9 Tips Membeli Kulkas yang Tepat Sesuai Kebutuhan, Tahan Lama Sekaligus Mempercantik Dapur Kamu

Reporter : Arifina
Rabu, 16 Agustus 2023 18:07
9 Tips Membeli Kulkas yang Tepat Sesuai Kebutuhan, Tahan Lama Sekaligus Mempercantik Dapur Kamu
Dengan mempelajari tips membeli kulkas yang tepat, kulkas nggak hanya awet tahan lama tapi juga sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Membeli kulkas tak boleh asal pilih. Ada banyak tips yang harus diperhatikan saat membeli kulkas agar tahan lama dan sesuai dengan kebutuhan keluarga. Mulai dari ukuran, daya tampung, model, fitur, hingga harganya dan garansi.

Dengan berbagai jenis yang tersedia di pasaran, memilih kulkas yang tepat untuk kebutuhan memang cukup tricky ya. Apalagi didukung dengan modelnya yang cantik-cantik untuk memperindah dapur.

1 dari 10 halaman

Tips Membeli Kulkas © Diadona

Apalagi nih saat ini kulkas seakan menjadi salah satu furnitur yang tak hanya untuk menjaga kesegaran makanan, tapi juga untuk mempercantik area dapur di rumah. Oleh karena itu, penting untuk memilih kulkas yang sesuai dengan kebutuhan, kulkas yang mudah dirawat tapi juga tetap indah.

Nah, berikut ini diadona.id rangkumkan tips membeli kulkas yang bisa kamu jadikan referensi!

2 dari 10 halaman

1. Pertimbangkan Ukuran Kulkas

Pastikan untuk memilih kulkas yang memiliki ukuran sesuai dengan kebutuhan kamu. Jika kamu memiliki keluarga besar, kamu mungkin lebih membutuhkan kulkas yang lebih besar.

Namun, jika kamu tinggal sendiri atau bersama pasangan, sebaiknya memilih kulkas yang lebih kecil. Sesuaikan juga dengan suasana rumah agar ukurannya tepat ya!

3 dari 10 halaman

2. Tentukan Jenis Kulkas

Dengan berbagai merek dan variasi, kulkas hadir untuk memikat pembelinya. Ada model kulkas satu pintu, kulkas dua pintu (side-by-side atau atas-bawah), dan kulkas French door.

Jenis yang kamu pilih terganting preferensi kebutuhan ya. Pastikan memilih jenis kulkas yang bisa menampung semua kebutuhan kamu.

4 dari 10 halaman

3. Pertimbangkan Posisi Meletakkan Kulkas

Tips Membeli Kulkas © Diadona

Hal lain yang juga harus diperhatikan adalah tata letak kulkas. Posisi kulkas di dapur menentukan pula jenis yang akan kamu pilih.

Jika kamu memilih kulkas dengan model dua pintu melebar, maka pastikan ruangan di dapur cukup. Begitupula sebaliknya, untuk area yang simpel kamu bisa memilih model kulkas yang lebih kecil.

Memilih ukuran kulkas nggak hanya harus disesuaikan dengan ukuran dapur, tapi juga masih banyak lainnya mulai dari :

  1. Peletakkan kulkas yang mudah diakses dan nggak menghalangi lalu lintas dapur
  2. Hindari meletakkan kulkas di dekat oven atau kompor karena bisa bikin kulkas bekerja lebih keras dan tagihan listrik membengkak.
  3. Pastikan kulkas dekat dengan sumber listrik
  4. Pilih kulkas yang ukurannya pas dengan area dapur yang memiliki cahaya yang cukup. Ini akan memudahkan kamu untuk melihat makanan di dalamnya dan mengambilnya.

5 dari 10 halaman

4. Perhatikan Fitur-Fitur Kulkas

Kulkas saat ini memiliki berbagai fitur yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Beberapa fitur yang umum ditemukan adalah dispenser air, dispenser es, dan rak yang bisa disesuaikan.

Ada juga fitur lainnya yang menggunakan smartphone sebagai alat penghubung. Fitur-fitur tersebut tentu saja akan memudahkan penggunaan kulkas sehari-hari.

6 dari 10 halaman

5. Perhatikan Konsumsi Daya kulkas

Konsumsi daya kulkas adalah salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan saat membeli kulkas. Kulkas yang hemat daya akan menghemat biaya tagihan listrik kamu.

Periksa label energi pada kulkas untuk melihat seberapa efisien kulkas tersebut dalam menggunakan listrik. Ada baiknya juga memilih jenis kulkas yang ramah lingkungan serta memiliki teknologi inverter.

7 dari 10 halaman

6. Teknologi Pendingin

Tips Membeli Kulkas © Diadona

Teknologi pendingin perlu dipertimbangkan dalam milih kulkas bagus. Masing-masing dari kamu tentu saja memiliki kebutuhan kulkas dengan kemampuan pendingin beragam.

Ada jenis kulkas dengan gambar bintang berjumlah 3 buah yang menawarkan pendingin sebesar -150°C. Ada juga kulkas dengan bintang 5, ini menawarkan kemampuan suhu maksimum mencapai angka -210°C. Tentukan sesuai kebutuhanmu saja.

8 dari 10 halaman

7. Perhatikan Merek dan Kualitas

Pilih merek yang memiliki reputasi baik dalam hal kualitas fitur-fitur terbaik pada kulkas. Meskipun merek terkenal cenderung lebih mahal, investasi dalam kulkas berkualitas akan menjamin ketahanannya.

Jangan asal pilih murah tanpa memperhatikan kualitas ya. Karena justru memungkinkan kulkas kurang tahan lama dan cepat rusak.

9 dari 10 halaman

8. Model dan Desain Kulkas

Model dan desain kulkas juga tidak boleh asal pilih ya. Hal ini akan memengaruhi keindahan dapurmu lho! Mulai dari model vintage hingga modern tapi tetap terlihat keren.

Sebaiknya pilihlah model dan desain kulkas yang sesuai dengan dekorasi dapur agar terlihat cantik. Saat ini, banyak model dan desain yang menawarkan beberapa jenis kulkas yang sudah dilapisi dengan lapisan baja yang membuat kulkas tahan lama, mudah dirawat, dan yang pasti desainnya kekinian.

10 dari 10 halaman

9. Pertimbangkan Harga

Tips Membeli Kulkas © Diadona

Meski tetap memperhatikan kualitas, tapi tetap sesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Harga kulkas yang dijual di pasaran tentunya variatif berdasarkan fitur yang ditawarkan.

Pilihlah yang tetap masuk dalam budget kamu tapi tetap berkualitas. Tidak ada salahnya untuk menyisihkan budget lebih untuk mendapatkan kulkas dengan desain cantik dan kualitas yang baik.

Itulah sederet tips membeli kulkas agar tak salah pilih dan tahan lama. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar