7 Tips Rumah Tetap Bersih Selama Lebaran, Momen Berkumpul Bareng Keluarga Lebih Nyaman

Reporter : Arifina
Senin, 8 April 2024 17:37
7 Tips Rumah Tetap Bersih Selama Lebaran, Momen Berkumpul Bareng Keluarga Lebih Nyaman
Begini menjaga rumah selalu bersih selama Lebaran.

Tips rumah tetap bersih selama Lebaran penting untuk dijadikan acuan untuk menjaga kenyamanan ruangan. Apalagi, di momen Lebaran nanti adalah ajang berkumpulnya keluarga besar.

Tentunya, rumah yang bersih dan nyaman akan menjadikan sesi bersama keluarga akan terasa lebih nyaman tanpa gangguan. Meski begitu, ramainya sanak saudara dan teman-teman yang berkunjung tak ayal menjadikan area rumah juga cepat kotor.

Jika sudah demikian, mau tidak mau kamu harus membersihkan rumah agar terasa lebih rapi. Terlebih, di Hari Raya Idul Fitri bisa jadi akan banyak tamu yang datang berkunjung untuk silaturahmi. Kamu bisa mulai membersihkan rumah menjelang Lebaran, sehingga saat momen tersebut tibda tidak akan banyak pekerjaan yang harus dilakukan.

Namun, membersihkan rumah bagi sebagaian orang dapat menjadi tantangan tersendiri. Alih-alih malas-masalan, berikut ini diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips rumah tetap bersih selama Lebaran dengan mudah. Yuk, simak!

 

1 dari 7 halaman

Jangan Menunda Bersih-Bersih

Tips Rumah Tetap Bersih Selama Lebaran © Diadona

Biasanya, saat kedatangan sanak saudara keluarga besar di momen Lebaran akan memicu berantakan area ruangan tertentu. Nah, supaya pekerjaan rumah tidak menumpuk, akan lebih baik sesegera mungkin dibersihkan.

Sehingga, usai tamu atau sanak saudara pulang kamu bisa langsung merapikannya. Hindari rasa malasmu, dan tata benda-benda yang berpindah dari tempat asalnya.

Dengan begitu, saat tamu lain datang rumahmu sudah aman dan nyaman kembali deh!

2 dari 7 halaman

Pindahkan Barang yang Sering Dipakai di Tempat Terjangkau

Perhatikan barang-barang di rumah apa saja yang sekiranya kerap dipakai. Ini bisa menjadi solusi cepat dalam menata barang dan membersihkan dengan segera.

Tempatkan barang prioritas tersebut di bagian paling depan. Sehingga, saat akan menggunakannya kamu tinggal mengambil dan mengembalikan di tempatnya kembali dengan mudah.

Ini bisa menjadi solusi untuk meletakkan baju yang akan dipakai di hari Lebaran dan alat makan lho!

 

3 dari 7 halaman

Kembalikan Barang ke Tempat Semula Usai Dipakai

Berkumpul dengan keluarga besar di Hari Raya Idul Fitri tentunya banyak barang-barang di rumah yang berpindah dari tempat awal. Misalnya, mainan anak-anak, furnitur, ataupun toples jajanan.

Nah, hal ini dapat segera di atasi sesudahnya dengan mengembalikan ke tempat semula. Jangan menundanya untuk meletakkan barnag-barang tersebut ke tempat smeula.

Kebiasan menunda ini justru menjadikan ruangan terlihat kacau balau dan kurang rapi. Sehingga, moment Lebaran akan selalu terlihat bersih dan nyaman baik untuk diri sendiri dan tamu yang datang.

 

4 dari 7 halaman

Gunakan Alat Pembersih Otomatis

Tips Membersihkan dan Menata Rumah Menyambut Lebaran © Diadona

Pastikan kamu memiliki persediaan perlengkapan pembersihan yang mencukupi, seperti sapu, pengki, lap kain, pembersih lantai, hingga alat pembersih otomatis. Dengan memiliki perlengkapan tersebut, kamu akan lebih efisien dalam membersihkan rumah.

Alat pembersih otomatis juga lebih memudahkan pekerjaan di rumah lho! Misalnya, kamu bisa menggunakan alat pel otomatis. Sehingga, saat di hari Lebaran nanti alat tersebut akan membantumu membersihkan area lantai dengan mudah dan praktis tanpa membuatmu merasa lelah.

Rumahpun bisa bersih dengan cepat tanpa ribet ya!

 

5 dari 7 halaman

Pakai Jasa Layanan Bersih-Bersih

Jika memungkinkan, kamu bisa menggunakan jasa layanan bersih-bersih untuk merapikan rumahmu. Mungkin, di moment Lebaran ini pelayanan akan membutuhkan budget berlebih.

Tapi, dengan cara ini rumahmu akan terjamin kebersihan dan kerapiannya. Kamu juga dapat menghemat waktu dan energi.

 

6 dari 7 halaman

Kelola Sampah dengan Baik

Menata Sofa di Ruang Tamu Minimalis © Diadona

Selama moment Lebaran, biasanya akan ada banyak sampah yang dihasilkan dari masakan, membersihkan, dan dekorasi. Hal ini tentu saja akan sangat menganggu, apalagi tamu ataupun keluarga akan selalu datang silih berganti.

Karena itu, pastikan kamu memiliki tempat sampah yang cukup di setiap area rumah. kelola sampah dengan baik dengan mengosongkannya secara teratur.

Sampah yang menumpuk akan membuat ruangan menjadi bau tidak sedap lho!

 

7 dari 7 halaman

Atur Jadwal Pembersihan Reguler

Sebelum datangnya tamu di hari Lebaran, buatlah jadwal pembersihan reguler untuk anggota keluarga. Ini untuk memastikan rumah tetap bersih.

Tentukan waktu setiap hari atau setiap beberapa hari untuk membersihkan rumah. Termasuk membersihkan debu, menyapu lantai, dan menyeka permukaan.

Bagi tugas pembersihan kepada anggota keluarga yang bertanggung jawab untuk membersihkan bagian rumah tertentu. Sehingga, rumah tetap terjaga kerapian dan kebersihannya sepanjang hari.

Itulah tips rumah tetap bersih selama Lebaran yang bisa kamu terapkan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu tak perlu khawatir lagi akan area rumah yang berantakan dan kotor. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar