10 Inspirasi Rumah Kaca Minimalis Cocok untuk Hunian Dataran Tinggi dan Iklim Tropis

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 18 Oktober 2023 15:14
10 Inspirasi Rumah Kaca Minimalis Cocok untuk Hunian Dataran Tinggi dan Iklim Tropis
Rumah kaca minimalis cocok dibangun untuk daerah tropis karena memberikan banyak ventilasi dan pencahayaan, apalagi jika kamu tinggal di dataran tinggi dan area pertanian

Rumah dengan desain minimalis menjadi pilihan yang populer digunakan pada hunian dengan lahan terbatas. Salah satunya rumah kaca minimalis yang merupakan salah satu jenis bangunan dirancang dengan gaya sederhana dan fungsional. Desainnya terkadang memiliki struktur yang sederhana, terbuat dari bahan kaca atau aluminium yang tahan terhadap cuaca dan berjangka waktu lama. Tampilan rumah kaca minimalis akan memberikan kesan rumah terlihat lebih lapang dan modern. 

Kamu dapat menerapkan material kaca sebagai penyekat atau pemisah ruangan seperti menjadi pintu. Kamu juga dapat memadukan bahan kaca dengan kayu jika ingin menciptakan hunian dengan nuansa alami dan hangat. Saat ini, rumah kaca minimalis sedang banyak digandrungi oleh masyarakat karena memberikan tampilan rumah menjadi lebih mewah dan kekinian. Rumah kaca minimalis ini dapat dipadukan dengan berbagai gaya dekorasi atau interior rumah.

Selain bagian luar, rumah kaca minimalis juga memiliki desain menarik pada sisi dalamnya, salah satunya penggunaan pintu geser yang bermanfaat untuk membuka atau menutup pintu hanya dengan menggesernya saja. Dengan fitur pintu kaca akan membuat sekat ruangan memiliki transisi yang terlihat lebih mulus dalam rumah. Nah, dalam artikel ini telah merangkum sejumlah inspirasi desain rumah kaca minimalis yang dapat kamu tiru. Yuk simak di bawah ini!

 

1 dari 10 halaman

Inspirasi Rumah Kaca Minimalis Sederhana Namun Tetap Terlihat Menawan

Rumah Kaca Minimalis © Diadona

Rumah minimalis yang menggunakan material kaca sebagai komponen utamanya, dapat menghadirkan tampilan rumah menjadi lebih mewah. Meskipun terlihat sederhana namun efek yang diberikan dari kaca dapat menciptakan nuansa rumah lebih elegan.

Dengan membangun inspirasi rumah kaca minimalis akan memudahkan cahaya alami masuk ke dalam rumah secara maksimal. Kamu dapat memanfaatkan jendela dari kaca agar sirkulasi udara maupun cahaya dapat masuk dengan optimal. Terlihat sederhana, nyatanya tetap memberikan kesan mewah karena tampilannya yang modern dan kekinian.

 

2 dari 10 halaman

Inspirasi Rumah Kaca Minimalis Bergaya Scandinavian

Rumah Kaca Minimalis © Diadona

Jika kamu ingin menghadirkan hunian bergaya ala Barat, inspirasi rumah kaca minimalis bergaya scandinavian dapat menjadi pilihan yang paling tepat. Rumah kaca minimalis satu ini menjadi sebuah konsep desain yang memadukan kesederhanaan, kepraktisan dan estetika alami sebagai salah satu ciri khas utama desain rumah scandinavian. Dengan desain yang unik akan membuat takjub siapapun yang berkunjung.

Kamu dapat memadukannya dengan material alami berupa kayu, batu atau serat alam pada elemen dekorasi interior maupun eksterior rumah agar memperkuat kesan scandinavian. Pastikan jika kaca yang dipakai tahan terhadap berbagai hantaman cuaca karena melapisi seluruh tampilan depan rumah. 

 

3 dari 10 halaman

Inspirasi Rumah Kaca Minimalis 2 Lantai

Rumah Kaca Minimalis © Diadona

Inspirasi rumah kaca minimalis dengan 2 lantai menjadi sebuah inovasi menarik yang mengkombinasikan estetika modern dengan fungsionalitas. Rumah kaca model ini seringkali memadukan penggunaan material bangunan seperti kaca, alumunium atau baja yang tahan terhadap suhu dan cuaca alam. Pada bagian atas dibangun dengan banyak jendela, untuk memaksimalkan masuknya cahaya matahari dalam rumah.

Sehingga berbagai tanaman di dalam rumah maupun area taman akan mendapat pencahayaan yang cukup demi kesuburan tanaman. Terkadang inspirasi rumah kaca minimalis 2 lantai dilengkapi dengan sistem pemanas atau pendingin yang memungkinkan penghuni rumah dapat mengatur suhu sesuai kebutuhan.

 

4 dari 10 halaman

Inspirasi Rumah Kaca Minimalis Dengan Fitur Pintu Geser

Rumah Kaca Minimalis © Diadona

Jika kamu ingin memberikan sekat di setiap ruangan namun bosan dengan gaya yang mainstream. Maka, rumah kaca pintu minimalis dengan pintu geser dapat kamu terapkan  agar membuat transisi ruang menjadi lebih mulus dan terlihat lebih luas.

Dengan bantuan pintu geser memudahkan penghuninya untuk mengakses pintu tanpa harus membuka keluar masuk dan membantu orang tua agar lebih mudah mengawasi anak-anak kecil. Kamu dapat menambahkan pintu kaca minimalis dengan pintu geser pada sekat antara ruang dalam rumah atau sekat menuju taman belakang rumah. 

 

5 dari 10 halaman

Inspirasi Rumah Kaca Minimalis Dengan Konsep Dapur Terbuka

Rumah Kaca Minimalis © Diadona

Kamu menginginkan konsep dapur open plan pada rumah kaca minimalis? Maka desain kali ini dapat kamu jadikan inspirasi terbaik untuk mempercantik area dapur. Inspirasi rumah kaca minimalis pada area dapur terbuka akan menciptakan bagian ruangan terlihat lebih lapang dan luas. Biasanya elemen kaca berupa pintu geser atau jendela kaca menjadi ciri khas utama pada area dapur terbuka.

Selain memberikan efek lapang pada dapur, material kaca dapat membuat ruangan agar tidak terlihat gelap dan pengap. Cocok untuk kamu yang hobi minum kopi di pagi hari sambil menghirup hembusan udara segar dari taman belakang rumah. 

 

6 dari 10 halaman

Inspirasi Rumah Kaca Minimalis Berkonsep Industrial

Rumah Kaca Minimalis © Diadona

Inspirasi rumah kaca minimalis bergaya industrial merupakan kombinasi yang menarik dari desain interior. Desainnya terinspirasi dari estetika bangunan industri atau estetika pabrik dengan konsep rumah kaca yang bergaya raw atau unfinished.

Jenis material seperti beton, besi, dan logam terbuka menjadi ciri khas dalam rumah bergaya industrial terlihat pada kerangka bangunannya. Material seperti garis-garis sering dibiarkan nampak tanpa sentuhan finishing  yang berlebihan agar menciptakan kesan autentik bergaya industrial.

 

7 dari 10 halaman

Inspirasi Rumah Kaca Minimalis Bergaya Modern

Rumah Kaca Minimalis © Diadona

Rekomendasi selanjutnya ialah rumah kaca minimalis bergaya modern yang menekankan penggunaan material bangunan seperti kaca, alumunium, dan baja tahan karat. Kaca menjadi unsur utama dalam desain rumah kaca minimalis satu ini. Pintu kaca yang tinggi dengan jendela kaca, memungkinkan cahaya matahari masuk ke dalam rumah dengan baik.

Sehingga memberikan pandangan yang menyejukkan bagi penghuni rumah di dalamnya maupun tamu yang berkunjung. Terkadang rumah kaca minimalis bergaya modern dilengkapi dengan teknologi canggih seperti smart lock door, sistem pengendali suhu dan lainnya untuk meningkatkan keamanan rumah.

8 dari 10 halaman

Inspirasi Rumah Kaca Minimalis Berpadu Dengan Desain Rustik Kayu

Rumah Kaca Minimalis © Diadona

Inspirasi rumah kaca minimalis yang berpadu dengan desain rustik merupakan konsep desain yang memadukan elemen modern dan minimalis. Dengan menggunakan kayu dan kaca sebagai material utama, akan menciptakan sentuhan yang alami dan hangat pada hunianmu. Desain rumah ini menekankan penggunaan kayu sebagai elemen sentral dalam rumah kaca minimalis.

Biasanya menerapkan konsep terbuka seperti langit-langit tinggi dengan balok kayu yang terlihat dan dinding kaca geser untuk memungkinkan adanya pandangan transparan terbuka ke area taman. Aksen kayu kasar seperti lampu gantung kayu, fasad rumah, pintu kayu dipakai untuk memperkuat sentuhan rustik pada inspirasi rumah kaca minimalis.

 

9 dari 10 halaman

Inspirasi Rumah Kaca Minimalis Berpadu Dengan Nuansa Alam

Rumah Kaca Minimalis © Diadona

Model rumah kaca satu ini menekankan pada penggunaan material alam seperti batu alam, kayu, dan area taman yang lapang untuk menciptakan tampilan yang menyatu dengan alam. Komponen alam dapat membawa keseimbangan pada rumah kaca agar terlihat lebih luas dan teduh. Kamu dapat memadukan konsep hunian ini dengan elemen kayu agar inspirasi rumah kaca minimalis tampak lebih kekinian.

Dengan membuat jalan setapak dari bebatuan di sekitar halaman rumah, mampu menciptakan nuansa lebih alami. Menanami pepohonan pada area pekarangan sekitar rumah juga dapat memperkuat nuansa alam rumah kaca minimalis. Inspirasi rumah kaca minimalis dengan nuansa alam seperti contoh di atas akan menciptakan kesan asri dan modern sekaligus.

10 dari 10 halaman

Inspirasi Rumah Kaca Minimalis Bergaya Cottage

Rumah Kaca Minimalis © Diadona

Inspirasi rumah kaca minimalis yang terakhir adalah perpaduan dari hunian bergaya cottage. Desain rumah ini mampu menggabungkan kehangatan dan keindahan gaya ala rumah pedesaan cottage dengan kemewahan dan keindahan rumah kaca minimalis. Gaya cottage sering ditandai oleh penggunaan kayu kasar, batu bata sebagai pelapis dinding, dan desain atap bertumpuk.

Dinding dengan kaca berukuran besar membuat penghuni dapat menikmati keindahan alam langsung ke area taman depan rumah dan memungkinkan cahaya alami masuk dengan optimal. Jika kamu ingin menciptakan hunian yang memiliki pesona pedesaan dengan kenyamanan dan estetika modern, maka inspirasi rumah kaca minimalis satu ini dapat menjadi pilihan yang paling tepat. 

Inspirasi rumah kaca minimalis kini semakin diminati dan populer di kalangan hunian masyarakat karena desainnya yang simple namun tetap memberikan unsur elegan. Dengan memanfaatkan cahaya alami pada pagi atau siang hari, mampu menghemat pemakaian listrik atau lampu dalam rumah.

Itulah 10 inspirasi rumah kaca minimalis yang dapat kamu tiru untuk membangun atau merenovasi rumah. Semoga bermanfaat ya!

 

Editor: An Nisa Maulidiyah

 

Beri Komentar