9 Lampu Taman Minimalis Tenaga Surya yang Mewah tapi Hemat Budget dan Energi

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Senin, 16 Oktober 2023 18:54
9 Lampu Taman Minimalis Tenaga Surya yang Mewah tapi Hemat Budget dan Energi
Lampu taman minimalis tenaga surya gak kalah cantik dari lampu listrik biasa, hadir dalam berbagai desain yang modern, hemat budget, dan ramah lingkungan

Lampu taman minimalis tenaga surya adalah lampu taman yang menggunakan energi matahari untuk menghasilkan cahaya. Lampu tersebut biasanya dirancang dengan desain yang sederhana dan estetika minimalis agar sesuai dengan gaya taman yang bergaya modern. Bukan seperti lampu listrik biasa, lampu ini telah dilengkapi dengan baterai, tenaga surya maupun perangkat elektronik lainnya. Pada umumnya lampu taman berbahan dasar tenaga surya dilengkapi dengan panel surya untuk menyerap cahaya matahari hingga ditampung ke dalam baterai internal. 

Energi yang tersimpan dalam baterai dapat kamu gunakan selama masih tersedia dalam penampungannya. Baterai yang menyimpan energi ini memungkinkan lampu taman minimalis tenaga surya untuk terus menyala sepanjang malam, meskipun sudah tidak mendapat cahaya matahari. Lampu taman minimalis tenaga surya dapat menyala dengan durasi yang beragam, rata-rata mulai dari 6-12 jam. Saat malam tiba, lampu ini akan secara otomatis menyala dengan menggunakan energi yang tersimpan dalam baterai. 

Menerapkan lampu taman minimalis tenaga surya dapat memberikan manfaat yang membuatnya semakin populer digunakan pada hunian modern. Kehadirannya menggunakan energi matahari sebagai sumber daya utama sehingga tidak menciptakan emisi karbon tambahan dan mampu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Selain itu, lampu taman minimalis tenaga surya sangat mudah dipasang, tanpa memerlukan kabel listrik eksternal. Kamu hanya perlu menempatkannya di area dengan penyinaran matahari cukup agar dapat berfungsi secara otomatis. 

Jadi bagaimana apakah kamu tertarik untuk menerapkan lampu taman minimalis tenaga surya sebagai elemen dekorasi rumahmu? Berikut ini telah kami rangkumkan beberapa model lampu taman minimalis tenaga surya yang dapat ditiru. Yuk simak di bawah ini!

 

 

 

1 dari 9 halaman

Lampu Taman Minimalis Tenaga Surya Bergaya Futuristik Modern

Lampu Taman Minimalis Tenaga Surya © Diadona

Rekomendasi pertama kali ini sangat cocok diterapkan jika kamu ingin menghemat energi dan menciptakan pencahayaan yang maksimal pada area taman rumah. Kamu dapat menerapkan lampu taman minimalis tenaga surya bergaya sederhana.

Model lampu ini memudahkan kamu untuk menghemat penggunaan listrik karena terdapat teknologi panel surya yang dapat mengubah sinar matahari menjadi listrik. Bergaya futuristik dan modern akan menambah tampilan indah pada area taman rumahmu. 

 

2 dari 9 halaman

Lampu Taman Minimalis Tenaga Surya Model Floating

Lampu Taman Minimalis Tenaga Surya © Diadona

Jika kamu memiliki kolam atau area air di taman minimalis, lampu tenaga surya model di atas dapat menjadi pilihan menarik. Lampu taman minimalis tenaga surya dengan model floating biasanya digunakan untuk menciptakan suasana atau atmosfer yang tenang dan santai.

Lampu taman floating biasanya dilengkapi dengan fitur waterproof yang membuatnya cocok untuk dipasang pada samping kolam. Pastikan sebelumnya memilih lampu taman minimalis tenaga surya yang tahan terhadap air dan memiliki daya baterai cukup besar untuk menjaga lampu agar tetap menyala. 

 

3 dari 9 halaman

Lampu Taman Minimalis Tenaga Surya Untuk Pagar

Lampu Taman Minimalis Tenaga Surya © Diadona

Pemasangan lampu taman tenaga surya pada pagar rumah dapat menjadi pilihan yang baik jika ingin mendapat solusi pencahayaan yang hemat energi dan ramah lingkungan. Selain berfungsi untuk menambah keamanan pada area rumah, desain lampu tersebut juga memberikan sentuhan estetika yang menarik.

Lampu tersebut bekerja dengan cara mengumpulkan energi matahari di siang hari melalui panel surya yang terpasang di lampu, kemudian mengubah energi tersebut menjadi cahaya saat malam tiba. Pagar rumah pun jadi cantik dan suasan depan rumah jadi cerah. 

