12 Rumah Panggung Minimalis dengan Desain Modern, Kokoh dan Tampak Megah

Reporter : Aditia
Kamis, 13 Juli 2023 13:21
12 Rumah Panggung Minimalis dengan Desain Modern, Kokoh dan Tampak Megah
Rumah Panggung Minimalis cocok untuk hunian di daerah rawan banjir atau untuk menghindari satwa liar di daerah pegunungan, desain rumah ini juga bisa dibuat mewah dengan material yang kokoh

Rumah panggung minimalis dengan desain modern merupakan jenis rumah yang dibangun di atas permukaan tanah dengan pasak atau tiang yang menyangga dengan ketinggian tertentu. Rumah panggung biasanya dibangun di daerah yang rawan banjir, daerah hutan yang banyak satwa liarnya, hingga dibangun untuk menghindari serangan hewan buas atau serangga.

Rumah panggung minimalis dapat memiliki desain yang beragam, mulai dari yang tradisional hingga modern. Meskipun terdengar kuno, rumah panggung bisa disulap dengan desain yang modern menggunakan material seperti beton, baja, kaca, hingga batuan alam.

Selain itu, rumah panggung minimalis ini bisa jadi pilihan untuk kamu yang mempertimbangkang budget yang terjangkau untuk membuat rumah yang minimalis tapi berdesain mewah dan modern. Terlebih, rumah panggung disebut cukup aman untuk melindungi penghuni khususnya di daerah yang rawan banjir dan hewan liar.

Nah, berikut ini 12 rumah panggung minimalis dengan desain modern.

1 dari 12 halaman

1. Rumah Panggung Minimalis Kayu

Rumah Panggung Minimalis © Diadona

Rumah panggung minimalis biasanya menggunakan material kayu.   Kayu dapat membuat suasana rumah jadi lebih dingin dan menjadi mengurangi rasa panas matahari. Jenis kayu yang cocok untuk rumah panggung adalah kayu jati.

Kayu jati memiliki keunggulan kuat, tahan lama, dan tahan terhadap berbagai jenis cuaca.

 

2 dari 12 halaman

2. Rumah Panggung Kayu Meranti

Rumah Panggung Minimalis © Diadona

Salah satu jenis kayu yang memiliki warna coklat cantik alami adalah kayu meranti. Berbeda dengan kayu jenis lain, Meranti memiliki warna yang lebih terang kemerahan dengan serat yang bagus.

Kayu ini cocok untuk rumah panggung minimalis karena akan memberikan desain yang cantik dan unik.

 

3 dari 12 halaman

3. Rumah Panggung Minimalis Papan

Rumah Panggung Minimalis © Diadona

Rumah panggung papan mininalis selanjutnya adalah dengan menggunakan material kayu papan. Papan memiliki kelebihan di segi harga yang relatif terjangkau dibanding jenis material kayu yang lainnya yang masih solid atau lengkap. Selain itu, papan juga memudahkan proses pengecatan. Meski begitu, kamu harus pandai mengolah desain yang tepat agar papan rumahmu jadi rapi saat dipasang.

Selain itu, kamu juga perlu mempertimbangkan jenis kayu yang akan kamu pakai agar tidak mudah rapuh dan rusak saat terkena air hujan dan panas matahari.

 

4 dari 12 halaman

4. Rumah Panggung Beton dan Kayu

Rumah Panggung Minimalis © Diadona

Kini, rumah panggung minimalis telah banyak yang menerapkan desain semi modern dengan menggabungkan material kayu dan beton. Desain yang satu ini membuat rumah panggung jadi lebih kokoh dan megah.

Kamu juga bisa menambahkan desain pagar besi di bagian tangga serta kaca pada jendela rumah.

 

5 dari 12 halaman

5. Rumah Panggung dengan Kolam Renang

Rumah Panggung Minimalis © Diadona

Punya rumah panggung minimalis modern juga bisa membangun kolam renang di bawahnya, lho. Contohnya seperti berikut ini, kamu bisa membangun kolam yang memanjang dari bawah rumah. Selain itu, jenis rumah panggung ini juga menggunakan dak beton pada bagian atap rumah untuk menghalau panas.

