10 Tips Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Sederhana, Makin Betah untuk Bersantai Nih!

Reporter : Arifina
Selasa, 25 April 2023 18:07
10 Tips Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Sederhana, Makin Betah untuk Bersantai Nih!
Ruang tamu minimalis tetap bisa terlihat keren jika tau triknya lho!

Ruang tamu merupakan salah satu ruangan di rumah yang paling penting. Ruangan ini biasanya digunakan untuk menerima tamu, berkumpul bersama keluarga, atau bahkan sebagai tempat relaksasi setelah seharian bekerja.

Oleh karena itu, dekorasi ruang tamu yang tepat sangat menunjang suasana di rumah lebih asyik dan memberikan kesan yang nyaman. Salah satu gaya dekorasi yang saat ini populer adalah dekorasi ruang tamu minimalis sederhana.

Gaya dekorasi ini dikenal dengan penggunaan desain yang simpel namun elegan. Nah, seperti apa agar membuat ruang tamu minimalis sederhana? Berikut ini diadona.id rangkumkan tipsnya buat kamu dilansir dari berbagai sumber!

1 dari 10 halaman

Pilih Warna Cat Netral untuk Dinding

warna cat ruang tamu agar terlihat elegan © Diadona

Warna dinding ruang tamu akan memengaruhi tampilan lho! Apalagi, jika ruang tamu di rumahmu minimalis.

Kamu bisa memilih warna-warna netral seperti warna coklat, abu-abu, putih, krem, maupun warna pastel untuk menciptakan ruang tamu minimalis lebih elegan. Warna-warna ini justru akan menciptakan efek ruangan yang minimalis menjadi terlihat luas, nyaman, dang memantulkan cahaya lebih maksimal.

2 dari 10 halaman

Pasang Jam Dinding atau Lukisan

warna cat ruang tamu agar terlihat elegan © Diadona

Untuk menambah kesan lebih menarik di ruang tamu minimalis dan sederhana, jam dinding atau lukisan bisa menjadi salah satu pilihan. Ornamen ini akan membuat dekorasi ruang tamu lebih terlihat hidup.

Pilih desain yang simpel dan tidak terlalu besar. Sesuaikan dengan tema ruangan agar semakin senada, cantik dan lebih rapi.

3 dari 10 halaman

Pilih Sofa yang Tepat

Sofa Ruang Tamu © Diadona

Mendekorasi ruang tamu minimalis dan sederhana memang sedikit tricky. Salah satunya dalam menentukan pemilihan sofa untuk ruangan.

Tidak hanya pemilihan warna sofa, ukuran yang tepat juga penting. kamu bisa memilih jenis sofa yang sesuai dengan kapasitas ruangan agar bisa tetap terlihat luas dan nyaman saat digunakan ya!

4 dari 10 halaman

Gunakan Cermin Besar

Tips ruang tamu nampak luas dan estetik © Diadona

Meletakkan cermin besar di ruang tamu minimalis dan sederhana bisa memunculkan efek area ruangan lebih luas lho! Tinggal letakkan saja cermin di area sudut ruang yang sesuai.

Disarankan meletakkan di ruangan yang dengan dengan sumber cahaya. Hal ini karena, pantulan cahaya pada cermin bisa membuat ruangan memberikan efek terlihat luas dan lebih terang.

5 dari 10 halaman

Pasang Karpet

Sofa Ruang Tamu Klasik dan Estetik © Diadona

Salah satu ornamen yang cukup recomended untuk mendekorasi ruang tamu adalah karpet. Kamu bisa meletakkan karpet di bawah meja dan di antara sofa ruangan.

Pilih jenis karpet simpel seperti warna polos atau motif yang tidak terlalu ramai. Ornamen ini akan membuat ruangan tampak lebih luas lho!

6 dari 10 halaman

Beri Tanaman Indoor

Tips ruang tamu nampak luas dan estetik © Diadona

Meletakkan tanaman di area ruang tamu tidak ada salahnya nih! Kamu bisa memilih jenis tanaman indoor agar semakin mempercantik area ruangan.

Dengan adanya tanaman di ruangan, akan membuat suasana ruang tamu lebih indah. Selain itu, juga dapat meningkatkan kualitas udara, meredakan stress, memperbaiki mood dan yang lainnya.

7 dari 10 halaman

Pilih Jenis perabotan Multifungsi

Tips ruang tamu nampak luas dan estetik © Diadona

Ruang tamu minimalis sederhana perlu sentuhan perabotan yang simpel. Kamu bisa memilih jenis perabotan multifungsi agar bisa digunakan untuk berbagai manfaat.

Perabotan jenis ini akan lebih fleksibel dan tidak memakan banyak ruang yang justru membuat kesan sempit. Sehingga suasana ruang tamu juga terkesan lebih lega.

8 dari 10 halaman

Jangan Biarkan Dinding Terlihat Kosong

Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Sederhana © Diadona

Memasang dekorasi pada dinding di ruang tamu akan memberi kesan lebih hidup. Tak hanya asal dekorasi, kamu bisa memilih rak dinding agar ruangan terlihat tidak kosong.

selanjutnya isilah rak dinding dengan benda-benda yang menarik, seperti bingkai foto, lampu hias, dan lainnya. Sehingga, suasana ruang tamu minimalis akan memunculkan suasana yang elegan pula.

9 dari 10 halaman

Beri Pencahayaan yang Cukup

Tips ruang tamu nampak luas dan estetik © Diadona

Ruang tamu minimalis harus diberi pencahayaan yang cukup. Dengan begitu, ruangan akan terkesan luas dan lebih lega.

Akan lebih bagus jika area ruang tamu memiliki jendela yang lebar. Tambahkan lampu meja atau standing lamp untuk dinyalakan pada malam hari. Atau untuk menambah estetika ruangan, kamu bisa mennggunakan lampu gantung minimalis dengan pencahayaan apik.

10 dari 10 halaman

Pilih Jenis Perabotan Senada dengan Ruangan

Sofa Ruang Tamu Klasik dan Estetik © Diadona

Warna perabotan juga menentukan keindahan suasana ruang tamu minimalis dan sederhana nih! Karenanya, pilihlah bentuk yang simpel dengan warna-warna senada dengan tema ruangan.

Tujuannya, agar warna tidak terkesan bertabrakan. Warna yang terlalu banyak justru membuat ruangan terlihat lebih sempit lho!

Itulah sederet tips dekorasi ruang tamu minimalis sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar