8 Bahan untuk Membersihkan Kerak Kamar Mandi, Anti Repot dan Kinclong Sempurna

Reporter : Arifina
Senin, 22 April 2024 17:47
8 Bahan untuk Membersihkan Kerak Kamar Mandi, Anti Repot dan Kinclong Sempurna
Bye-bye kerak membandel!

Bahan untuk membersihkan kerak kamar mandi ternyata mudah ditemui. Kamu pun akan dengan mudah membuat kamar mandi bersih dan kinclong tanpa ribet.

Kerak di kamar mandi adalah masalah umum yang seringkali sulit untuk diatasi. Kemunculannya biasanya terdapat pada area lantai dan akan sangat menganggu, membuat area kamar mandi menjadi kotor dan tidak menarik.

1 dari 9 halaman

Bahan untuk Membersihkan Kerak Kamar Mandi © Diadona

Padahal, area kamar mandi adalah salah satu tempat yang harus terjaga kebersihannya. Kamar mandi yang bersih tentunya akan membuat nyaman penggunanya dan terbebas dari bakteri.

Namun, membersihkan kerak kamar mandi kerap dijadikan sebagai persoalan berat. Padahal, ada beberapa bahan rumahan yang akan memudahkan kalian di rumah untuk membersihkan kerak di kamar mandi lho!

Berikut ini beberapa bahan ampuh untuk membersihkan kerak kamar mandi dilansir diadona.id dari berbagai sumber!

2 dari 9 halaman

Cuka Putih

Cuka putih adalah salah satu pembersih alami yang sangat efektif untuk menghilangkan kerak di kamar mandi. Kandungan asamnya dapat membantu melarutkan kerak dan kotoran di permukaan kamar mandi.

Campurkan cuka putih dengan air dalam botol semprot. Kemudian, cukup semprotkan ke area yang terkena kerak.

Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas dan bersihkan dengan sikat atau kain. Dijamin, kamar mandi akan kinclong kembali.

3 dari 9 halaman

Lemon

Bahan rumahan lainnya yang dapat memudahkan kamu untuk membersihkan kerak di kamar mandi adalah lemon. Kandungan asam asam sitrat yang kuat pada lemon terbukti efektif dalam menghilangkan kerak.

Caranya mudah, potong lemon menjadi dua bagian dan gosokkan langsung ke area yang terkena kerak. Biarkan cairan lemon meresap selama beberapa menit, lalu bersihkan menggunakan sikat atau spons kasar.

Sehingga, kerak di kamar mandi akan hilang dengan sempurna.

4 dari 9 halaman

Baking Soda

Ilustrasi Baking Soda © Diadona

Penggunaan baking soda untuk bahan kue ternyata juga ampuh dalam menghilangkan kerak di kamar mandi lho! Baking soda merupakan bahan abrasif alami yang dapat membantu mengangkat kerak.

Baking soda juga bersifat antibakteri dan antijamur. Cukup campurkan baking soda dengan sedikit air untuk membuat pasta. Biasanya perbandingannya 3:1, misal menggunakan tiga sendok bakinh soda dan satu sendok air.

Kemudian, oleskan pasta ini ke area yang terkena kerak dan biarkan selama beberapa menit. Gosok dengan spons atau sikat kecil, bilas hingga bersih.

5 dari 9 halaman

Garam Dapur

Garam dapur juga salah satu bahan masakan yang ampuh untuk membersihkan kerak di kamar mandi. Namun, pilih jenis garam kasar dalam hal ini ya.

Butiran-butiran kasar pada garam inilah yang dapat membantu mengikis lapisan kerak yang menempel pada lantai. Caranya mudah, basahi dahulu area yang terkena kerak dengan air.

Kemudian, taburkan garam kasar di atasnya. Lalu, gosok perlahan dengan spins atau kain lembut dengan memberikan tekanan. Bilas dengan air bersih, dan biarkan mengering baru digunakan.

6 dari 9 halaman

Pasta Gigi

Selain untuk membersihkan gigi dari bakteri dan noda, pasta gigi juga salah satu bahan yang ampuh dalam menghilangkan kerak di kamar mandi.

Cukup keluarkan pasta gigi, lalu oleskan pada bagian yang terkena kerak. Diamkan sebentar saja, kemudian sikat sedikit dan bilas dengan air.

Kamar mandi tak hanya bersih tapi juga akan lebih berkilau deh!

7 dari 9 halaman

Cairan Pembersih Kerak

Bahan untuk Membersihkan Kerak Kamar Mandi © Diadona

Cara lainnya guna membersihkan kerak, kamu bisa menggunakan cairan pembersih khusus. Bahan satu ini sudah bisa dijumpai di berbagai toko.

Namun, karena ini bahan kimia, penggunaannya pun perlu hati-hati. Biasakan untuk menggunakan sarung tangan dan masker agar kulit terlindungi saat mulai pembersihan dengan produk ini ya!

Bila diperlukan, pilihlah jenis produk semprot yang lebih praktis digunakan. Cukup disemprotkan di area kerak, lalu diamkan selama 10 menit dan bilas dengan sikat bersih dan air.

8 dari 9 halaman

Krim Tartar

Bahan yang satu ini salah satu yang biasa digunakan untuk membuat kue. Krim tartar memiliki kandungan asam ringan yang dinilai ampuh untuk membersihkan kerak di kamar mandi.

Cara penggunannya, buat pasta dengan krim tartar dan air. Lalu, oleskan pasta tersebut di bagian kerak di kamar mandi dan diamkan terlebih dahulu selama 30 menit.

Kemudian, gosok bagian yang sudah diolesi krim tartar dengan kain lembab dengan bersih.

9 dari 9 halaman

Larutan Pemutih

Cara lainnya, kamu juga bisa memanfaatkan larutan pemutih untuk membersihkan kerak di kamar mandi. Gunakan perbandingan 3:1, yakni campuran tiga sendok air dan 1 sendok larutan pemutih.

Setelah itu, masukkan ke dalam botol semprot dan sempritkan ke area yang terkena kerak. Bilas bagian kerak dengan kain yang sduah dibasahi air hangat.

Bersihkan dalam dua putaran, dan biarkan mengering sebelum menggunakan kamar mandi.

Itulah beberapa bahan untuk membersihkan kerak kamar mandi yang mudah kamu temui di rumah. Coba praktikkan untuk menghasilkan area kamar mandi yang bersih dan kinclong setiap saat. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar