14 Cara Menata Dapur Agar Terlihat Rapi dan Bersih, Anti Ribet dan Bikin Lebih Nyaman Saat Memasak!

Reporter : Arifina
Senin, 8 Mei 2023 17:07
14 Cara Menata Dapur Agar Terlihat Rapi dan Bersih, Anti Ribet dan Bikin Lebih Nyaman Saat Memasak!
Suasana dapur yang nyaman dan lebih rapi, bikin memasak makin semangat lho!

Kebanyakan orang beranggapan bahwa area dapur adalah tempat paling kotor di rumah. Tapi, kini hal itu kiranya sudah tak berlaku lagi ya! Pasalnya, sudah banyak interior dapur yang memunculkan suasana begitu rapi bahkan estetik.

Hal ini tentu saja tak lepas dari perawatan dan penataan area dapur agar terlihat lebih rapi. Dapur yang bersih  akan membantu memudahkan kita dalam memasak. Suasanya yang nyaman dapat memberikan kesan yang menyenangkan bagi siapa saja yang melihatnya, bahkan bagi diri sendiri ketika memasak lho!

1 dari 15 halaman

Membuat suasana dapur yang bersih dan rapi memang perlu ketelatenan dalam melakukannya. Namun, hal itu cukup mudah untuk dilakukan saat kamu mengetahui triknya.

Nah, biar dapur di rumahmu rapi dan bersih, berikut diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber caranya! Apa saja? Yuk, simak!

2 dari 15 halaman

Tentukan Zona Dapur

Cara Menata Dapur Agar Terlihat Rapi dan Bersih © Diadona

Menentukan beberapa zona di bagian dapur menjadi salah satu langkah utama yang perlu dilakukan jika ingin dapur terlihat bersih dan rapi. Kamu bisa membuatnya menjadi beberapa bagian zona sesuai luas dari dapur ya!

Ini untuk mempermudah saat harus membedakan mana tempat penyimpanan, pengolahan makanan hingga ruang makan. Sehingga, tidak terjadi penumpukan barang-barang di area dapur.

3 dari 15 halaman

Sortir Barang yang Paling Dibutuhkan untuk Dapur

Ini sangat penting terutama jika kamu memiliki dapur minimalis. Hindari terlalu banyak mengisi barang-barang, tapi cukup gunakan yang paling dibutuhkan.

Sortirlah barang yang sekiranya memang harus berada di dapur, lalu pilahlah harus diletakkan sesuai zona yang sudah kamu buat.

4 dari 15 halaman

Gantung Alat Masak

Alat-alat masak adalah hal yang krusial di dapur. Alih-alih menumpuknya, membuat gantungan untuk alat-alat masak ini akan membuat area dapur lebih terlihat rapi lho!

Kamu bisa mencoba mengaturnya dengan memberi space di dinding untuk menggantung alat-alat tersebut. Buat penataan dari urutan paling besar ke paling kecil agar mudah saat memerlukannya ya!

5 dari 15 halaman

Pilih Wadah Transparan

Cara Menata Dapur Agar Terlihat Rapi dan Bersih © Diadona

Pengelompokan untuk mengisi bahan-bahan makanan bisa dengan memilih wadah yang menarik. Salah satunya, jenis wadah transparan.

Selain membuat bahan makanan tersusun rapi, juga memudahkan kamu dalam melihat apa saja stok bumbu dapur atau bahan masakan yang dipunya.

6 dari 15 halaman

Manfaatkan Rak Troli Multifungsi

Pemilihan rak multifungsi bisa dijadikan pilihan untuk dapurmu nih! Kamu bisa menempatkan model rak troli multifungsi, sehingga bisa untuk menaruh berbagai peralatan hingga bahan masakan.

Rak model troli ini juga mempermudah kamu untuk memindahkannya ke berbagai tempat jika ingin membuat suasana baru untuk dapur.