 

6 dari 12 halaman

6. Rumah Panggung dengan Kaca

Rumah Panggung Minimalis © Diadona

Salah satu pendukung pencahayaan rumah adalah kaca. Tak terkecuali untuk rumah panggung minimalis dengan desain modern satu ini. Kamu bisa menggunakan material kaca pada bagian jendela dan pintu.

Selain mewah untuk dijadikan rumah, desain hunian satu ini juga cocok untuk dijadikan semi kantor bagi kamu yang ingin memiliki tempat ngumpul bareng teman kantor.

 

7 dari 12 halaman

7. Rumah Panggung Beton

Rumah Panggung Minimalis © Diadona

Rumah panggung minimalis gak harus kelihatan berdesain monoton, lho.

Contohnya desain yang satu ini, menggunakan material beton dan kaca, rumah panggung ini dibangun dengan konsep yang modern minimalis. Dengan atap dak beton dan juga plafon kusen yang unik dan cantik dilihat.

8 dari 12 halaman

8. Rumah Panggung dengan Desain Luas

Rumah Panggung Minimalis © Diadona

Memiliki desain yang luas merupakan impian hunian yang nyaman dan asri. Selain sebagai tempat yang enak untuk bersantai, teras memudahkan pemilik rumah panggung minimalis mengecek bagian samping rumah, apalagi jika desain teras atau balkon rumah panggungmu dibuat berbentuk letter L.

 

9 dari 12 halaman

9. Rumah Panggung Semi Industrial

Rumah Panggung Minimalis © Diadona

Siapa bilang rumah gaya industrial gak bisa dibuat rumah panggung minimalis. Desain satu ini akan membuat tampilan rumah terkesan lebih natural dan terlihat simple tapi elegan.

Selain itu desain ini juga mengurangi biaya pembangunan karena tidak membutuhkan banyak cat.

 

10 dari 12 halaman

10. Rumah Panggung Tinggi

Rumah Panggung Minimalis © Diadona

Memiliki hunian yang dekat dengan lokasi rawan banjir membuat kamu harus mempertimbangkan menerapkan rumah panggung minimalis yang tinggi. Lakukan riset mengenai ketinggian banjir yang kerap terjadi di lokasi rumahmu, kemudian tentukan berapa ketinggian yang akan kamu terapkan di rumah panggungmu.

Tentukan material yang tepat seperti bahan bangunan yang tidak mudah rapuh oleh erosi dan kelapukan.

 

11 dari 12 halaman

11. Rumah Panggung Tinggi dengan Ruang Fungsi Bagian Bawah

Rumah Panggung Minimalis © Diadona

Memiliki rumah panggung minimalis yang tinggi pastinya menyisakan ruang kolong bawah yang luas kan? Nah ini bis ajadi ide untuk kamu memanfaatkan ruang bawah tersebut menjadi ruang yang fungsionalis.

Misalnya kamu bisa menambahkan dapur pada bagian bawah dan toilet kecil serta kursi dan meja bersantai.

 

12 dari 12 halaman

12. Rumah Panggung Tradisional Modern

Rumah Panggung Minimalis © Diadona

Beberapa hunian lama masih menggunakan jenis rumah tradisonal daerah yang unik dan megah. Untuk menambah ketahanan dan kekokohan, kamu bisa memperkuat bagian pasak dan tiang dengan material beton.

Selain itu, untuk mempercantik bagian rumah, kamu bisa menggunakan kaca di bagian jendela untuk menambah kesan modern dan minimalis.

Nah, itulah tadi 12 rumah panggung minimalis yang memiliki desain modern tapi memberikan kesan yang megah. Jika tertarik, kamu bisa menerapkan jenis hunian yang satu ini.

 

Beri Komentar