17 Inspirasi Dekorasi dan Cat Rumah Warna Kuning, Bikin Ruangan jadi Ceria

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 18 Oktober 2023 22:45
17 Inspirasi Dekorasi dan Cat Rumah Warna Kuning, Bikin Ruangan jadi Ceria
Sering dikira warna norak, ternyata warna kuning cocok kalau digunakan sebagai warna di rumah kamu!

Rumah warna kuning menyimpan berbagai kebahagiaan dan keceriaan di dalamnya. Biasanya, orang yang ingin memiliki rumah dengan warna ini punya sifat yang ceria dan penuh optimisme. Selain mencerminkan sifat pemiliknya, pemilihan warna yang tepat juga bisa bikin penghuni dan tamu semakin betah di rumah kamu.

Keistimewaan Warna Kuning

Warna kuning merupakan warna yang sering dikaitkan dengan matahari. Kuning melambangkan sifat optimisme, lonjakan energi yang besar, kegembiraan, kebahagiaan, dan persahabatan. Bahkan, menurut psikologi warna kuning dapat merangsang saraf, kelenjar, dan otak kita, membuat kita lebih waspada dan berenergi. Warna ini  meningkatkan daya ingat kita dan mendorong komunikasi.

 

1 dari 6 halaman

Pintu Rumah Warna Kuning Cerah

Pintu Rumah Warna Kuning Cerah © Diadona

Pilih warna kuning cerah untuk pintu depan rumah yang tampak bahagia dan berenergi tinggi. Nah kalau cat rumah kamu memiliki warna gelap, pintu warna kuning ini bakalan terlihat dari jalan, menarik perhatian, mengubah teras kamu menjadi titik fokus. Kelilingi pintu depan berwarna kuning dengan trim putih untuk membedakannya dari sisinya

2 dari 6 halaman

Sofa Warna Kuning di Ruang Tamu

Sofa Warna Kuning di Ruang Tamu © Diadona

Ruang keluargamu nggak bakal jadi norak hanya dengan menggunakan warna kuning lho. Justru, warna ini bikin ruang keluarga terlihat lebih ceria dan memberikan vibes kebahagiaan. Kamu bisa menggunakan sentuhan warna kuning pada sofa kamu.

Padukan dengan warna krem pada bagian dinding biar lebih seimbang. Penambahan dekorasi seperti tanaman dan pajangan quotes penyemangat juga bisa kamu letakkan di sekitar sofa kamu.

Cat Dinding Ruang Keluarga Warna Kuning

Cat Dinding Ruang Keluarga Warna Kuning © Diadona

Warna kuning memang bukan warna yang jadi pilihan umum saat memilih warna cat ruang keuarga. Kalau kamu ingin stand out beranikan diri buat mengecat dinding dengan warna kuning dan tambah dengan hiasan lucu untuk tampilan maksimal.

Cat Dinding Warna Kuning di Ruang Belajar

Cat Dinding Warna Kuning di Ruang Belajar © Diadona

Warna-warna hangat kayak kuning atua oranye nih adalah pilihan yang oke buat ngasih energi ke ruang belajar kamu. Terlebih dih warna kuning disebut mampu meningkatkan konsentrasi dan produktivitas. Warna kuning cerah dapat memberi energi, sedangkan kuning pastel memberikan efek menenangkan.

Rak Warna Kuning

Rak Warna Kuning © Diadona

Warna kuning pada rak di tengah ruangan dominna putih ngasih kesan trendi pada ruangan. Berani coba?

3 dari 6 halaman

Rumah Warna Kuning pada Dinding Kamar

Rumah Warna Kuning pada Dinding Kamar © Diadona

Kuning-kuning ceria sebagai kombo emang nggak pernah salah. Mulai dari penggunaan karpet berwarna kuning hingga sprei yang berwarna kuning juga oke-oke aja tuh. Biar nggak terlalu terang, kamu bisa memadukannya dengan warna kuning yang lebih soft.

Kamu juga bisa menggunakan sprei dengan motif polkadot dan kotak-kotak biar kamar kamu nggak terlihat ngebosenin. Sebagai dekorasi tambahan, kamu juga bisa menempatkan makrame pada sudut kamar tidur kamu. 

Cat Dinding Kamar Warna Kuning

Cat Dinding Kamar Warna Kuning © Diadona

Mengecat setengah dinding adalah cara yang bagus untuk menambah daya tarik dan warna pada ruangan tanpa membebani ruangan. Ditambah dengan aksen besi pada ranjang, ruangan kamu terasa punya gaya vintage.