7 dari 15 halaman

Stoples untuk Bumbu Masak

Cara Menata Dapur Agar Terlihat Rapi dan Bersih © Diadona

Membuat dapur lebih bersih dan rapi, cara yang paling mudah adalah dalam penataan bumbu masak. Gunakan jenis stoples berbagai ukuran untuk mengisi bumbu-bumbu seperti garam,, gula, garam, tepung hingga bubuk kopi.

Dengan begitu, suasana dapur lebih terlihat cantik dan tetap bersih.

8 dari 15 halaman

Pilih Model Lemari Vertikal untuk Dapur

Memberi lemari model vertikal di dapur akan mempermudah kamu menyimpan berbagai peralatan makan di dapur nih! Termasuk, bahan-bahan masakan.

Penggunaan rak vertikal sangat menguntungkan agar barang yang kamu punya tidak berantakan. Sesuaikan dengan area yang sudah kamu siapkan ya!

9 dari 15 halaman

Rak Piring Gantung

Model rak piring gantung ini bisa jadi pilihan agar kamu mendapati raungan dapur lebih luas. Rak gantung ini bisa untuk diisi berbagai peralatan dapur setelah dicuci.

Pilih model rak gantung yang menempel pada dinding. Sehingga bisa lebih menghemat tempat, dan tetap terlihat rapi.

10 dari 15 halaman

Simpan Alat makan di Laci

Cara Menata Dapur Agar Terlihat Rapi dan Bersih © Diadona

Memiliki laci di area dapur? Manfaatkan saja untuk menyimpan berbagai peralatan makan. Kamu bisa menempatkan untuk sendok, garpu, pisau dan berbagai alat lainnya.

Cara ini selain tidak makan tempat, akan membuat dapur jadi terlihat tidak berantakan. Begitu pun saat memerlukannya, kalian juga lebih gampang mengambilnya.

11 dari 15 halaman

Gunakan Cat Dinding dan Lampu Minimalis

Membuat dapur yang rapi dan bersih, tidak hanya mengacu pada penataan alat-alatnya saja. Tapi, kamu juga bisa mendekorasinya jagar terlihat lebih cantik dan menarik.

Pilih jenis cat dinding minimalis seperti warna putih, krem, atau cokelat muda. Menambahkan lampu minimalis juga akan membuat suasana dapur terlihat menarik lho!

12 dari 15 halaman

Manfaatkan Pintu Lemari Dapur

Membuat dapur rapi dengan cara yang simpel, kamu bisa memanfaatkan bagian pintu lemari nih! Misalnya, bisa kamu gunakan menyimpan tutup panci atau sekedar menggantung serbet.

Ini sebuah lifehack buat kamu yang memiliki dapur kecil tapi tetap ingin kelihatan bersih dan rapi ya!

13 dari 15 halaman

Letakkan Alat Masak Besar di Bagian Bawah

Cara Menata Dapur Agar Terlihat Rapi dan Bersih © Diadona

Alat masak yang cukup besar akan memakan tempat jika diletakkan sembarangan. Karena itu, kamu harus menyimpannya di bagian bawah area seperti lemari dapur atau meja dapur.

Menata alat masak besar dengan benar, akan membuat ruangan terlihat lebih luas dan rapi.

14 dari 15 halaman

Siapkan Laci Khusus Tempat Sampah

Selain peralatan dapur, peletakan sampah juga penting diperhatikan. Dalam hal ini, cobalah membuat laci khusus untuk sampah.

Kamu bisa memisahkan antara sampah organik dan anorganik. Dengan begitu, sampah tidak terlihat berceceran di area dapur, tapi tetap tertutup dan membuat area ruangan lebih menarik.

15 dari 15 halaman

Manfaatkan Area Dinding

Area dinding jangan dibiarkan menganggur saja, kamu bisa memanfaatkannya untuk tempat penyimpanan barang. Misal, buat rak dari kayu untuk penataan bumbu-bumbu masakmu agar terlihat estetik.

Itulah sederet cara menata dapur agar terlihat rapi dan bersih, anti ribet dan bisa kamu terapkan di rumah! Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar