang mudah dijangkau agar mudah digunakan.
  • Pastikan untuk membersihkan tempat sampah secara rutin untuk mencegah bau dan bakteri.

Itulah lokasi penempatan tempat sampah di rumah yang tepat. Praktikkan agar suasana rumah terhindar dari bakteri, tetap rapi, dan bersih ya! Semoga bermanfaat.

Beri Komentar