Trending di TikTok, Renovasi Rumah Tipe 42 Hanya Dengan Budget Rp56 Juta Berhasil Bikin Kagum

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 13 Oktober 2023 21:25
Trending di TikTok, Renovasi Rumah Tipe 42 Hanya Dengan Budget Rp56 Juta Berhasil Bikin Kagum
Desy menyebutkan jika biaya renovasinya hanya bermodalkan Rp 56 juta saja. Harga tersebut sudah mencakup kompor tanam, sink dan perlengkapan kamar mandi

Memiliki rumah minimalis dengan ukuran terbatas tidak menjadi penghalang untuk menciptakan rumah impian. Salah satunya rumah tipe 42 dengan ukuran bangunan sepanjang 6x14 meter, terkadang rumah ini masih memiliki area sisa berupa halaman belakang yang lebar.

Tidak heran jika sebagian orang ingin membangun dan merenovasi rumah dambaan mereka dengan tipe 42. Selain memiliki desain yang minimalis, rumah sederhana ini memberikan hunian yang estetis dan nyaman bagi penghuninya. 

Layaknya yang dilakukan oleh pemilik akun tiktok bernama Desy Permata Sari Ely sebagai pemilik rumah tipe 42, ia turut membagikan video transformasi rumahnya saat sebelum dan sesudah direnovasi. Video tersebut berhasil membuat netizen takjub hingga trending di pencarian TikTok dan ditonton oleh 1,7 juta viewers. 

Dalam video tertulis keterangan “Kukira rumahku sempit, ternyata cuma kurang duit”. Pernyataan jika kekuatan duit dapat mengubah segalanya, memang terbukti secara fakta ya! 

 

1 dari 3 halaman

Lebih Estetik

Renovasi Rumah Tipe 42 Hanya Dengan Budget Rp56 Juta © Diadona

Dalam video yang diunggah tiktokers @deprilyy tersebut menunjukkan kondisi rumah saat sebelum direnovasi dan setelah direnovasi. Rumah dengan dua kamar itu sebelumnya memiliki ruang bersekat antara dapur dan kamar mandi yang masih terlihat sempit. Hingga akhirnya rumah tersebut berhasil disulap terlihat lebih lapang dan aesthetic dengan mengusung konsep modern minimalis.

Ruang tidur yang awalnya memiliki banyak sekat, sekarang sudah direnovasi menjadi lebih baik. Sedangkan kamar mandi yang awalnya terlihat sempit, kini berubah menjadi lebih lapang dan modern berkat tambahan eksterior shower dan wastafel bernuansa putih.

Unggahan video tersebut lantas membuat netizen bertanya-tanya berapa budget yang diperlukan hingga berhasil  merenovasi rumah menjadi lebih modern dan elegan. “ Spill budgetnya kak, biar semangat nabung😁”. Ungkap salah satu pemilik akun TikTok @fukukucingexo.

 

2 dari 3 halaman

Budget Renovasi Rumah Sempit Menjadi Lebih Lapang dan Modern

Renovasi Rumah Tipe 42 Hanya Dengan Budget Rp56 Juta © Diadona

Berkat banyaknya pertanyaan yang berdatangan dari warganet, pengguna TikTok @deprilyy akhirnya menjawab semua rasa penasaran netizen tentang budget yang dibutuhkan untuk merenovasi rumah tersebut.

Dalam video balasannya, ia menyebutkan jika dirinya memutuskan untuk renovasi rumah karena sebelumnya terdapat banyak sekatan hingga membuat rumah terlihat sempit dan berantakan. 

 

“ Aku dan suami memutuskan untuk menjebol sekatannya agar rumah terlihat lebih lega dan luas” ujarnya.

Dengan membutuhkan waktu sekitar 2 bulan dan bantuan tukang sejumlah 2 orang, membuat rumah tersebut berhasil disulap menjadi rumah idaman. Desy juga menyatakan jika renovasi rumah itu murni didesain sendiri bersama sang suami dengan hanya bermodalkan referensi sosial media dan Pinterest. 

Desy menyebutkan jika biaya renovasinya hanya bermodalkan Rp56 juta saja. Harga tersebut sudah mencakup kompor tanam, sink dan perlengkapan kamar mandi. Namun belum termasuk dengan jasa tukang. Pada video berikutnya, Desy menjelaskan jika luas bangunan rumahnya adalah berukuran 42 meter persegi.

Ia memilih untuk merenovasi rumah tersebut dengan menggunakan wallpanel berukuran 16x2,4 cm dan wall moulding warna coklat untuk dipasang pada dinding ruang tamu. Sedangkan bagian keramik memilih untuk ditutup dengan lapisan granit. 

Kemudian ia menambahkan jika salah satu pertimbangan dalam merenovasi rumahnya adalah dengan memilih tukang yang pas dan profesional. Desy dan suami lebih memilih untuk menggunakan jasa tukang harian.

“ Pakai jasa harian kerjaannya lebih detail dan rapi”, ucap Desy.

Dalam 1 hari tukang dibayar Rp200 ribu, jika terdapat 2 tukang maka dibayar Rp400 ribu per harinya, itu sudah termasuk makan dan tambahan rokok. 

 

3 dari 3 halaman

Cuma Dua Bulan Rumah Udah Kayak Villa

Renovasi Rumah Tipe 42 Hanya Dengan Budget Rp56 Juta © Diadona

Namun ia mengatakan jika kekurangan menggunakan tukang harian adalah harus dipantau setiap hari. Renovasi rumah tersebut berlangsung selama 2 bulan dikurangi dengan delapan hari libur. Sehingga total keseluruhan biaya tukang mencapai sekitar Rp20,8 juta. Kisaran harga ini sesuai dengan biaya tukang pada umumnya di daerah Tangerang. 

Hanya bermodalkan referensi dari Pinterest dan biaya yang tidak terlalu mahal, renovasi rumah milik TikTok Desy Permata Sari Ely itu berhasil diidam-idamkan semua orang. Bagaimana Diazen, apakah kamu juga tertarik untuk merenovasi rumah dengan model di atas? Yuk segera menabung demi mencapai rumah impianmu!

 

Editor: An Nisa Maulidiyah

 

 

Beri Komentar