Fungsi-fungsi Teralis Jendela, Simak Juga Beberapa Ide Desain yang Menarik dan Estetik

Reporter : Arif Mashudi
Sabtu, 13 April 2024 11:41
Fungsi-fungsi Teralis Jendela, Simak Juga Beberapa Ide Desain yang Menarik dan Estetik
Teralis jendela ini nggak bisa dianggap remeh loh, Diazens~

Kesannya remeh, namun teralis jendela rumah ini adalah sebuah komponen penting dalam rumah. Fungsinya adalah untuk membuat rumah semakin aman dan tentu saja bisa menambah nilai keindahan pada rumah.

Lalu apa saja fungsi lain teralis jendela yang bisa kita dapatkan. Langsung saja kita simak beberapa fungsinya di bawah ini ya, Diazens.

1 dari 6 halaman

Teralis Jendela Minimalis © Diadona©pinterest

Apa Itu Teralis Jendela?

Sebelum jauh membahas fungsi teralis jendela, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu teralis jendela. Jadi, teralis jendela ini adalah sebuah konstruksi besi yang biasanya diletakkan pada jendela rumah. Teralis, yang sering disebut dengan kata trellis, merujuk pada elemen pengamanan pada struktur outdoor.

Teralis berasal dari bahasa Latin, tepatnya dari kata “ lat Trichilia”, yang artinya penyangga tanaman. Sejarah penggunaan teralis sudah berlangsung sejak masa Renaissance pada abad ke-15 atau ke-16.

Pada awalnya, teralis digunakan untuk menyangga tanaman dan memisahkan semak-semak di pinggir taman dari jalan setapak. Namun, seiring waktu, fungsinya berkembang menjadi komponen pengamanan.

2 dari 6 halaman

Teralis Jendela Minimalis © Diadona©pinterest

Fungsi Teralis Jendela

Seperti yang sudah disebutkan di awal tulisan, teralis ini memiliki banyak fungsi termasuk untuk keamanan dan juga keindahan. Berikut ini adalah beberapa fungsi teralis ya, Diazens.

Keamanan Ganda

Teralis jendela memberikan keamanan ganda karena pencuri akan lebih sulit masuk mengingat jendela ditutup dengan teralis. Keamanan ganda ini membuat penghuni rumah bisa merasa lebih tenang ketika meninggalkan rumah, sebab sudah yakin maling kesulitan masuk rumah.

Punya Nilai Keindahan

Lalu, teralis ini secara tidak langsung juga memiliki nilai keindahan tersendiri untuk konstruksi rumah kita. Ada banyak model teralis yang bisa dipasang dan menambah nilai estetika pada rumah, terutama bila pemilihan model sesuai dengan konsep yang digunakan.

3 dari 6 halaman

Pelindung Kaca

Selanjutnya, teralis juga bisa digunakan sebagai pelindung kaca, sehingga bila ada yang tidak sengaja terlempar, tidak langsung terkena kaca. Jadi ketika ada hewan ataupun benda apapun yang hendak menabrak kaca akan terhentikan oleh teralis ini terlebih dahulu.

Manfaat yang Menyeluruh

Nggak cuma itu aja ya Diazens, teralis jendela ini juga berfungsi menutup pandangan dari luar rumah. Sehingga, privasi pemiliki rumah bisa lebih terjaga daripada tidak menggunakan teralis.

Lalu, terlais juga memungkinkan pertukaran udara dari luar tanpa harus takut ada benda asing atau orang masuk ke dalam rumah dengan mudah melalui jendela. Pun jika ada anak-anak mereka juga akan lebih aman bermain saat jendela memiliki teralis.

4 dari 6 halaman

Ide Teralis jendela

Ada beberapa jenis teralis jendal yang bisa kamu jadikan ide pembuatan di rumah. Semuanya cocok untuk berbagai jenis desain rumah, tinggal pilih sesuai selera saja ya.

Teralis Retro

Fungsi Teralis Jendela © Diadona© Shutterstock.com

Pertama ada teralis retro yang bisa kamu jadikan pilihan. Jadi, teralis ini menggunakan besi ulir-ulir klasik yang simetris. Keuntungan menggunakan model satu ini adalah ia tak lekang oleh waktu sehingga tidak perlu takut ketinggalan jaman.

Teralis Belah Ketupat

Fungsi Teralis Jendela © Diadona© Shutterstock.com

Jenis teralis jendela yang selanjutnya adalah teralis belah ketupat. Ini juga meruapkan jenis teralis klasik yang banyak digunakan di berbagai model rumah. Selain itu, cara membuatnya juga mudah karena polanya yang sederhana.

5 dari 6 halaman

Teralis Besi Persegi Panjang

Fungsi Teralis Jendela © Diadona© Shutterstock.com

Hampir seperti jenis terlais ketupat, teralis besi berbentuk persegi panjang ini juga memiliki cara pembuatan yang cukup mudah. Model atau jenis ini biasanya digunakan untuk ukuran jendela yang relatih besar.

Teralis Bentuk Kotak

Fungsi Teralis Jendela © Diadona© Shutterstock.com

Terakhir ada jenis teralis berbentuk kotak yang mempunyai kesan sederhana tapi tetap estetik. Karena kesederhanaannya, jenis teralis ini hampir cocok dignakan diberbagai desaun rumah.

Untuk desain teralis yang lebih lengkap, kamu bisa tulisan Diadona yang membahas khusus jenis teralis yang bisa jadi inspirasi kamu. Langsung saja meluncur ke link berikut ini ya!

Jadi itu ya Diazens beberapa hal mengenai fungsi teralis jendela dan beberapa hal lainnya. So, semoga ini bisa bermanfaat buat kita semua ya!

Beri Komentar