 

4 dari 9 halaman

Lampu Taman Bola Minimalis Tenaga Surya

Lampu Taman Minimalis Tenaga Surya © Diadona

Lampu taman minimalis tenaga surya dengan desain bola dapat memberikan efek visual yang menarik pada taman minimalis. Seperti pada umumnya, lampu taman ini menggunakan energi matahari sebagai sumber daya untuk menghasilkan cahaya. Sehingga menjadi pilihan populer untuk menerangi taman, pekarangan atau area luar lainnya.

Lampu taman minimalis tenaga surya dengan desain bola bekerja dengan cara mengumpulkan energi matahari melalui panel surya yang terpasang di bagian atas atau sekitar bola. Saat matahari terbenam, lampu ini akan secara otomatis menyala menggunakan energi yang tersimpan dalam baterai. Warna warm white yang dihasilkan menciptakan nuansa hangat pada area taman minimalis. 

 

5 dari 9 halaman

Lampu Taman Minimalis Tenaga Surya Menggunakan Smart Sensor

Lampu Taman Minimalis Tenaga Surya © Diadona

Beberapa lampu pagar tenaga surya dilengkapi dengan sensor gerak yang akan menyala ketika mendeteksi gerakan di sekitarnya. Lampu ini berguna untuk memberi keamanan dan  membantu menghemat energi dengan hanya menyala saat diperlukan.

Jika kamu sering bepergian dan tidak ingin membiarkan area taman menjadi gelap, maka model lampu ini menjadi pilihan yang terbaik. Model lampu ini sudah dilengkapi dengan tiga mode smart sensor yakni mode on/off, mode redup, dan mode stabil yang membuatnya tetap menyala meskipun dalam kegelapan tanpa ada orang. 

 

6 dari 9 halaman

Lampu Taman Minimalis Tenaga Surya Untuk Jalan

Lampu Taman Minimalis Tenaga Surya © Diadona

Memasang lampu taman minimalis tenaga surya dapat dijadikan elemen dekorasi untuk sepanjang jalan setapak atau trotoar taman. Selain memberikan penerangan pada jalan setapak menuju rumah, lampu taman ini juga dapat menambah elemen desain yang elegan halaman rumahmu.

Layaknya contoh di atas lampu dengan desain silinder minimalis ini dapat kamu jadikan inspirasi untuk memberi penerangan pada jalan setapak di area taman. Lampu taman minimalis ini juga dapat menjadi daya tarik visual yang memberikan keindahan bagi siapapun yang melihatnya. 

 

7 dari 9 halaman

Lampu Taman Bunga Minimalis Tenaga Surya

Lampu Taman Minimalis Tenaga Surya © Diadona

Rekomendasi selanjutnya ialah model lampu taman minimalis tenaga surya yang cocok untuk taman bunga. Beberapa model lampu ini memiliki desain yang menarik, salah satunya di atas dengan motif unik. Desain lampu taman minimalis tenaga surya di atas dapat menambah unsur estetika alami ke area taman.

Kamu dapat menempatkannya di area bunga taman atau samping jalan setapak menuju pintu rumah. Baik dari segi desain maupun tingkat kecerahan cahaya dapat memberikan tampilan visual pada halaman rumah. 

 

8 dari 9 halaman

Lampu Taman Minimalis Tenaga Surya Ditempel Pada Dinding

Lampu Taman Minimalis Tenaga Surya © Diadona

Lampu taman minimalis tenaga surya yang ditempel pada dinding biasanya dilengkapi dengan baut atau paku untuk dipasangkan melekat ke dinding. Untuk lampu berukuran sedang seperti di atas, dipasang menggunakan 2 paku atau lebih agar lekatannya kencang dan tidak mudah lepas.

Model lampu ini memiliki tingkat pencahayaan yang cukup jika ingin menciptakan taman dengan nuansa hangat dan dilengkapi dengan durasi nyala yang cukup lama. Selain dipasang pada area taman, lampu model ini juga dapat digunakan pada pagar rumah, koridor dan lainnya.

 

9 dari 9 halaman

Lampu Taman Minimalis Tenaga Surya Menggunakan Pencahayaan LED

 

Lampu Taman Minimalis Tenaga Surya © Diadona

Rekomendasi terakhir yang dapat kamu coba adalah lampu taman minimalis tenaga surya dengan menggunakan bantuan cahaya LED. Lampu ini telah didesain modern dilengkapi dengan remote control untuk mengatur tingkat pencahayaannya. Sehingga kamu bisa mengatur intensitas cahaya sesuai dengan keinginanmu. Dengan remote control ini memudahkan kamu agar tidak lagi bingung memikirkan cara untuk menyalakan atau mematikan saklar lampu karena sudah bisa diatur secara otomatis. 

 

Bagaimana Diazen sungguh menarik ya semau desain dari lampu taman minimalis tenaga surya di atas? Pastikan untuk memilih model lampu taman tenaga surya yang sesuai dengan gaya taman minimalis rumahmu ya agar dapat menciptakan suasana taman yang indah, hemat energi dan ramah lingkungan.

 

Editor: An Nisa Maulidiyah

 

 

Beri Komentar