9 Desain Lemari Dapur Minimalis yang Nggak Hanya Cantik tapi juga Fungsional

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 29 September 2023 11:00
9 Desain Lemari Dapur Minimalis yang Nggak Hanya Cantik tapi juga Fungsional
Lemari dapur yang minimalis nggak hanya berfungsi untuk menyimpan barang dan bahan dapur tapi juga penentu desain dapur secara umum.

Kehadiran lemari dapur minimalis memiliki berbagai manfaat yang luar biasa. Lemari ini juga menampilkan bentuk kesederhanaan, hemat ruang namun mengisi tampilan dapur secara optimal. Artinya, dengan tampilan yang cantik, minimalis dan sederhana, lemari dapur adalah ruang untuk menyimpan barang-barang di dapurmu.

Lemari dapur memiliki berbagai macam kabinet yang bisa melindungi sekaligus memisahkan alat maupun barang-barang kebutuhan dapur sesuai dengan jenisnya. Adapun lemari ini juga tidak hanya menekankan pada aspek fungsinya saja, tetapi juga mampu dapat menampilkan keindahan dekorasi dapur.

Dengan lemari dapur yang cantik, ruang dapur juga tidak akan terasa membosankan dan bikin kamu happy saat beraktivitas di sana.

1 dari 9 halaman

Sebelum memilih desainnya, berikut beberapa tips dalam menentukan lemari dapur minimalis.

Fokus pada Laci

Lemari dapur umumnya  dibuat dengan pintu dan rak, tapi kini banyak orang yang lebih memilih laci dalam lemari dapur minimalis mereka. Kenapa tuh?

Dikutip dari New York Times, dengan menggunakan laci tuh kamu nggak perlu membungkuk untuk melihat barang-barang yang tersimpan di dalam rak dapur karena dengan menggunakan laci, seluru isinya akan terlihat begitu kamu membukanya.

Tapi kalau kamu suka tampilan pintu, solusinya adalah tambahkan laci tarik kayak semacam baki dalam kabinet.

Gunakan Model Lemari Atas

Mengganti lemari atas dengan rak terbuka emang jadi tren lemari dapur minimalis beberapa waktu terakhir. Namun hal ini nggak cocok buat semua jenis orang.

Emang sih lemari dapur minimalis dengan rak terbuka akan nampak estetik, tapi nggak sesuai bila kamu meletakkan semua barang-barang di sana. Atau yang lebih parah lagi, rak bagian atas dapur kamu gunakan untuk fitur hiasan namun kamu memaksakan seluruh barang-barang yang tidak estetik di lemari lain dan membuatnya berantakan.

Pilih Finishing yang Sesuai

Ada banyak banget pilihan finishing lemari dapur minimalis, mulai dari  logam, kayu solid, veneer kayu dan lainnya. Nah itu semua akan berpengaruh nggak hanya pada desain, tapi juga daya tahan dan harga.

Atur Bagian dalam Lemari

Jangan hanya berfokus pada tampilan luar, tapi perhatikan juga bagian dalam lemari dapur minimalis untuk penyimpanan barang untuk menata dapur. Laci yang berupa kotak kosong menyediakan ruang penyimpanan dasar, namun nggak banyak membantu menjaga barang tetap teratur.

Solusinya adalah pasang kompartemen dan pembagi penyimpanan yang terintegrasi atau dapat disesuaikan yang dapat membantu memaksimalkan ruang.

Oleh karenanya, berikut ini terdapat berbagai lemari dapur minimalis yang bisa kamu pakai sebagai inspirasi untuk dapurmu. 

2 dari 9 halaman

Lemari Dapur Minimalis Gantung Tunggal 

Lemari Dapur Minimalis Gantung Tunggal © Diadona

 

Seperti namanya, lemari dapur ini ditampilkan dengan cara digantung yang berada di dekat dinding dapur. Kehadiran lemari gantung tunggal digunakan untuk menyimpan berbagai kebutuhan yang perlu dipersiapkan saat berada di dapur. 

Biasanya, barang-barang yang sengaja diletakkan dalam lemari gantung memiliki sifat bahan yang kering dan tidak mudah lembab. Pilihan lemari ini juga bisa kamu pilih dengan menyesuaikan kebutuhanmu.

Apabila barang-barang kamu tidak terlalu memiliki peralatan atau barang-barang dapur, menggunakan lemari dapur gantung tungga bisa jadi pilihanmu. 

 

3 dari 9 halaman

Lemari Dapur Minimalis Gantung Kayu Ganda

Lemari Dapur Minimalis Gantung Kayu Ganda © Diadona

Jika lemari dapur gantung tunggal tidak cukup dengan menyimpan kebutuhan barang-barangnya yang semakin banyak, kamu juga bisa menggunakan lemari gantung ganda sebagai alternatifnya.

