Jangan Buru-Buru Beli, Ini Plus Minus Sewa Rumah yang Harus Kamu Pertimbangkan

Reporter : Arifina
Kamis, 25 April 2024 15:17
Jangan Buru-Buru Beli, Ini Plus Minus Sewa Rumah yang Harus Kamu Pertimbangkan
Pertimbangkan dahulu sebelum memutuskan untuk sewa atau beli rumah ya!

Plus minus sewa rumah perlu menjadi perhatian penting. Apalagi, jiak kamu tengah berencana untuk memiliki rumah pribadi.

Keputusan untuk membeli ataupun menyewa rumah ini memerlukan pertimbangan yang matang. Pasalnya, pilihan ini sangat dipengaruhi oleh kondisi finansial dan kebutuhan individu masing-masing.

Semisal kamu ingin menyewa rumah, maka kamu perlu untuk memahami dengan betul mengenai kelebihan dan kekurangannya. Hal ini nantinya yang akan menjadi acuan apakah sesuai dengan kondisi yang kamu hadapi saat ini.

Nah, berikut ini diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber mengenai plus minus sewa rumah untuk bisa kamu jadikan pertimbangan!

1 dari 8 halaman

Kelebihan Menyewa Rumah

Tampak Depan Rumah Minimalis © Diadona

Adapun beberapa hal inilah yang menjadi kelebihan bila kamu memutuskan untuk menyewa rumah buat keluarga.

Modal Awal Lebih Kecil

Biaya awal untuk menyewa rumah umumnya lebih kecil daripada membeli. Saat menyewa, kamu hanya perlu membayar uang sewa bulanan saja.

Kamu tak perlu memikirkan berapa uang yang harus dikeluarkan sebagau uang muka (DP) yang biasanya mencapai 20 persen dari harga rumah jika membelinya. Sehingga, kamu masih bisa untuk memaksimalkan kondisi keuangan harian kamu.

2 dari 8 halaman

Bebas Biaya Perawatan

Sebagai penyewa, kamu tidak bertanggung jawab atas biaya pemeliharaan rumah. Baik itu menyoal perbaikan genteng bocor, tembok retak, dan lain sebagainya.

Sebab, kondisi kerusakan rumah dan pemeliharaannya itu menjadi tanggung jawab langsung dari pemilik rumah. Dengan begitu, jika ada kerusakan kamu hanya perlu memberitahu pemilik rumah untuk proses perbaikan tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan deh.

3 dari 8 halaman

Lebih Fleksibel

Sewa rumah menawarkan fleksibilitas untuk pindah ke tempat lain dengan lebih mudah. Hal ini memungkinkan kamu untuk pindah jika ada kebutuhan pekerjaan yang mengharuskanmu pindah tempat.

Kamu juga menjadi tidak terikat di suatu tempat karena hal tersebut misal lingkungan tempat tinggal saat ini tidak sesuai.

4 dari 8 halaman

Tidak Terikat Jangka Panjang

Plus Minus Sewa Rumah © Diadona

Kontrak sewa rumah biasanya hanya berlaku satu tahun. Jika sewaktu-waktu ada masalah dengan rumah atau pemilik rumah, kamu akan lebih dengan mudah memutuskan untuk pindah tanpa konsekuensi finansial yang besar.

Sehingga, kalaupun kamu merasa tidak nyaman di suatu lingkungan, maka kamu hanya cukup bertahan sampai masa kontrak habis.

5 dari 8 halaman

Kekurangan Menyewa Rumah

Setelah membahas mengenai kelebihan dari menyewa rumah, maka ada juga kekurangan yang perlu menjadi perhatian. Sehingga, kamu bisa mengambil keputusan secara bijak ya.

Ketidakpastian Kontrak

Sebagai penyewa, kamu rentan terhadap keputusan pemilik rumah yang terkadang tidak pasti. Ada kemungkinan pemilik rumah tidak memperpanjang kontrak sewa meskipun kamu sudah membayar uang sewa setahun penuh.

Hal ini tentu saja dapat merugikan diri kamu dan keluarga. Alhasil, kamu juga terpaksa harus mencari tempat tinggal baru.

6 dari 8 halaman

Tidak Bebas Mendekorasi dan Merenovasi Rumah

Rumah yang disewa adalah milik pemilik rumah. Artinya, kamu tidak memiliki kendali atas rumah tersebut.

Apabila kamu ingin mendekorasi ulang maka harus atas persetujuan pemiliknya. Segala perubahan atau renovasi yang signifikan tidak bisa kamu lakukan sesuai keinginanmu semata ya.

7 dari 8 halaman

Tidak Ada Hak Kepemilikan Atas Rumah

Tampak Depan Rumah Minimalis Type 36 Atap Datar © Diadona

Saat menyewa rumah, perlu diingat bahwa rumah tersebut bukan milik. Kamu tidak akan mendapatkan sertifikat rumah yang disewa.

Uang yang kamu bayarkan untuk sewa dianggap sebagai pengeluaran tanpa adanya keuntungan jangka panjang. Kamu hanya memiliki hak pakai sebagai penyewa yang diberikan oleh pemilik rumah.

8 dari 8 halaman

Nah, itulah plus minus sewa rumah yang bisa kamu jadikan acuan. Jika kamu memiliki modal awal yang terbatas dan menginginkan fleksibilitas, menyewa rumah bisa menjadi pilihan yang tepat.

Namun, jika kamu menginginkan stabilitas dan ingin memiliki aset properti, pertimbangan membeli rumah mungkin lebih cocok untuk dilakukan. Pastikan kamu memikirkan dengan matang sebelum memutuskan untuk menyewa ataupun membeli rumah ya!

Beri Komentar