Ruangan Anak dengan cat Dinding Warna Kuning 

Ruangan Anak dengan cat Dinding Warna Kuning © Diadona

Ceria, netral gender, dan sangat manis, kamar bayi berwarna kuning adalah ide yang bagus untuk bayi yang baru lahir.Walau begitu, pilih warna kuning yang lembut dan nggak terlalu cerah biar nggak terlalu menstimulasi buah hati. 

4 dari 6 halaman

Peralatan Makan dengan Sentuhan Warna Kuning

Peralatan Makan dengan Sentuhan Warna Kuning © Diadona

Biar si kecil makannya makin semangat dan ceria, gunakan kuning sebagai warna pada peralatan makan. Nah kalau si kecil saat makan masih suka berantakan, kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan taplak meja berwarna gelap.

Warna gelap bisa membantu menyembunyikan tumpahan makanan sehingga dari jauh meja makan kamu terlihat masih bersih.

Ruang Makan dengan Cat Warna Kuning

Ruang Makan dengan Cat Warna Kuning © Diadona

Ide ruang makan berwarna kuning dapat menciptakan ruang yang ramah, penuh energi positif. Apalagi ruang makan merupakan tempat hiburan, sosialisasi, dan relaksasi, buat keluarga jadi pilih warna-warna cerah yang memengaruhi suasana hati.

Untuk menghadirkan rumah warna kuning di ruang makan, pastikan kamu memilih kehosi set furniture yang tepat.

5 dari 6 halaman

Kitchen Set Warna Kuning

Kitchen Set Warna Kuning © Diadona

Warnanya yang netral, bikin putih selalu cocok untuk dijadikan kombinasi dengan berbagai warna salah satunya kuning. Walaupun bukan sebagai warna dominan, kamu bisa menggunakan kuning pada rak dapur dan peralatan masak sedangkan warna putih bisa kamu gunakan sebagai warna dominan.

Pada bagian backsplash, tempelkan wallpaper dengan motif bata biar terlihat lebih rapi.

Dapur Warna Kuning dan Teal

Dapur Warna Kuning dan Teal © Diadona

Warna teal terlihat rich dan deep, tapi padukan dengan kuning yang cerah dan ceria. Warna kuning tersebut akan berpesan untuk membawa cahaya sekaligus energi ke dalam dapur trendy kamu. Jangan takut untuk bermain warna di dapur kamu ya!

Cat Dapur Warna Kuning

Cat Dapur Warna Kuning © Diadona

Kayak pancaran sinar matahari, warna kuning bisa langsung mencerahkan ruangan lho! Kuning juga dipercaya bisa bikin orang lapar, kuning juga bisa menenangkan. Makanya, bikin dapur dengan cat warna kuning bisa bikin kamu tenang dan bahagia.

Backsplash Dapur Cat Warna Kuning

Backsplash Dapur Cat Warna Kuning © Diadona

Bila terlalu takut untuk mengaplikasikan warna kuning pada satu bagian rumah, mulai dengan sisi backsplash dapur yang mungil ini. Warna kuning di antara desain warna putih bakalan tampil menonjol secara apik, ngasih kesan cheerfull.

6 dari 6 halaman

Cat Dinding Warna Kuning pada Kamar Mandi Rumah

Cat Dinding Warna Kuning pada Kamar Mandi Rumah © Diadona

Perpaduan warna yang pas buat kamar mandi, bikin suasana kamar mandi nggak terlihat suram lagi. Biasanya, bagi banyak orang kamar mandi dianggap sebagai tempat sakral karena banyak yang dapat ide kalau lagi di kamar mandi. Nah, warna kuning ini membantumu buat nggak suntuk kalau lagi mencari ide di kamar mandi.

Keramik Dinding Warna Kuning pada Kamar Mandi Rumah

Keramik Dinding Warna Kuning pada Kamar Mandi Rumah © Diadona

Umumnya keramik kamar mandi memiliki warna hitam, putih, abu-abu atau warna netral lainnya. Tapi bagaimana bila mengaplikasikan warna kuning pada bagian rumahmu yang ini?

Untuk kamar mandi kuning yang bergaya dan modern, pertimbangkan untuk memadukan ubin kuning dengan aksen putih atau abu-abu , menciptakan keseimbangan antara warna cerah dan netral.

Tambahkan perlengkapan kontemporer, seperti pancuran ramping atau meja rias minimalis, dan gunakan bahan trendi seperti kaca dan logam.

Melambangkan keceriaan dan rasa optimisme yang tinggi, warna kuning cocok untuk menjadi warna yang menemani kamu berkembang bersama keluarga kecilmu. Nggak perlu mikir warna ini terlalu norak karena mencolok, faktanya warna ini lebih banyak dikaitkan dengan hal-hal positif kok!

Penulis : Alvita Maharani

Beri Komentar