8 Inspirasi Rumah Gaya Retro yang Unik dan Serba Vintage, Homie dan Nyaman Banget!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 19 April 2024 20:11
8 Inspirasi Rumah Gaya Retro yang Unik dan Serba Vintage, Homie dan Nyaman Banget!
Temukan inspirasi rumah gaya retro yang tidak ketinggalan zaman di sini!

Banyak yang sedang mulai mencari inspirasi rumah gaya retro karena dimulainya tren back to 70’s, 80’s, 90’s dan lainnya. Ada banyak gaya tampilan yang berada dalam spektrum kategori retro ini. Mulai dari yang gelap sampai ke yang terang. Kamu bisa sesuaikan desain yang kamu inginkan dengan gaya retro yang paling kamu sukai.

Kamu bisa aplikasikan gaya retro pada setiap bagian rumah yang kamu inginkan, seperti fasad rumah, teras rumah, ruang tengah, atau di dalam kamar. Inspirasi rumah gaya retro bisa banyak kamu temukan di media sosial beserta tips-tips yang bisa kamu aplikasikan supaya kamu bisa bangun rumah bergaya retro dengan efisien dan sesuai dengan budget yang kamu siapkan.

Oh iya, berbeda dengan gaya vintage, gaya retro menggunakan kembali tren dari budaya pop yang dimulai dari tahun 1970 sampai 1990-an. Jangan sampai kebalik ya, guys!

Nah, yuk cek inspirasi rumah gaya retro yang menarik di bawah ini!

 

1 dari 9 halaman

Inspirasi Rumah Gaya Retro Ala Rumah Nenek

Inspirasi Rumah Gaya Retro © Diadona© Pinterest/Florence Emert

Inspirasi rumah gaya retro yang pertama adalah menggunakan kembali desain rumah lama yang biasanya digunakan untuk rumah nenek di kampung. Detail batu bata berwarna yang senada dengan warna mint untuk kusen pintu memberikan kesan yang lebih unik dan segar pada tampilan rumahmu.

Atap semi transparan berangka kayu bantu menyalurkan sinar matahari alami pada terasmu sehingga menciptakan suasana yang asri yang bersanding dengan tanaman-tanaman hias. Jadikan desain ini inspirasi rumah gaya retro untuk hunianmu kalau kamu suka desain rumah yang penuh dengan nostalgia!

 

2 dari 9 halaman

Inspirasi Rumah Gaya Retro Sederhana

Inspirasi Rumah Gaya Retro © Diadona© Pinterest/Bitnahir

Tidak perlu banyak perubahan yang mencolok, inspirasi rumah gaya retro ini bisa kamu dapatkan dengan menggunakan jenis tertentu untuk detail rumah, seperti gaya jendela atau dinding. Selain itu, gunakan juga keramik unik yang khas dengan tren budaya pop di masa lalu.

Keramik bermotif ini untuk terasmu dapat berikan suasana retro yang simpel dan sederhana. Lampu bergaya retro pun bisa kamu tambahkan untuk menegaskan gaya retro yang kamu gunakan pada eksterior rumahmu ini. 

 

3 dari 9 halaman

Inspirasi Rumah Gaya Retro Ruang Tengah

Inspirasi Rumah Gaya Retro © Diadona© Pinterest

Desain yang penuh nostalgia dan hangat ini adalah inspirasi rumah gaya retro yang selanjutnya. Lantai keramik hitam ini adalah daya tarik utama dari desain ini karena mengingatkan kita pada lantai rumah nenek di kampung.

Gunakan perabotan berwarna coklat gelap dan bermaterial kayu untuk menciptakan suasana yang harmonis dan kental dengan gaya retro yang khas. Sesuai dengan kategorinya, lengkapi inspirasi rumah gaya retro dengan detail-detail hangat tentang keluargamu tercinta.

 

4 dari 9 halaman

Inspirasi Rumah Gaya Retro Tahun 90

Inspirasi Rumah Gaya Retro © Diadona© Pinterest

Tidak hanya berwarna netral dan coklat, inspirasi rumah gaya retro juga mencakupi tren yang menggunakan warna-warna mencolok atau yang biasa juga disebut dengan nama color block. Menggunakan berbagai warna vibrant kesukaanmu, kamu bisa desain ruangan yang trendy dan retro.

Biasanya juga tambahkan berbagai karikatur yang identik dengan tren tahun 90-an atau tahun yang trennya kamu sukai, seperti smiley atau pola checkerboard. Inspirasi rumah gaya retro ini cocok untuk kamu yang suka desain berani dan ramai!

 

5 dari 9 halaman

Inspirasi Rumah Gaya Retro Dapur

Inspirasi Rumah Gaya Retro © Diadona© Pinterest

Tidak hanya untuk kamar tidur dan ruang keluarga, inspirasi rumah gaya retro juga ada yang menarik untuk dapur rumahmu. Tidak perlu rombak yang drastis, kamu bisa tambahkan detail-detail perabotan yang bergaya retro.

Kamu bisa gunakan karpet bergaya retro, lampu gantung, dan detail hiasan dapur lainnya. Tentukan warna yang akan kamu jadikan warna utama dapurmu, seperti merah terakota atau coklat bernuansa kayu. Inspirasi rumah gaya retro ini cocok untuk kamu dengan dapur yang sempit.

 

6 dari 9 halaman

Inspirasi Rumah Gaya Retro Vintage

Inspirasi Rumah Gaya Retro © Diadona© Pinterest

Koridor ini bisa kamu jadikan inspirasi rumah gaya retro untuk seluruh bagian rumah. Keramik kuno berwarna merah untuk lantai menjadi focal point dari desain ini. Tentu saja ini adalah keramik lantai iconic bergaya retro yang kita semua ketahui.

Rangka rumah dari kayu dan jendela berjajar untuk dinding semakin menegaskan kesan gaya retro pada hunian. Gunakan juga perabotan bermaterial kayu dengan warna gelap supaya terlihat serasi dan menciptakan kesan yang hangat untuk sebuah inspirasi rumah gaya retro.

 

7 dari 9 halaman

Inspirasi Rumah Gaya Retro Jawa Belanda

Inspirasi Rumah Gaya Retro © Diadona© Pinterest/uki

Tidak hanya budaya pop internasional, tren dalam negeri pun bisa kamu jadikan inspirasi rumah gaya retro yang terlihat unik. Gaya arsitektur gabungan Jawa dan peninggalan Belanda Kuno bisa kamu gunakan untuk fasad rumah yang terlihat lebih mewah dan eksklusif.

Inspirasi rumah gaya retro ini cocok untuk kamu yang suka desain rumah yang megah dan memiliki esensi unik dan khas serta anti-mainstream. Keunggulan desain ala Jawa Belanda adalah ruang yang luas dan adem karena memiliki sistem sirkulasi udara yang mumpuni!

 

8 dari 9 halaman

Inspirasi Rumah Gaya Retro Tahun 80 Untuk Dapur

Inspirasi Rumah Gaya Retro © Diadona© Pinterest/Mziko Kalandadze

Inspirasi rumah gaya retro yang terakhir adalah untuk dapurmu supaya terlihat harmonis dengan keseluruhan rumah yang bergaya retro. Tidak perlu susah-susah, kamu tinggal tambahkan berbagai hiasan dapur bergaya retro yang mudah dijumpai di pasaran.

Gunakan perabotan polos berkesan kuno pada inspirasi rumah gaya retro ini supaya suasana retro tetap terjaga dan dapat terasa kental. Mudah banget, kan?

Beri Komentar