Lemari dapur gantung ganda memiliki ruang penyimpanan yang tentunya jauh lebih besar dan luas daripada lemari dapur gantung tunggal. Ruangan lemari yang besar juga tidak akan bisa dalam menampilkan peletakan barang-barangmu terkesan sempit.

Meskipun begitu, kamu juga perlu mempertimbangkan ukuran berat barang-barang yang akan diletakan secara ideal supaya tidak membuat lemari ini menjadi roboh. 

4 dari 9 halaman

Lemari Dapur Minimalis Tempel

Lemari Dapur Minimalis Tempel © Diadona

Apabila  dirasa kurang yakin dengan menggunakan lemari dapur yang diletakan secara digantung, mungkin kamu belum mencoba menggunakan lemari seperti yang satu ini. 

Lemari tempel tentunya tidak akan lagi membuat kamu untuk mengeluarkan tenaga yang lebih dalam mengambil atau menyimpan barang yang berada di atas dinding. Lemari ini bisa kamu letakkan di dekat meja yang juga akan membuat kamu merasa lebih mudah saat memakainya.  

5 dari 9 halaman

Lemari Dapur Minimalis Dengan Rak Terbuka 

Lemari Dapur Minimalis Dengan Rak Terbuka © Diadona

 

Seperti namanya, lemari dapur dengan rak terbuka adalah sebuah lemari dengan rak tanpa pintu. Dengan demikian, barang-barang yang berada di sana akan terekspose. 

Keuntungannya sih barang tersebut akan mudah dicari, namun tidak cocok untuk ruangan berdebu. Lemari dengan memiliki model rak terbuka juga mudah untuk dibersihkan di setiap bagian sudut lemari tanpa terganggu dengan adanya engsel pintu yang ada seperti di dalam lemari dapur biasa.

6 dari 9 halaman

Lemari Dapur Minimalis Kecil Dengan Tambahan Meja 

Lemari Dapur Minimalis dengan Tambahan Meja © Diadona

Ruang dapur yang sempit bukan berarti juga memaksamu untuk memiliki furnitur yang terbatas juga loh!

Adapun kehadiran set lemari ini bisa kamu taruh di ruang dapur yang minimalis. Dalam kabinet yang ada di bawah lemari, kamu juga bisa menggunakan meja tambahan yang dikeluarkan dengan cara ditarik dari laci.

Meja tambahan ini berfungsi sebagai pelengkap dari meja dapur utama yang sudah terisi penuh dalam meletakan barang-barang. 

7 dari 9 halaman

Lemari Dapur Minimalis Dengan Gaya Jepang

Lemari Dapur Minimalis Dengan Gaya Jepang © Diadona

Furnitur dengan gaya Jepang memiliki ciri khasnya tersendiri yang juga membedakannya dengan furnitur pada gaya lainnya. Seperti dengan lemari dapur ini, memiliki tampilan yang klasik dan sederhana sehingga menjadikan ruang dapurmu terasa lebih sempurna.

Desain dalam lemari dapur ini memiliki bagian ruangan penyimpanan secara terbuka yang bisa untuk meletakkan oven, termos maupun penanak nasi mini. Selain itu, terdapat ruangan tertutup yang menggunakan rak laci dan kaca sehingga bisa melindungi barang-barangmu dari paparan debu.

8 dari 9 halaman

Lemari Dapur Minimalis Dengan Tampilan Kulkas

Lemari Dapur Minimalis Dengan Tampilan Kulkas © Diadona

Lemari dapur yang mirip seperti kulkas dengan 2 pintu ini memiliki tampilan yang unik ya! Lemari dapur berikut berguna dalam menaruh barang-barang yang tidak ingin ditampilkan secara terbuka pada saat di dapur. 

Lemari dapur minimalis yang menyerupai kulkas, punya tampilan yang elegan, clean dan mewah.

9 dari 9 halaman

Lemari Dapur Minimalis yang Dapat Ditarik 

Lemari Dapur Minimalis yang Bisa Ditarik © Diadona

Dengan tampilan modern dan elegan, ini  memberikanmu keleluasaan agar tidak perlu lagi menaruh bumbu-bumbu kering yang bisa memenuhi meja dapur. Adapun lemari dapur ini sengaja didesain dengan ukuran yang ramping dan dapat ditarik sehingga cocok untuk dapur sempit.

Lemari dapur in jugai bisa kamu pasang diantara kulkas maupun lemari yang berukuran lebih besar untuk bisa kamu sisihkan pada pemasangan lemari ini.

Memiliki lemari dapur minimalis sangat diperlukan di setiap hunian rumah. Lemari dapur tidak hanya memiliki fungsi utama dalam penyimpanan saja. Adapun keindahan yang ditampilkan pada lemari dapur yang dipasang di dapur juga akan menambah motivasi kamu untuk lebih menyukai memasak di rumah.

Penulis : Nabila Rofifah Ghassani

Beri Komentar