7 Tips Memilih Furnitur Outdoor yang Cocok Untuk Area Luar Rumah

Reporter : Yoyok
Rabu, 24 April 2024 14:45
7 Tips Memilih Furnitur Outdoor yang Cocok Untuk Area Luar Rumah
Tidak hanya fokus dengan material, kamu juga perlu mempertimbangkan faktor lainnya.

Buat kamu yang sedang mendesain dekorasi luar rumah, tentu kamu harus paham beberapa tips dalam memilih furnitur outdoor. Area halaman depan atau belakang rumah sering kali menjadi spot kita bersantai menikmati segarnya udara. Area outdoor rumah juga sering kali menjadi spot untuk kamu bersantai bersama orang-orang rumah.

Maka dari itu, kalau area outdoor kosongan atau tidak ada furnitur sama sekali tentu saja tidak akan lengkap. Namun, kamu tidak bisa sembarangan dalam memilih furnitur untuk area outdoor. Jika salah, tidak hanya akan cepat rusak, namun juga bisa bikin jelek are outdoor.

Ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan saat furnitur outdoor. Yuk disimak guys.

1 dari 7 halaman

Tahan Segala Jenis Cuaca

Tips Memilih Furnitur Outdoor © Diadona© pinterest.com

Tips pertama dalam memilih furnitur outdoor adalah pilih yang tahan segala jenis cuaca. Furnitur yang diletakkan di luar ruang tentunya wajib hukumnya untuk tahan segalam macam jenis cuaca, seperti paparan sinar matahari, hujan, atau mungkin salju sekalipun.

Untuk tips satu ini, kamu bisa memilih furnitur dengan jenis material tertentu yang tentunya akan tahan dengan berbagai cuaca. Contohnya seperti kayu jati atau stainless steel.

2 dari 7 halaman

Nyaman dan Multifungsi

Tips Memilih Furnitur Outdoor © Diadona© pinterest.com

Tips berikutnya dalam memilih furnitur outdoor yaitu pilih yang memberikan kenyamanan serta bersifat multifungsi. Walaupun tahan cuaca, namun jika tidak nyaman tentu jadi gak pernah dipakai.

Selain itu, cari furnitur outdoor yang multifungsi alias memiliki banyak fitur atau kegunaan. Seperti halnya meja dengan ruang penyimpanan tambahan atau sebagainya.

3 dari 7 halaman

Mudah Dirawat

Tips Memilih Furnitur Outdoor © Diadona© pinterest.com

Faktor perawatan juga menjadi salah satu tips memilih furnitur outdoor sekalnjutnya. Furnitur yang tidak memerlukan perawatan khusus atau tambahan tentunya akan menghemat energi.

Namun, bukan berarti furnitur outdoor tersebut tidak dirawat ya. Pastikan untuk selalu membersihkannya secara berkala dan penggunaannya sesuai kapasitas agar tidak rusak.

4 dari 7 halaman

Desain Cocok dengan Konsep Rumah

Tips Memilih Furnitur Outdoor © Diadona© pinterest.com

Tips memilih furnitur outdoor yang keempat yaitu dengan pilihlah yang sesuai dengan konsep rumah. Furnitur outdoor bisa menjadi alat " penyambut" tamu sekaligus identitas pemilik. Maka dari itu, perlu banget untuk kamu memilih furnitur outdoor yang sesuai dengan konsep rumah.

Pilih furnitur outdoor bergaya klasik atau modern jika konsep rumahmu bergaya salah satu dari dua tersebut. Atau, kamu juga bisa memadukan dengan warna yang sama dengan tema eksterior rumahmu.

5 dari 7 halaman

Posisikan di Tempat Teduh

Tips Memilih Furnitur Outdoor © Diadona© pinterest.com

Usahakan untuk meletakkan furnitur di tempat yang teduh. Walaupun diletakkan di luar ruang dan tahan segala jenis cuaca, namun bukan berarti tidak bisa rusak.

Agar umur furnitur outdoor lebih awet, maka kamu bisa meletakkannya di spot-spot yang teduh pada halaman. Tentunya jika diletakkan di tempat teduh akan terjamin awetnya karena tidak langsung terkenal sinar matahari atau hujan.

6 dari 7 halaman

Rekomendasi Material

Tips Memilih Furnitur Outdoor © Diadona© pinterest.com

Sebelumnya, sempat dibahas bahwa salah satu tips dalam memilih furnitur outdoor adalah yang tahan cuaca. Tahan tidaknya terhadap segala jenis cuaca tergantung dari material yang dipakai. Berikut ini adalah beberapa material furnitur outdoor yang kami rekomendasikan:

- Kayu jati, memiliki keindahan natural dan cocok banget untuk luar ruangan.

- Plastik, harga ekonomis serta mudah dirawat menjadi pilihan yang realistis.

- Semen atau beton, dijamin berkualitas dan tahan segala jenis cuaca.

- Stainless steel, tetap kuat segala macam cuaca meskipun bentuknya ramping atau tipis sekalipun.

7 dari 7 halaman

Sesuaikan dengan Budget

Tips Memilih Furnitur Outdoor © Diadona© pinterest.com

Tips terakhir dalam memilih furnitur outdoor yaitu sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Furnitur outdoor memang bagus untuk estetika bagian halaman depan atau belakang rumah. Namun, kamu juga perlu memperhatikan budget karena keinginan dan kebutuhan adalah dua hal yang berbeda.

Pilihlah furnitur outdoor yang sesuai dengan budget kamu sekarang. Atau, kamu bisa menabung terlebih dahulu, lalu membeli furnitur outdoor sesuai keinginan.

Itulah beberapa tips memilih furnitur outdoor yang perlu kamu ketahui. Selamat mendesain area luar ruamh ya Diazens.

Beri Komentar